Hitung-hitungan Kans Tim-tim untuk Lolos dari Grup B Euro 2024: Spanyol dan Italia Bisa Melaju Mulus

oleh Aryo Atmaja diperbarui 20 Jun 2024, 12:45 WIB
Piala Eropa 2024 - Perang 4 Bintang di Grup B Euro 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Peta persaingan di fase grup Euro 2024 semakin seru dan sengit. Tuan rumah Jerman menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar setelah menggasak Hungaria 2-0, Rabu (20/6/2024) dini hari WIB.

Kemenangan itu sudah cukup membuat Jerman lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Der Panzer sudah meengemas dua kemenangan dalam dua laga awal, yang membuat poin mereka aman minimal di posisi kedua. Grup A, dan menunggu pendampingnya yang diperebutkan Swiss, Hungaria, dan Skotlandia.

Advertisement

Persaingan seru juga terjadi di Grup B, ketika Spanyol dan Italia membuka kans untuk menyusul Jerman. Sampai dengan saat ini atau berita ini ditayangkan, Spanyol dan Italia sama-sama memiliki nilai tiga. Hasil dari kemenangan pada laga pertama.

Spanyol melibas Kroasia 3-0, sementara Italia susah payah menjinakkan Albania 2-1. Namun Tim Matador berhak di urutan pertama karena punya surplus tiga gol, sedangkan Italia cumma satu gol.

2 dari 4 halaman

Relatif Lebih Mudah

Berkat hasil ini, Italia kini menduduki peringkat dua klasemen Grup B dengan poin, di bawah Spanyol yang menghajar Kroasia 3-0. (AP Photo/Martin Meissner)

Dua tim di bawahnya adalah Albania dan Kroasia. Kedua tim juga sama-sama mengoleksi satu poin dari dua pertandingan. Namun Albania sedikit lebih diuntungkan dengan selisih gol yang lebih baik dari Kroasia.

Apabila Spanyol dan Italia bermain imbang, kedua tim akan mendapat keuntungan lewat laga terakhirnya. Spanyol akan bersua Albania dan Italia bertemu Kroasia. Kemudian Spanyol dan Italia hanya butuh imbang saja untuk lolos ke 16 besar.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Jika Spanyol atau Italia Kalah di Laga Kedua?

Spanyol dan Italia akan saling jegal di Red Bull Arena, Leipzig, Jumat (21/6/2024) dini hari nanti. Salah satu dari kedua tim akan langsung lolos apabila meraih kemenangan.

Tentu kondisi ini akan membuat Spanyol atau Italia mati-matian mengamankan poin penuh, agar jalan ke fase gugur menjadi lebih mudah.

Akan lain ceritanya bila menelan kekalahan dalam laga nanti. Artinya Spanyol atau Italia harus menang di pertandingan terakhir jika masih ingin melaju jauh.

4 dari 4 halaman

Jalur Peringkat Ketiga Terbaik

Selebrasi pemain Albania saat melawan Kroasia di Euro 2024 (AFP)

Pelaksanaan Euro 2024 berbeda dari pergelaran sebelumnya. Sebab di fase grup diikuti 24 tim dan terbagi dari enam grup yang berisi empat tim setiap grupnya.

Dua tim teratas di fase grup, jelas mendapat tiket lolos ke babak 16 besar. Ada empat tim yang bisa menyusul dengan predikat posisi ketiga terbaik dari seluruh grup.

Jika tidak mampu mengejar perolehan poin Spanyol dan Italia, maka Albania dan Kroasia wajib memiliki beberapa kriteria untuk lolos dari jalur peringkat ketiga terbaik.

Penentuannya harus ditentukan dari jumlah poin, selisih gol, jumlah gol yang dicetak, kemenangan, total poin disiplin yang lebih rendah.