11 Pesepak Bola Ikonik yang Pakai Topeng Pelindung Wajah, Kylian Mbappe Pilih yang Mana Nih?

oleh Radifa Arsa diperbarui 20 Jun 2024, 17:49 WIB
Madrid menyebut sang striker direkrut dengan status free agent dan dikontrak selama lima tahun di Bernabeu. (JOHN THYS / AFP)

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Prancis, Kylian Mbappe, tampaknya tengah menimbang-nimbang rencana mengenakan topeng pelindung wajah dalam menghadapi sisa pertandingan di Euro 2024.

Kylian Mbappe mengalami cedera hidung yang parah pada duel pertama Grup D antara Prancis dan Austria di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, pada Selasa (18/6/2024) dini hari WIB.

Advertisement

Dalam duel tersebut, winger berusia 25 tahun ini bertubrukan dengan bek Austria, Kevin Danso. Hidungnya mengalami pendarahan hebat hingga akhirnya ditarik keluar pada menit ke-90.

Mbappe tampaknya harus mengikuti jejak para pesepak bola ikonik yang pernah tampil mengenakan topeng pelindung wajah pada laga-laga berikutnya. Berikut Bola.com menyajikan nama-nama para pemain tersebut.

 

2 dari 12 halaman

1. Josko Gvardiol

Pemain Timnas Kroasia, Josko Gvardiol melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama Kroasia ke gawang Timnas Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (17/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Hassan Ammar)

Bek Timnas Kroasia, Josko Gvardiol, pernah menarik perhatian publik saat mengenakan topeng pada Piala Dunia 2022. Momen ini tepatnya terjadi pada duel melawan Jepang pada babak 16 besar.

Topeng itu harus digunakan Gvardiol lantaran hidungnya patah saat memperkuat RB Leipzig menghadapi SC Freiburg. Dalam duel yang berakhir dengan kemenangan 3-1 itu, ia bertubrukan dengan rekannya sendiri, Willi Orban.

 

3 dari 12 halaman

2. Son Heung-min

Kapten timnas Korea Selatan Son Heung-min mengenakan masker pelindung saat mengikuti sesi latihan menjelang dimulainya Piala Dunia 2022 Qatar, di Al Egla Training Site 5 di Doha, Rabu (16/11/2022). Son tampil dengan topeng, yang tampaknya terbuat dari serat karbon yang biasa digunakan dalam beberapa tahun terakhir. (Jung Yeon-je / AFP)

Megabintang Tottenham Hotspurs, Son Heung-min, juga pernah tertangkap kamera memakai topeng pelindung wajah saat bertanding pada Putaran Ketiga Piala FA melawan Portsmouth.

Topeng itu harus digunakan pemain andalan Timnas Korea Selatan ini karena sempat mengalami cedera di bagian wajah pada pertandingan melawan Marseille di ajang Liga Champions.

 

4 dari 12 halaman

3. Victor Osimhen

Pemain Napoli, Victor Osimhen merayakan gol kedua timnya pada laga lanjutan Grup C Liga Champions 2023/2024 melawan Braga di Armando Maradona Stadium, Napoli, Italia, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB. (AFP/Alberto Pizzoli)

Penyerang Napoli, Victor Osimhen, sempat mengalami cedera rongga mata pada pertandingan Serie A melawan Inter MIlan pada November 2021. Akibat cedera itu, dia juga harus naik meja operasi hingga absen tiga bulan.

Setelah pulih dan bisa kembali beraksi di lapangan pada Januari 2022, striker asal Nigeria itu harus menggunakan topeng untuk melindungi wajahnya selama bertanding di atas lapangan.

 

5 dari 12 halaman

4. Harry Kane

Cedera patah tulang hidung dialami oleh kapten Timnas Inggris, Harry Kane, dalam pertandingan antara Tottenham Hotspur melawan Crystal Palace pada ajang Piala FA edisi 2016. 

Namun, alih-alih mengenakan topeng berwarna gelap, seperti yang banyak digunakan pesepak bola lainnya, Harry Kane malah memilih topeng yang transparan.

