Euro 2024: Diogo Dalot Blak-blakan, Sebut Portugal Masih Digendong Cristiano Ronaldo

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 20 Jun 2024, 09:45 WIB
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo bersama Diogo Dalot dan kiper Diogo Costa dalam latihan di Al Shahaniya SC, Qatar, Rabu, 23 November 2022. Portugal akan menghadapi Ghana pada laga pembuka Grup H, Kamis (24/11) pukul 23:00 WIB. (AP Photo/Lee Jin-man)

Bola.com, Jakarta Diogo Dalot memuji kontribusi Cristiano Ronaldo dalam kemenangan Portugal atas Republik Ceska pada pertandingan pembuka Euro 2024.

Dalot mengungkapkan kehadiran Ronaldo di timnya sangat vital. Tanggapan itu muncul setelah ada pertanyaan yang dilontarkan kepadanya, apakah sang striker legendaris itu membantu atau menghambat tim nasionalnya.

Advertisement

Dalam laga yang digelar di Leipzig, Portugal bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1. Francisco Conceicao menjadi pahlawan dengan mencetak gol kemenangan pada menit ke-92. Conceicao mencetak gol hanya 111 detik setelah masuk dari bangku cadangan.

Ronaldo memimpin lini depan Portugal tadi malam sesuai ekspetasi yang diinginkan. CR7 menciptakan beberapa peluang emas sepanjang pertandingan meski gagal mencetak gol satu pun. Bahkan, Cristiano Ronaldo sempat mencetak assist untuk gol Diogo Jota, tetapi dianulir karena offside.

2 dari 4 halaman

Kontribusi di Tim

Cristiano Ronaldo semakin mengukuhkan status legendarisnya di sepak bola Eropa. Striker 39 tahun itu mengukir rekor sebagai pemain pertama yang tampil di enam edisi Euro atau Kejuaraan Eropa. (AFP/John Macdougal)

Meskipun performa Ronaldo jauh dari sempurna, Dalot menekankan pentingnya peran penyerang Al-Nassr itu dalam taktik permainan Portugal.

"Cristiano sangat fokus, bugar secara fisik, dan selalu siap mencetak gol," ujar bek sayap Manchester United ini kepada wartawan pasca pertandingan.

"Saya tahu semua orang selalu mengharapkan dia mencetak gol. Terkadang dia melakukannya, sering kali dia melakukannya! Hari ini dia sangat dekat. Anda bisa melihat seberapa banyak dia berlari hari ini. Dia membantu kami dengan dan tanpa bola, selalu bergerak, energik, dan itulah Cristiano yang kami inginkan," tambah Dalot.

3 dari 4 halaman

Belum Sempurna

Tampak Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi bersama pencetak gol kemenangan Portugal atas Rep Ceska di ajang Euro 2024, Francisco Conceicao. (Adrian Dennis/AFP)

Portugal tadi malam bisa dibilang tidak tampil sempurna, tetapi hasil akhirnya yang paling penting. Mereka akan menghadapi ujian lebih berat melawan Turki. Turki mengalahkan Georgia secara mengesankan di pertandingan lainnya di Grup F.

"Kami terkadang terburu-buru, terutama di babak pertama, dalam mencari ruang," tambah Dalot.

"Tapi kami membaik di babak kedua. Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Kami bereaksi dengan baik. Kami kalah dengan baik dan jarang melakukan serangan balik."

4 dari 4 halaman

Next Tantang Turki

Dalot juga menyoroti pentingnya belajar dari pertandingan ini.

"Kami tahu pertandingan pertama di kompetisi seperti ini selalu sulit melawan tim yang sangat kompleks. Saya pikir kami mengendalikan pertandingan, tapi kami mengincar kemenangan. Inilah yang harus kami pelajari dan tingkatkan."

Portugal kini mengincar kemenangan berikutnya saat menghadapi Turki untuk memperkuat posisi mereka di Grup F Euro 2024. (Muhammad Cyril Setiawan)

Sumber: Mirror