Arda Guler Pecahkan Rekor Euro Selama 56 Tahun: Edisi dengan Persentase Gol Jarak Jauh Tertinggi

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 19 Jun 2024, 19:30 WIB
Gelandang Turki Arda Guler berselebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Georgia pada matchday 1 Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park, Selasa (18/06/2024) malam WIB. (AP Photo/Andreea Alexandru)

Bola.com, Jakarta Euro 2024 akhirnya memecahkan rekor kompetisi yang bertahan selama 56 tahun. Rekor tersebut berhasil dipecahkan hanya setelah 11 pertandingan di turnamen tahun ini dijalankan.

Pertandingan Euro 2024 telah resmi dimulai dengan laga pembuka antara Jerman dan Skotlandia, Sabtu dini hari (15/6/2024). Skuad Der Panzer berhasil menunjukkan kedigdayaannya di kandang sendiri setelah menang telak 5-1 atas Skotlandia di Allianz Arena, Munich.

Advertisement

Setelah pertandingan tersebut, beberapa laga di turnamen ini tidak begitu banyak menciptakan gol. Sementara itu, kemenangan Turki 3-1 atas Georgia pada hari Selasa (18/6/2024) banyak dianggap sebagai pertandingan terbaik Euro 2024 sejauh ini.

Terlebih lagi, dua gol yang dicetak timnas Turki sangat berkualitas. Mert Muldur berhasil melesakkan bola ke sudut atas gawang dari jarak 18 meter di menit ke-25. Kemudian, Arda Guler, wonderkid Real Madrid, melengkungkan bola ke sudut atas dari luar kotak penalti untuk membalikkan keunggulan timnya menjadi 2-1.

2 dari 4 halaman

Rekor Istimewa

Tiga gol dari Mert Muldur, Wonderkid Real Madrid Arda Guler dan Akturkoglu menjadi penentu Crescent Stars, julukan Turki menang. (OZAN KOSE / AFP)

Laga tersebut ditutup dengan gol dari gelandang Galatasaray, Kerem Akturkoglu. Ia berhasil memaksimalkan serangan balik pada masa injury time ketika kiper Georgia maju ke depan untuk mencari gol penyeimbang.

Gol Arda Guler malam itu pun masuk ke dalam kandidat gol terbaik di Euro 2024. Selain itu, gol tersebut juga membantu turnamen Euro 2024 ini memecahkan rekor yang sudah bertahan selama 56 tahun.

Selama Euro 2024, persentase gol yang dicetak dari luar kotak penalti lebih tinggi dibandingkan edisi Euro lainnya sejak terakhir Euro 1968. Persentasenya mencapai 32 persen, atau 10 dari 31 gol yang dicetak sebelum Portugal vs Republik Ceska telah dicetak dari luar kotak penalti.

3 dari 4 halaman

Persentase

Selebrasi striker Timnas Turki, Arda Guler setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Timnas Georgia pada laga matchday pertama Grup F Euro 2024 di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman, Selasa (18/6/2024). (AP Photo/Andreea Alexandru)

Kemudian, persentase tersebut makin melonjak lebih tinggi menjadi 34 persen setelah Lukas Provod mencetak gol pembuka Ceska. Gelandang Slavia Praha itu melesakkan bola dari jarak 20 yard melawan Portugal, hanya beberapa jam usai laga Turki lawan Georgia.

Sebagai gambaran, dengan sampel data yang lebih besar, Liga Inggris hanya mencatat lebih dari 11 persen gol yang dicetak dari luar kotak penalti selama musim 2023-24.

Melalui data statistik resmi Premier League itu, diketahui bahwa Wolves adalah satu-satunya tim yang tidak mencetak gol dari jarak lebih dari 18 yard.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Pertandingan terakhir di matchday pertama Euro 2024 pun resmi berakhir dengan kemenangan Portugal atas Republik Ceska, Rabu dini hari (19/6/2024) WIB.

Kemudian, fase grup akan kembali ke Grup A dan B pada hari Rabu ini dengan laga Kroasia kontra Albania. Babak grup dijadwalkan selesai pada 26 Juni waktu setempat dengan laga Georgia vs Portugal dan Republik Ceska vs Turki. (Rayhan Nur Hakim)

Sumber: Sport Bible