3 Bek Paling Bersinar pada Matchday 1 Piala Eropa 2024

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 19 Jun 2024, 11:15 WIB
Euro 2024 - Marc Guehi, Wout Faes, Dani Carvajal (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Piala Eropa 2024 telah menyelesaikan rangkaian matchday 1 fase grup. Beberapa pemain belakang atau bek mampu menampilkan performa impresif.

Tuan rumah Jerman membuka Piala Eropa 2024 dengan kemenangan besar. Menghadapi Skotlandia, Jamal Musiala dkk. menang telak 5-1.

Advertisement

Spanyol, Swiss, dan Italia juga meraih kemenangan penting pada matchday 1 Piala Eropa 2024. Apes buat Belgia, mereka takluk 0-1 dari Slovakia.

Menariknya, striker-striker yang digadang-gadang bakal unjuk gigi pada matchday 1 Piala Eropa 2024 justru melempem. Nah, sejumlah pemain belakang malah bermain cemerlang.

Berikut ini Bola.com mengulas lima pemain belakang yang tampil memesona pada matchday 1 Piala Eropa 2024.

 

2 dari 4 halaman

Marc Guehi

Bek Timnas Inggris, Marc Guehi. (OZAN KOSE / AFP)

Marc Guehi dipercaya tampil sebagai starter oleh Gareth Southgate menemani John Stones. Ia membayar kepercayaan tersebut dengan baik sekali.

Statistik mencatat, bek Crystal Palace itu cuma dua kali melakukan salah passing dari total 53 passing. Artinya, Guehi mencatatkan 96 persen passing akurat.

Selain itu, Guehi juga melakukan sekali blok, dua kali clearence, dan empat recovery.

3 dari 4 halaman

Wout Faes

Bek timnas Belgia Wout Faes (tengah) mengontrol bola saat mengikuti sesi latihan menjelang laga kualifikasi Euro 2024 Grup F melawan Estonia di markas The Royal Belgian Football Association RBFA di Tubize pada 19 Juni 2023. (KURT DESPLENTER / Belga / AFP)

Bek tengah Leicester City menjadi starter dan bermain 90 menit di pertahanan yang juga menampilkan mantan bek sayap Foxes Timothy Castagne, sementara mantan gelandang City Youri Tielemans dimasukkan di bangku cadangan oleh Domenico Tedesco dan dimasukkan di babak kedua.

Meskipun Belgia kalah 0-1, Faes adalah satu dari sedikit pemain The Red Devils yang tampil sangat baik pada laga tersebut. Ia piawai dalam membantu serangan, di mana ada 10 passing yang ia lepaskan ke seperti lapangan di daerah pertahanan Slovenia.

Sebanyak 9 recovery, enam duel sukses, dan empat sapuan membuktikan bahwa Belgia sudah punya pengganti Vincent Kompany.

 

4 dari 4 halaman

Dani Carvajal

Pemain Spanyol, Dani Carvajal merayakan gol bersama Lamine Yamal saat melawan Kroasia pada laga grup B Euro 2024 di Stadion Olympia, Berlin, Minggu (16/6/2024). Yamal berhasil memecahkan rekor yang dimiliki Kacper Kozlowski di Euro 2020 kemarin, di mana ia pada saat itu bermain untuk timnas Polandia di usia 17 tahun dan 246 hari. (AP Photo/Petr Josek)

Pemain belakang terbaik dalam ulasan kali ini adalah Dani Carvajal. Tak cuma membantu timnya, Spanyol, meraih cleansheet dan kemenangan, bek Real Madrid itu juga berhasil mencetak gol.

Pada laga melawan Kroasia, Spanyol menang 3-0, dan Carvajal memiliki peran sangat penting buat La Furia Roja.

Berita Terkait