Media Korea Panaskan Rumor Shin Tae-yong Jadi Calon Pelatih Son Heung-min dkk Setelah Tidak Kunjung Teken Kontrak Baru di Timnas Indonesia

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 22 Jun 2024, 12:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Bola.com/Dok.Instagram Shin Tae-yong).

Bola.com, Seoul - Media Korea Selatan, Best Eleven, memanaskan rumor Shin Tae-yong dapat menjadi calon pelatih Timnas Korea Selatan setelah tidak kunjung menandatangani kontrak baru bersama Timnas Indonesia.

Best Eleven menurunkan artikel berjudul "Tajuk Sepak Bola Kim Tae-sok, Nama yang Jarang Disebut untuk Calon Pelatih Tim Nasional Berikutnya, Siapa pun yang Dipilih Akan Mendapat Perhatian Besar" pada Kamis (20/6/2024).

Advertisement

Kolom yang dibuat oleh Kim Tae-sok selaku jurnalis Best Eleven itu membahas tentang garis besar pelatih Korea Selatan selanjutnya setelah Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) memecat Jurgen Klinsmann pada Februari 2024.

Sejak saat itu, Korea Selatan ditangani oleh Kim Do-hoon sebagai caretaker hingga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang telah selesai pada 11 Juni 2024.

2 dari 5 halaman

Ulasan Best Eleven

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong didampingi sang istri, Cha Young-ju tersenyum saat memberi dukungan kepada tunggal putri Korea Selatan, An Se-young saat menghadapi wakil China, Chen Yu Fei pada laga final Indonesia Open 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (9/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Menurut berbagai laporan, KFA tampaknya telah menetapkan kebijakan untuk mempertimbangkan pelatih lokal yang sebelumnya dikesampingkan selain pelatih asing sebagai calon pelatih Korea Selatan berikutnya," tulis Kim Tae-sok.

Kim Do-hoon masuk dalam kandidat pelatih Korea Selatan. Selain itu, nakhoda Ulsan Hyundai, juga muncul ke permukaan. Lantas, bagaimana dengan Shin Tae-yong?

"Pada Mei 2024, seorang pelatih Liga Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya juga mengungkapkan pendapat pribadi bahwa jika sulit untuk memilih pelatih asing dan pelatih Korea Selatan di K-League tidak bisa dipilih, pilihan yang paling masuk akal adalah pelatih Shin Tae-yong," imbuh Kim Tae-sok.

"Meskipun dia menambahkan bahwa ada isu perpanjangan kontrak dengan Timnas Indonesia, di dunia sepak bola, semua kemungkinan tetap terbuka hingga kontrak ditandatangani, sehingga pandangannya cukup masuk akal," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Peluang Comeback Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) pernah sukses membawa Korea Selatan mengalahkan Timnas Jerman di kancah Piala Dunia 2018. Sejak bergabung dengan Timnas Indonesia sejak akhir Desember 2019, STY belum pernah satu kalipun mempersembahkan gelar juara bagi Indonesia. Di ajang Piala Dunia 2023, STY bersama Timnas Indonesia berambisi untuk menunjukkan diri dengan target lolos dari grup D yang dihuni oleh Jepang, Irak, dan Vietnam. (AFP/Joe Klamar)

Kim Tae-sok juga menyinggung alotnya perpanjangan kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia, yang akan kedaluwarsa pada pengujung Juni 2024.

"Jika perpanjangan kontrak tidak terjadi, kontrak pelatih Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia akan berakhir bulan ini, memberikan lebih banyak pilihan bagi pelatih Shin," tutur Kim Tae-sok.

"Dengan kata lain, perpanjangan kontrak dengan Timnas Indonesia bukanlah satu-satunya opsi bagi pelatih Shin Tae-yong. Selama beberapa bulan terakhir, kemungkinan kembalinya pelatih Shin ke Korea Selatan sudah sering disebut-sebut di dunia sepak bola," Kim Tae-sok.

Kim Tae-sok membahas kemungkinan Shin Tae-yong comeback ke Korea Selatan dengan seorang narasumber yang namanya tidak disebutkan. Masalah yang bisa menutup peluang itu adalah gaji.

4 dari 5 halaman

Kesempatan Besar untuk Shin Tae-yong

Shin Tae-yong pernah bertahun-tahun menjadi arsitek Korea Selatan, baik senior maupun level usia. Mulai dari Timnas Korea Selatan U-23 pada 2015-2016, Timnas Korea Selatan U-20 pada 2017, dan Korea Selatan pada 2017-2018, termasuk di Piala Dunia 2018 Rusia.

"Jika pelatih Shin Tae-yong kembali ke Korea Selatan, masalahnya adalah gaji, mengingat dia sudah mendapat penghargaan yang sangat baik di Timnas Indonesia, tetapi kasusnya berbeda untuk Korea Selatan. Dia hanya bekerja sebagai pelatih sementara selama sepuluh bulan menjelang Piala Dunia 2018 di Rusia," ucap sumber itu.

Kim Tae-sok mengklaim bahwa Shin Tae-yong tidak menutup opsi untuk memoles Korea Selatan lagi. "Menjelaskan bahwa pelatih Shin Tae-yong masih memiliki impian untuk menjadi pelatih Korea Selatan. Dalam beberapa wawancara, pelatih Shin juga menyatakan keinginannya untuk kembali menjadi pelatih Korea Selatan suatu hari nanti," ungkapnya.

"Secara timing, dengan posisi pelatih Korea Selatan yang kosong sekarang, ini bisa menjadi kesempatan besar bagi pelatih Shin Tae-yong yang telah mencapai puncak kariernya di Indonesia setelah berjuang keras," tulisnya.

5 dari 5 halaman

Tanda Tangan Digital

"Tentu saja, ini dengan asumsi bahwa nama pelatih Shin Tae-yong ada dalam daftar keinginan KFA. Sebagai kartu yang sudah teruji dari segi kepemimpinan dan pengalaman, apakah pelatih Shin ada dalam daftar pilihan Korea Selatan? Atau akankah dia kembali ke Timnas Indonesia, tempat dia semakin akrab dengan mempelajari bahasa lokal?" katanya.

Saat ini, Shin Tae-yong sedang berada di Korea Selatan. Dia pulang kampung sejak 14 Juni 2024. Pada beberapa waktu lalu, Shin sempat meminta untuk tidak mengkhawatirkan perpanjangan kontraknya karena adanya tanda tangan digital.

"Karena ada teknologi e-sign, jadi kapan saja bisa dan tidak perlu dikhawatirkan," terang Shin Tae-yong pada 11 Juni 2024.

Sumber: Best Eleven

Berita Terkait