Taufik Hidayat Ungkap Kondisi Anthony Ginting dan Jonatan Christie Jelang Olimpiade 2024 Paris: Teknik, Fisik Oke, Tinggal Mentalnya

oleh Hery Kurniawan diperbarui 19 Jun 2024, 20:30 WIB
Legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat dalam acara konferensi pers SCM sebagai pemegang hak siar Olimpiade 2024 Paris di SCTV Tower, Rabu (19/6/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Indonesia memiliki dua wakil pada nomor tunggal putra bulutangkis Olimpiade 2024 Paris. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie akan tampil pada ajang itu.

Namun, performa mereka di beberapa turnamen terbaru cukup membuat khawatir. Di Indonesia Open 2024 misalnya, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie bahkan sama-sama tersingkir di babak 32 besar.

Advertisement

Belum lama ini PBSI menunjuk beberapa legenda bulutangkis Tanah Air untuk menjadi mentor para pemain jelang berlaga di Olimpiade 2024 Paris. Di nomor tunggal putra ada Taufik Hidayat yang bertugas.

Taufik Hidayat pun memberikan informasi mengenai perkembangan terkini Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Menurut Taufik secara fisik dan teknik, keduanya sudah sangat siap berlaga di Olimpiade 2024 Paris.

"Ya kalau saya sudah bicara sama keduanya sama pelatih fisik juga, mereka secara mentalnya ya mungkin antiklimaks di Indonesia Open 2024 karena saya melihat dari Thomas Cup 2024, Singapura dan terakhir Indonesia Open kesalahannya sama dan akhirnya mereka mengakui di situ," kata Taufik.  

 "Sekarang waktu sisa sebulan lebih sebelum Olimpiade 2024 Paris, mereka kalau soal teknik, fisik saya kira mereka sudah sangat yakin cuma kan ini tinggal dari mentalnya," sambungnya.

 

2 dari 3 halaman

Anggap Olimpiade Terakhir

Juara tunggal putra All England 2024, Jonatan Christie (kiri) bersama runner-up tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting saat acara penyambutan para juara All England 2024 di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (18/3/2024) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Taufik Hidayat memberikan pesan tersendiri kepada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Taufik berharap keduanya bisa meraih hasil maksimal di Olimpiade 2024.

Satu hal yang pasti, Taufik Hidayat meminta Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie harus menganggap Olimpiade 2024 sebagai olimpiade terakhir mereka.

"Mudah-mudahan bisa saya juga selalu mengingatkan ini Olimpiade terakhir lah karena sayang lah kalau ada masalah kecil pengaruhi psikis jadi mereka mainnya tidak keluar," jelas Taufik Hidayat.

3 dari 3 halaman

Tidak Harus Emas

Dua tunggal putra Indonesia yang bertanding pada hari kedua Kejuaraan Bulu Tangkis Indonesia Open 2023, Rabu (14/6/2023) di Istora Senayan, Jakarta, bernasib berbeda. Masih memainkan babak 32 besar, Chico Aura Dwi Wardoyo dipastikan tersingkir setelah takluk dari wakil Singapura, Loh Kean Yew. Sementara Jonatan Christie justru melaju ke babak 16 besar setelah menumbangkan tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama. Satu wakil tuan rumah lainnya, Anthony Sinisuka Ginting baru akan bermain malam nanti. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Taufik Hidayat kemudian berbicara kembali mengenai kans Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Peluang kedua pemain itu untuk meraih medali cukup besar.

Namun, Taufik Hidayat mengingatkan tunggal putra seharusnya tidak melulu dibebani dengan target medali emas. Meski jika itu didapatkan, ia akan sangat bersyukur.

"Kansnya besar buat mereka bisa meraih medali ya, kita tidak bicara medali emas, medali dulu dan lima sektor ini harus ada lah yang dapat medali emas kan tradisi medali emas, ya mudah-mudahan kalau bisa lebih dari satu kita bersyukur," tandas peraih medali emas di Olimpiade 2024 Athena itu. 

 

Berita Terkait