3 Fakta Menarik Kemenangan Jerman atas Hungaria di Euro 2024: Lolos 16 Besar, Jamal Musiala Luar Biasa

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 20 Jun 2024, 01:57 WIB
Jamal Musiala berhasil mencetak gol untuk Jerman saat melawan Hungaria pada laga grup A Euro 2024 yang berlangsung di MHP Arena (AP)

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman meraih kemenangan 2-0 atas Hungaria dalam laga matchday kedua Grup A Euro 2024 di Stadion Stuttgart Arena, Rabu (19/6/2024) malam WIB. Kemenangan ini membawa tim tuan rumah Euro 2024 itu sudah punya enam poin di puncak klasemen grup.

Kemenangan Jerman pada laga keduanya di Grup A Euro 2024 ini terlahir berkat gol yang dicetak oleh Jamal Musiala dan Ilkay Gundogan. Keduanya memperlihatkan permainan yang apik dalam pertandingan ini.

Advertisement

Jamal Musiala membuka keunggulan Jerman lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-22. Berawal dari pergerakan Ilkay Gundogan yang merebut bola dari kaki Willi Orban, bola kemudian dialirkan ke Jamal Musiala yang dengan mudah menjebol gawang Hungaria.

Sementara itu gol kedua Jerman dicetak oleh Ilkay Gundogan pada menit ke-67 yang sukses mengonversi peluang yang diciptakan Maximilian Mittelstadt.

Berawal dari pergerakan Mittelstadt di sisi kiri yang kemudian melepas umpan silang, Ilkay Gundogan yang tak terkawal di tengah kotak penalti langsung menceploskan bola ke dalam gawang.

Keunggulan 2-0 untuk Jerman pun bertahan hingga laga usai. Berikut tiga fakta menarik setelah kemenangan Jerman di laga matchday kedua Euro 2024.

 
2 dari 4 halaman

Sang Tuan Rumah Jadi Tim Pertama Lolos 16 Besar

Gelandang Timnas Jerman, Jamal Musiala (kiri) merayakan gol yang dicetaknya bersama rekan setimnya, Ilkay Gundogan, dalam laga kontra Hungaria di Grup A Euro 2024 yang digelar di Stuttgart Arena, Rabu (19/6/2024) malam WIB. (Tobias SCHWARZ / AFP)

Kemenangan atas Hungaria menjadi tiga poin kedua yang diraih Jerman di Euro 2024. Sebelum kemenangan 2-0 atas Hungaria, Jerman menang 5-1 atas Skotlandia dalam laga pembuka Piala Eropa edisi tahun ini.

Dengan enam poin yang sudah mereka miliki, Jerman menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke 16 besar Euro 2024.

Meski posisinya di Grup A masih mungkin tergeser, yang bisa terjadi jika Jerman kalah dalam pertandingan terakhir, tetapi enam poin yang dimiliki tim tuan rumah dipastikan sudah cukup untuk mengantarkan Die Mannschaft ada di dua posisi teratas Grup A atau setidaknya menjadi tim terbaik di peringkat ketiga.

3 dari 4 halaman

Jerman Ulangi Euro 2012

Winger Jerman Florian Wirtz mencoba untuk lepas dari hadangan pemain Hungaria Roland Salai pada laga grup A Euro 2024 (AP)

Timnas Jerman berhasil mencetak dua kemenangan dalam dua laga pertama mereka di Grup A Euro 2024. Ini menjadi torehan yang istimewa bagi Die Mannschaft.

Kali terakhir Jerman beahsil memenangi dua pertandingan pertama di fase grup terjadi pada Euro 2012. Ketika itu Jerman menang 1-0 atas Portugal dan 2-1 atas Belanda. Tiga gol Jerman saat itu diborong oleh Mario Gomez.

4 dari 4 halaman

Jamal Musiala Cetak Rekor

Bintang Timnas Jerman, Jamal Musiala. (Bola.com/Dok.Fabrice COFFRINI / AFP).

Pencetak gol pertama Jerman dalam kemenangan 2-0 atas Hungaria, Jamal Musiala, berhasil menciptakan rekor di Euro 2024.

Gol yang dicetaknya ke gawang Hungaria menjadikan Jamal Musiala sebagai pemain pertama yang mencetak lebih dari satu gol di Euro 2024.

Dalam kemenangan pertama Jerman di Euro 2024, yaitu 5-1 atas Skotlandia, tidak ada satu pun pemain yang mencetak brace. Saat itu Musiala sudah mencetak satu gol dan kini ia menjadi pemain pertama yang mengemas dua gol di Euro 2024.

 

Berita Terkait