Menpora Bicara Rencana Proses Naturalisasi Kevin Diks dan Ole Romeny untuk Timnas Indonesia: Serahkan ke PSSI

oleh Hery Kurniawan diperbarui 19 Jun 2024, 18:30 WIB
Pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, menyundul bola saat melawan Bayern Munchen pada laga Liga Champions (20/9/2023). Klub asal Denmark itu berhasil lolos ke fase gugur setelah menyingkirkan Galatasaray dan Manchester United. (AFP/Sergei Gapon)

Bola.com, Jakarta - Proses naturalisasi pemain keturunan masih belum akan berhenti. Belakangan ada dua nama yang muncul ke permukaan.

Dua nama yang dimaksud adalah Kevin Diks dan Ole Romeny. Keduanya disebut akan menjadi tambahan kekuatan ideal bagi Timnas Indonesia di masa depan.

Advertisement

Menpora RI, Dito Ariotedjo ditanya mengenai perkembangan rencana naturalisasi Kevin Diks dan Ole Romeny. Dito menyebut proses naturalisasi itu masih ada di PSSI.

"Saya kira itu masih berproses di PSSI," ujar Dito Ariotedjo selepas menghadiri acara konferensi pers SCM sebagai pemegang hak siar Olimpiade 2024 Paris di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

2 dari 3 halaman

Bek Lagi

Pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, berebut bola dengan pemain Galatasaray, Mauro Icardi, pada laga Liga Champions (12/12/2023). Bersama FC Copenhagen di musim ini, Kevin Diks mencatatkan 32 penampilan dengan perolehan satu gol, dua assist, empat kartu kuning, dan satu kartu merah. (AFP/Liselotte Sabroe)

Timnas Indonesia belakangan cukup sering memakai pemain keturunan yang berposisi sebagai bek. Entah itu bek tengah, bek kanan, atau bek kiri.

Menariknya, Kevin Diks juga seorang pemain bertahan. Pemain keturunan Belanda itu bisa bermain di empat posisi pertahanan.

Saat ini Kevin Diks masih berkarier di Eropa. Tepatnya di klub besar Denmark, FC Copenhagen.

3 dari 3 halaman

Akhirnya Striker

Bomber FC Utrecht keturunan Indonesia, Ole Romeny️️. (Bola.com/Dok.Instagram Ole Romeny).

Sementara itu Ole Romeny bermain di posisi striker. Selama ini masyarakat Tanah Air merindukan sosok striker hebat di Timnas Indonesia.

Ole Romeny saat ini bermain untuk FC Utrecht di liga level tertinggi Belanda. Romeny memang bukan andalan utama, tetapi perlahan pemain berusia 23 tahun itu bisa menjadi opsi utama klub itu.

Ole Romeny bermain 15 kali untuk FC Utrecht di Eredivisie 2023/2024. Romeny mampu mencetak satu gol. 

Berita Terkait