Kumpulan Fakta Setelah Timnas Inggris Tak Mampu Kalahkan Denmark di Euro 2024

oleh Rizki Hidayat diperbarui 21 Jun 2024, 13:15 WIB
Striker Inggris, Harry Kane, berusaha lolos dari adangan dua pemain Denmark, Pierre-Emile Hojbjerg dan Joachim Andersen dalam laga kedua Grup C Euro 2024 Group C di Frankfurt Arena, Kamis (20/6/2024) malam WIB. (Adrian DENNIS / AFP)

Bola.com, Frankfurt - Timnas Inggris gagal meraih kemenangan saat bersua Denmark pada laga kedua Grup C Euro 2024. Sempat unggul lebih dulu, Tim Tiga Singa harus puas bermain imbang 1-1 kontra Denmark.

Timnas Inggris bentrok dengan Danish Dynamite di Frankfurt Arena, Frankfurt, Kamis (20/6/2024) malam WIB. Duel kedua tim pun berjalan sengit sejak menit awal.

Advertisement

Saat duel berjalan 18 menit, The Three Lions sukses memimpin lebih dulu. Bola hasil tendangan kaki kiri Harry Kane dari dalam kotak penalti, melesat mulus masuk ke gawang Denmark.

Namun masuk menit ke-34, Timnas Denmark berhasil menyamakan kedudukan. Bola hasil sepakan keras Morten Hjulmand dari luar kotak penalti, menghujam deras gawang Timnas Inggris. Sampai duel berakhir, skor 1-1 tetap bertahan.

 

2 dari 4 halaman

Wajib Menang

Martin Braithwaite tercatat baru mengikuti satu edisi Euro bersama Timnas Denmark yaitu pada 2020. Satu gol berhasil dicetaknya dari total 6 laga. Gol tersebut dicetaknya saat Denmark kalah 1-2 dari Inggris pada babak semifinal Euro 2024 (7/7/2021). Saat itu usianya telah menginjak 30 tahun, 2 bulan dan 1 hari. (AFP/Pool/Frank Augstein)

Hanya meraih satu angka, Timnas Inggris kini berada di puncak Grup C Euro 2024 dengan nilai empat. Mereka unggul dua poin atas Denmark yang berada di peringkat kedua serta Slovenia di tempat ketiga, sedangkan Serbia di dasar grup dengan angka satu.

Situasi tersebut membuat persaingan untuk lolos ke-16 besar Grup C Euro 2024 semakin sengit. Pasalnya, keempat tim tersebut masih berpeluang melenggang ke fase knock-out.

Timnas Inggris wajib memetik kemenangan pada laga terakhir fase grup, jika ingin meraih tiket ke-16 besar sebagai juara grup. Pada partai penutup Grup C, The Three Lions akan berhadapan dengan Slovenia di Cologne Stadium, Cologne, 26 Juni mendatang.

Sejumlah fakta menarik tersaji selepas duel Timnas Inggris versus Timnas Denmark. Berikut ini ulasannya.

 

3 dari 4 halaman

Data dan fakta:

Striker Timnas Inggris Harry Kane mencetak gol ke gawang Denmark pada laga grup C Euro 2024 yang berlangsung di Deutsche Bank Park, Frankfurt (AP)

1. Timnas Inggris tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan terakhir fase grup Euro (8 menang; 5 imbang). Terakhir kali Inggris menelan kekalahan adalah ketika takluk 1-2 dari Prancis pada laga pembuka Euro 2004.

2. Timnas Inggris tak pernah mengawali putaran final Piala Eropa dengan meraih dua kemenangan beruntun.

3. Timnas Inggris hanya menelan empat kekalahan dari 23 laga terakhir melawan Denmark (13 menang, 6 imbang, 4 kalah).

 

4 dari 4 halaman

Data dan fakta:

Bek Inggris Marc Guehi berebut bola dengan gelandang Denmark Mikkel Damsgaard dalam matchday 2 Grup C Euro 2024 di Deutsche Bank Park, Kamis (20/06/2024). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

4. Timnas Denmark untuk pertama kalinya gagal mencetak gol lebih dulu dalam tujuh pertandingan terakhir di Piala Eropa.

5. Timnas Denmark hanya menelan satu kekalahan dari 14 laga internasional terakhir (9 menang; 4 imbang).

6. Morten Hjulmand mencetak gol pertama bagi Timnas Denmark pada penampilannya yang kesembilan.

7. Harry Kane menjadi pemain ketiga yang mencetak gol di empat turnamen besar terpisah untuk Timnas Inggris (Piala Dunia 2018, Euro 2020, Piala Dunia 2022, Euro 2024). Sebelumnya hal serupa ditorehkan setelah Michael Owen dan Wayne Rooney.

Sumber: UEFA

Berita Terkait