 

6 dari 12 halaman

5. Diego Costa

Diego Costa. Striker Spanyol berusia 33 tahun yang baru saja bergabung dengan Wolverhampton di awal musim 2022/2023 ini sebelumnya pernah membela Chelsea sejak awal musim 2014/2015 hingga tengah musim 2017/2018. Ia tercatat pernah mengenakan topeng pada 2016 saat membela Chelsea akibat cedera yang didapat saat sesi latihan bersama pemain muda The Blues di Akademi Cobham. Saat itu terlibat benturan kepala dengan Fikayo Tomori dalam sebuah duel udara. (AFP/Ben Stansall)

Diego Costa juga menjadi bagian dalam daftar pesepak bola yang harus mengenakan masker pelindung saat bermain untuk Chelsea. Topeng itu pertama kali digunakan pada laga melawan Southampton di ajang Premier League pada 2016.

Sebelumnya hidung Costa sempat mengalami patah akibat insiden tabrakan dengan rekan timnya, FIkayo Tomori, pada sesi latihan.

 

7 dari 12 halaman

6. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas juga pernah mengenakan topeng pelindung wajah saat memperkuat Chelsea dalam duel melawan Queens Park Rangers pada lanjutan Liga Inggris. Dalam laga ini, Fabregas sukses mencetak satu gol.

Satu-satunya gol itu membawa Chelsea menang 1-0 atas QPR. Sebagai informasi, topeng itu harus digunakan pemain asal Spanyol itu karena mengalami patah tulang hidung pada laga melawan Stoke City.

 

8 dari 12 halaman

7. Robert Lewandowski

Striker Timnas Polandia, Robert Lewandowski, pernah mengalami cedera yang termasuk parah pada 2015. Dia mengalami patah hidung dan rahang saat pertandingan Bundesliga melawan Borussia Dortmund.

Ketika itu, Lewandowski harus menghabiskan malam di rumah sakit karena juga mengalami gegar otak akibat berbenturan dengan kiper lawan, Mitchell Langerak. Akibatnya, dia harus menggunakan topeng saat bertanding.

 

9 dari 12 halaman

8. Fernando Torres

Pada 2013, eks penyerang Chelsea, Fernando Torres, juga terlihat mengenakan topeng pelindung wajah berwarna hitam saat bertanding melawan mantan klubnya, Liverpool, dalam lanjutan Liga Inggris.

Topeng itu digunakan Torres akibat cedera patah hidung yang menimpanya pada pertandingan melawan Steaua Bucharest pada ajang Liga Eropa.

 

10 dari 12 halaman

9. Daniele de Rossi

Daniel de Rossi juga sempat menanggung cedera parah pada area wajahnya saat masih aktif bermain, tepatnya pada medio 2009. Ketika itu, dia menderita patah tulang ganda pada tulang pipinya.

Cedera ini diperoleh ketika AS Roma berduel melawan Inter Milan. Akibat cederanya itu, Daniele de Rossi harus mengenakan masker pelindung selama beberapa pertandingan.

 

11 dari 12 halaman

10. John Terry

Mantan kapten Chelsea, John Terry, juga pernah tertangkap menggunakan masker atau topeng pelindung wajah dalam sesi latihan saat sesi persiapan tim jelang duel kontra Valencia pada Liga Champions.

Topeng itu digunakan John Terry untuk melindungi tulang pipinya yang retak. Sebelumnya, dia mengalami cedera saat bertabrakan dengan Clint Dempsey pada duel melawan Fulham.

 

12 dari 12 halaman

11. Paul Gascoigne

Pemain Timnas Inggris, Paul Gascoigne, tampaknya menjadi salah satu pesepak bola paling awal yang memakai topeng pelindung wajah. Sebab, momen itu terjadi pada laga Kualifikasi Piala Dunia 1994 antara Inggris melawan Polandia.

Topeng itu harus menemaninya untuk melindungi tulang pipinya yang patah. Cedera itu didapatkan Gascoigne setelah disikut kapten Timnas Belanda, Jan Wouters, pada ajang yang sama.   1.

Berita Terkait