5 Pemain Asing dengan Taksiran Harga Termahal di Bursa Transfer Liga 1: Menanti Kepindahan Bintang Elite

oleh Wahyu Pratama diperbarui 19 Jun 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi - Pemain Asing dengan Market Values Tertinggi di Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer jelang Liga 1 2024/2025 terus menggeliat. Sejumlah klub bahkan sudah mulai memperkenalkan rekrutan baru untuk musim depan.

Peralihan pemain di antara klub Liga 1 menjadi salah satu yang menarik. Performa gemilang musim lalu, merupakan patokan yang jelas bagi klub-klub peminat.

Advertisement

Namun, sayangnya transfer domestik itu masih didominasi pemain lokal. Malut United menjadi salah satu yang paling gencar menghadirkan wajah baru tetapi familiar.

Sementara itu, baru satu kepindahan pemain asing dari sesama klub Liga 1. Flavio Silva direbut Persebaya Surabaya dari sesama klub Jawa Timur, Persik Kediri.

Biaya yang mahal disinyalir jadi penghambat kesepakatan itu terjadi. Namun, seberapa mahal nilai pasar mereka? Bola.com mengecek Transfermarkt untuk mencari lima pemain asing dengan valuasi tertinggi.

 
2 dari 6 halaman

Hugo Gomes 'Jaja'

Pemain Madura United, Hugo Gomes Dos Santos Silva (Jaja) (kanan) menggiring bola dibayangi pemain Persib Bandung, Stefano Beltrame pada laga leg 1 final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung melawan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (26/05/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gelandang Madura United, Hugo Gomes, jadi salah satu pemain asing dengan nilai pasar termahal di Indonesia. Angka pemain yang karib disapa Jaja itu menyentuh Rp7,82 Miliar.

Pria bernama lengkap Hugo Gomes dos Santos Silva itu menawarkan keterampilan yang memukau. Pengatur tempo yang handal ditunjang kemampuan mengeksekusi bola mati.

Tak heran bila sejumlah klub meminatinya usai membawa Madura United mencapai final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Dewa United kabarnya jadi klub yang beruntung mendapatkan jasanya.

3 dari 6 halaman

Alexis Messidoro

Ekspresi gembira Alexis Messidoro bersama timnya Persis Solo. (Dok. Alexis Messidoro)

Pemain lain yang memiliki nilai pasar sebesar Jaja adalah Alexis Messidoro. Gelandang milik klub Persis Solo itu 'dihargai' senilai Rp7,82 Miliar.

Sebagai pemain tengah, pria asal Argentina itu menawarkan paket komplet. Tidak hanya jago dalam bertahan, peran gelandang box-to-box mampu diembannya dengan baik.

Pantas kiranya bila pemain berusia 27 itu mendapat tawaran fantastis dari klub lain. Namun, tanpa ada tawaran yang benar-benar gila, Laskar Sambernyawa tak akan mungkin melepas nyawa permainan tim.

4 dari 6 halaman

Sonny Stevens

Selebrasi kiper Dewa United, Sonny Stevens usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang dalam laga BRI Liga 1 2023/2024, Jumat (23/2/2024). (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pada urutan selanjutnya, ada nama kiper Dewa United, Sonny Stevens. Pria asal Belanda itu memiliki valuasi sebesar Rp6,95 miliar.

Penampilannya sepanjang musim lalu menunjukkan seberapa layak angka tersebut disematkan kepadanya. Pria berusia 31 tahun jadi alasan mengapa timnya bisa bersaing di papan atas.

Jebolan akademi Volendam ini bahkan jadi trendsetter di sepak bola Indonesia. Beberapa klub mulai latah menggunakan jasa kiper asing.

5 dari 6 halaman

Dimitrios Kolovos

Pemain Dewa United, Dimitrios Kolovos (kiri) berusaha melewati adangan pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente pada laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 antara Dewa United melawan Persebaya Surabaya di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (30/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Nama kejutan hadir dalam diri Dimitrios Kolovos. Kompatriot Sonny Stevens di Dewa United ini memiliki nilai pasar yang sama sebesar Rp6,95 miliar.

Walau permainannya tak semoncer pemain lain dalam daftar ini, pria asal Yunani itu bukan pemain sembarangan. Ia tercatat pernah tampil di Liga Champions Eropa.

Dua musim lalu, ia masih tampil menghadapi tim raksasa seperti Inter Milan dan Real Madrid. Tidak mengherankan bila angka pasarannya masih tetap tinggi.

6 dari 6 halaman

Francisco Rivera

Pemain Madura United, Francisco Rivera, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (19/8/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah penyihir kecil Madura United, Francisco Rivera. Sama seperti duo Dewa United di atas, pria asal Meksiko ini memiliki nilai pasar sebesar Rp6,95 miliar.

Penampilan debut di Indonesia sudah cukup menunjukkan betapa berharganya Rivera. Sembilan gol dan 18 assist mampu membawa Madura United menjadi finalis musim lalu.

Tetapi sayangnya, kebersamaan mereka hanya bertahan seumur jagung. Pemain berusia 29 tahun itu hanya menunggu waktu sebelum diperkenalkan Persebaya Surabaya.

Berita Terkait