Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-16 di Partai Pembuka Piala AFF U-16 2024 Melawan Singapura: Senjata-Senjata Mematikan Garuda Muda

oleh Ana Dewi diperbarui 21 Jun 2024, 09:00 WIB
Timnas Indonesia - Logo Timnas Indonesia Nuansa Piala AFF U-16 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan dengan Timnas Singapura U-16 dalam laga pembuka Grup A Piala AFF U-16 2024. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024) malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto menyertaka 23 pemain di Piala AFF U-16, termasuk dua personel diaspora. Mereka adalah Lucas Raphael Lee dan Matthew Sitorus Baker.

Advertisement

Piala AFF U-16 2024 digelar di Solo mulai 24 Juni-4 Juli mendatang. Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari dipersiapkan sebagai venue ajang dua tahunan tersebut.

Tim Merah-Putih menyandang status sebagai juara bertahan di Piala AFF U-16. Dua tahun lalu, Garuda Muda mengangkat trofi setelah menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman (12/8/2022).

Demi bisa memetik poin sempurna dalam laga perdana, Timnas Indonesia U-16 tentu akan menurunkan skuad terbaiknya. Lantas, seperti apa formasi yang bakal diterapkan Nova Airanto dalam duel kali ini?

2 dari 5 halaman

Belakang

Pemain Timnas Indonesia U-16, Fabio Azka Irawan (kanan) berebut bola dengan seorang pemain SSB terang Bangsa pada laga uji coba di Lapangan Yogyakarta International School (YIS), Jumat (31/5/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Muhammad Nur Ichsan kemungkinan akan diandalkan Garuda Muda di bawah mistar gawang. Kiper didikan Asiana itu memiliki postur menjulang yakni mencapai 185 cm. Pemain asal Medan, Sumatera Utara itu siap menjadi tembok terakhir pertahanan Tim Merah-Putih.

Nova Arianto diprediksi bakal memainkan duo bek tangguh I Putu Panji Apriawan dan Matthew Baker di pusat pertahanan Garuda Muda. Keduanya dibantu kinerja maksimal dari Fabio Azka Irawan serta Dafa Zaidan El Fikri di sisi bek sayap.

Menarik untuk ditunggu kiprah para pemain tersebut di Piala AFF U-16 edisi tahun ini. Satu nama yang patut dinantikan aksinya di lapangan yakni Fabio Azka Irawan. Bek Persija Jakarta U-16 itu memiliki kemampuan lemparan jarak jauh seperti Pratama Arhan di Timnas Indonesia.

Kepiawaian Azka dalam melakukan throw-in beberapa kali ia tunjukkan saat mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-16. Dalam laga uji coba yang dijalani, pemain asal Lampung tersebut lebih sering melontarkan bola ke area kotak penalti dan tak jarang membahayakan gawang lawan.

3 dari 5 halaman

Tengah

Pemain Timnas Indonesia U-16, Tristan Ibrahim (kanan) menguasai bola dibayangi seorang pemain SKO Ragunan pada laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Rabu (12/6/2024) menjelang keikutsertaan Timnas Indonesia U-16 pada ajang Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Timnas Indonesia U-16 mempunyai lini tengah yang cukup solid. Di sana ada nama-nama Tristan Raisa, Lucas Raphael Lee, Nazriel Afaro hingga Algazani Dwi Sugandi yang bisa diandalkan.

Para pemain ini memiliki kreativitas dan kecepatan sama baiknya. Tidak hanya piawai dalam membagi bola, namun juga bisa menjadi solusi terbaik tim saat membutuhkan gol. Algazani Dwi membuktikannya ketika Garuda Muda melumat Bhayangkara FC Youth dengan skor 4-1 (17/6/2024).

4 dari 5 halaman

Depan

Pemain Timnas Indonesia U-16, Fadly Alberto Hengga menguasai bola saat menghadapi SKO Ragunan pada laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Rabu (12/6/2024) menjelang keikutsertaan Timnas Indonesia U-16 pada ajang Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Komposisi lini depan Timnas Indonesia U-16 kemungkinan ditempati Fadly Alberto Hengga, Muhammad Mierza Firjatulah, dan Muhammad Zahaby Gholy. Andai dimainkan, ketiga pemain ini bisa jadi mimpi buruk bagi pertahanan Singapura U-16.

Fadly Alberto Hengga, misalnya. Penyerang Bhayangkara U-16 itu tampil gemilang dalam partai uji coba terakhir melawan klubnya sendiri. Fadly Alberto turut menyumbang sebiji gol plus assist dalam kemenangan 4-1 Timnas Indonesia U-16 kontra Bhayangkara FC Youth.

5 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia - Nova Arianto Dikelilingi Matthew Baker, Fabio Azka Irawan, dan Fadly Alberto Hengga (Bola.com/Adreanus Titus)

Formasi (4-3-3)

Kiper: Muhammad Nur Ichsan

Bek: I Putu Panji Apriawan, Fabio Azka Irawan, Matthew Baker, Dafa Zaidan El Fikri

Gelandang: Tristan Raisa, Lucas Raphael Lee, Algazani Dwi Sugandi

Pemain Depan: Fadly Alberto Hengga, Muhammad Mierza Firjatulah, Muhammad Zahaby Gholy

Berita Terkait