Robbie Gaspar Bicara Perkembangan Timnas Indonesia dan Perbedaannya dengan Australia: Bisa Lolos Piala Dunia 2026!

oleh Choki Sihotang diperbarui 21 Jun 2024, 09:45 WIB
Robbie Gaspar ikut berempati dengan situasi sepak bola Indonesia yang terkena sanksi FIFA. (Twitter)

Bola.com, Jakarta - Masih ingat, Robbie Gaspar? Bagi penggemar setia Liga Indonesia, Robbie Gaspar bukan nama yang asing.

Dia pernah memperkuat Persita Tangerang (2005-2006), Persiba Balikpapan (2006-2009), Persema Malang (2009-2011), dan Persib Bandung (2011-2012).

Advertisement

Saat masih bermain, Robbie Gaspar berperan sebagai gelandang dan bisa dibilang menjadi salah satu playmaker terbaik saat itu.

Lama menghilang, apa kabar Robbie Gaspar? Puji syukur, legenda Beruang Madu berpaspor Australia itu masih terlihat segar bugar saat menjadi tamu di kanal YouTube Bicara Bola besutan Akmal Marhali belum lama ini.

Dari sekian topik menarik, Robbie Gaspar ikut angkat suara terkait potensi Timnas Australia bersua Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Indonesia lolos ke babak ketiga setelah pada laga terakhir di Grup F sukses mengalahkan Filipina 2-0. Di hari yang sama, Vietnam yang menjadi pesaing Indonesia, kalah 1-3 dari Irak.

Dengan status runner-up Grup F yang bermodalkan 10 poin, tim asuhan Shin Tae-yong menemani Irak ke babak ketiga kualifikasi.

Di babak ketiga kualifikasi nanti, yang rencananya akan dimulai pada 5 September mendatang, Indonesia berpotensi bersua gurita-gurita Asia, termasuk Australia.

Lantas, apa kata Robbie Gaspar?

2 dari 3 halaman

Tidak Kaget Australia Kalah dari Timnas Indonesia U-23

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Australia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024) malam WIB. (Bola.com/PSSI)

Sebelum ke tim senior, Robbie Gaspar lebih dulu memuji Timnas Indonesia U-23 yang mampu mengalahkan Australia lalu melaju hingga ke semifinal.

"Saya tidak kaget dengan kekalahan itu. Saya melihat Timnas Indonesia sudah lebih maju, lebih profesional, dan punya beberapa pemain naturalisasi. Saya juga melihat sepak bola Australia ada periode transisisi, kita ada beberapa masalah yang harus kita selesaikan," katanya.

"Di timnas senior, saya melihatnya bagus. Banyak orang yang berkata kepada saya, 'Robbie, tidak banyak pemain yang bermain di Eropa sekarang'. Saya bilang, 'ya itu mungkin karena kita masuk di Asia'. Sekarang pemain kami lebih mudah bermain di Liga China, Liga Arab Saudi, Liga Korea Selatan, dan lain-lain," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Australia dan Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama (tengah) bersitegang dengan pemain Asutralia, Gethin Jones pada laga 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung di assim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Minggu (28/01/2024). (AP Photo/Aijaz Rahi)

Menurut Robbie Gaspar, liga teratas Australia juga ada masalah. Namun, Robbie Gaspar hakulyakin negaranya bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

"Masalah finansial dan juga mungkin kualitas," tukas Robbie Gaspar.

"Saya pikir bisa. Kami sudah lima kali lolos dan timnas senior punya big match experience. Saat Australia bertanding lawan Indonesia di Piala Asia, Indonesia memang punya ball possession, tapi Australia punya big match experience. Indonesia belum punya itu. Pelan-pelan. Itu butuh waktu," katanya.

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah bisa lolos ke putaran Piala Dunia 2026?

"Bisa, kenapa tidak bisa," jawab Robbie Gaspar dengan nada mantap.

Berita Terkait