Cristian Gonzales Ternyata Penyendiri: Sampai Pernah Dimarahi Alfred Riedl

oleh Choki Sihotang diperbarui 21 Jun 2024, 15:00 WIB
Momen Cristian Gonzalez Nostalgia Nonton Indonesia vs Filipina (Sumber: Intagram/el_locogoliadorcg10_)

Bola.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, ranah sepak bola nasional geger gara-gara Cristian Gonzales. Banyak orang tersentak dan bertanya-tanya, ada apa?

Cristian Gonzales mencetak gol? Tidak. Gonzales digaet klub baru lagi? Tidak. Adalah Ibnu Jamil sumber pangkalnya.

Advertisement

Ibnu Jamil merasa prihatin, karena Gonzales tak duduk di VIP, tapi di tribun bareng penonton lain saat menonton langsung duel Timnas Indonesia kontra Filipina pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pekan silam.

Lewat akun media sosialnya, Ibnu Jamil mengkritik PSSI dan meminta agar semua pihak lebih menghargai mantan pemain timnas seperti Cristian Gonzales.

 
2 dari 4 halaman

Sekilas Mengenang Kiprah Cristian Gonzales

Penyerang Timnas Indonesia, Cristian Gonzales, berduel dengan Suttinun Phukhom pada laga Piala AFF 2010.(AFP/Romeo Gacad)

Cristian Gonzales memang tak bisa dipisahkan dari sepak bola dalam negeri. Namanya menjulang hingga kini. Dia legenda bagi banyak klub Indonesia, macam Persik Kediri, Persib Bandung, dan Arema Cronus.

Legiun Uruguay yang kini berusia 47 tahun mengawali kariernya di Liga Indonesia bersama PSM Makassar pada 2003. Dari Kota Anging Mammiri, Gonzales mengembara ke sejumlah klub hingga akhirnya memutuskan gantung sepatu di RANS Nusantara FC pada 2022.

Di level klub, El Loco, demikian ia biasa disapa, sosok striker terbuas sepanjang sejarah Liga Indonesia. Bayangkan, ia mampu mengukuhkan diri sebagai top scorer empat musim beruntun, yakni 2005, 2006, 2007/2008, dan 2008/2009.

Ketajamannya membuat PSSI waktu itu menjadikannya Warga Negara Indonesia (WNI). Melalui program naturalisasi pada 3 November 2010, Gonzales resmi merapat ke Timnas Indonesia. Mengantongi 29 caps, ia mengemas selusin gol bersama timnas.

3 dari 4 halaman

Pernah Dimarahi Alfred Riedl

Cristian Gonzales ketika masih memperkuat Persik Kediri. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Belum lama ini, Cristian Gonzales menyapa fans setianya saat menjadi tamu di kanal YouTube Melaney Ricardo. Sang bomber yang masih terlihat bugar itu ditemani istrinya, Eva Nurida Siregar.

Ada kisah menarik saat Gonzales masih mengenakan jersey Timnas Indonesia, ketika tim Garuda ditukangi Alfred Riedl.

Dalam suatu lawatan ke luar negeri, Gonzales memilih terus di kamar ketimbang keluar hotel di jam-jam istirahat setelah latihan.

Bahkan, di jam makan pun, Gonzales tetap memilih menyepi di kamarnya. Menurut Eva Nurida Siregar, Gonzales sampai dimarahi Alfred Riedl.

"Waktu itu di timnas, kita bisa pilih siapa mau turun ya turun dan siapa yang mau istirahat ya istirahat," kata Gonzales.

"Dia enggak turun-turun beberapa hari. Akhirnya dia disuruh keluar. Habis makan, dia cepat-cepat naik lagi ke kamar," imbuh Eva Nurida Siregar sembari tersenyum.

4 dari 4 halaman

Senang di Rumah Saja

Cristian Gonzales pindah dari Madura United ke PSS. (Bola.com/Aditya Wany)

Ternyata, Cristian Gonzales bukan tipe pesepak bola yang doyan pelesiran. Termasuk ketika tim yang dibelanya atau tengah memperkuat timnas melakoni laga tandang.

"Dia itu bangun tidur, terus stretching, habis itu duduk sampai sore sambil dengar radio Uruguay. Sudah begitu saja. Aku itu sampai bilang ayo ke luar," ujar Eva.

"Tahu enggak, aku tuh selama menikah dengan dia diantar belanja tuh sangat jarang. Jadi aku tuh selalu sendiri. Dia orangnya gitu. Tapi, kalau keluarga, ayo makan bareng ke luar, dia baru mau," lanjut sang istri.

Pada usia senjanya, Gonzales masih ingin merumput. Namun, sejauh ini belum ada klub yang cocok.

"Kemarin-kemarin ada beberapa tawaran, tapi kita tidak cocok," kata Gonzales yang kini tergabung dalam tim Selebriti FC.

Berita Terkait