Catatan Beratnya Perjalanan 3 Raksasa Premier League untuk Musim 2024/2025: Siapa yang Bakal Angkat Trofi?

oleh Choki Sihotang diperbarui 23 Jun 2024, 05:00 WIB
Kolase - Pertandingan Manchester United, Arsenal, Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Premier League 2024/2025 sebentar lagi dimulai. Berdasarkan jadwal yang sudah dirilis, kompetisi paling sengit di bawah kolong langit itu akan dimulai pada Agustus mendatang.

Saat ini, semua tim tengah sibuk bongkar pasang pemain, bahkan pelatih, dengan harapan bisa mempertahkan gelar atau memperbaiki pencapaian dari musim sebelumnya.

Advertisement

Empat tim yang masih menjadi sorotan adalah tiga raksasa Inggris yakni Liverpool, Arsenal, dan tentu saja sang juara bertahan Manchester City. Ketiga tim ini, dalam beberapa musim terakhir, bersaing sengit dalam perburuan gelar.

Manchester City masih tampil superior dengan empat gelar secara beruntun yang membuat tim asuhan Pep Guardiola sukses memahat sejarah dalam sejarah panjang Premier League yang dimulai sejak 1993.

Dibandingkan dua tim pesaing, Arsenallah yang paling sial. Dua musim berturut The Gunners gagal memenangkan persaingannya dengan Manchester City, meski sempat bercokol cukup lama di puncak klasemen.

Bagaimana dengan musim anyar? Tak ada yang tahu pasti. Soalnya, semua bisa terjadi di pentas Premier League.

Yang jelas, ketiga raksasa ini akan melakoni laga-laga sulit dan tak menutup kemungkinan mereka akan tergelincir. Untuk mengetahui sejauh mana kesulitan masing-masing tim, berikut ulasannya seperti yang dilansir Givemesport:

2 dari 4 halaman

Manchester City (Pertandingan: 38, Sisa pertandingan melawan 6 Besar: 10)

Manchester City berhasil memetik kemenangan 3-1 atas tamunya West Ham United di Etihad Stadium pada pekan terakhir Liga Inggris 2023/2024 yang digelar serentak pada Minggu (19/5/2023). Tiga gol kemenangan The Citizens dicetak lewat brace Phil Foden ditambah satu gol dari Rodri, sementara sang tamu hanya mampu mencetak satu gol lewat Mohammed Kudus. Kemenangan ini memastikan Manchester City merebut gelar juara Liga Inggris 2023/2024 dengan raihan 91 poin di klasemen akhir, unggul 2 poin dari Arsenal sebagai runner-up. Gelar ini sekaligus menjadi yang keempat berturut-turut sejak 2020/2021, sebuah torehan yang belum pernah dilakukan klub Inggris mana pun sepanjang sejarah. (AP Photo/Dave Thompson)

Man City akan membuat sejarah jika upaya mereka untuk mempertahankan mahkota Premier League terbukti berhasil lagi. Juara Eropa 2023 sedang mencari gelar Premier League kelima berturut-turut, sesuatu yang belum pernah diraih tim-tim sebelumnya.

Saingan sekota Manchester United menjadi yang paling dekat, setelah menang tiga kali berturut-turut pada dua kesempatan terpisah.

Dominasi yang diciptakan Pep Guardiola sejauh ini sulit untuk disaingi. Dengan alasan itu pulalah, City siap mempertaruhkan kembali nama besarnya.

Hanya saja, Guardiola diperkirakan akan meninggalkan Cityzens pada akhir musim, yang akan mengakhiri tugasnya selama sembilan tahun di Etihad Stadium.

Dia adalah salah satu manajer terhebat sepanjang masa dan tentu saja dia akan sangat dirindukan klub jika dia pergi.

Pertandingan besar terakhirnya di Liga Premier akan melawan rival sekota, Man United.

Bertindak sebagai salah satu derby terbaik dalam sepak bola Inggris, Anda tidak akan pernah bisa benar-benar memprediksi apa yang akan terjadi dalam pertandingan tersebut, seperti yang ditunjukkan tim asuhan Erik ten Hag dengan memenangkan Piala FA 2024.

Ini satu-satunya pertandingan mereka dalam tiga bulan terakhir melawan salah satu dari 'Enam Besar', yang membuat rival mereka frustrasi.

3 dari 4 halaman

Arsenal (Pertandingan: 38, Sisa pertandingan melawan 6 Besar: 10)

Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes, melakukan selebrasi setelah mencetak gol gol ke gawang Liverpool pada laga pekan ke-18 Premier League 2023/2024 di Stadion Anfield, Minggu (24/12/2023). Hasil ini membuat The Gunners tetap bertengger di puncak klasemen Liga Inggris dengan mengumpulkan 40 poin dari 18 laga. (AFP/Paul Ellis)

Perburuan Arsenal untuk trofi bergengsi terus berlanjut. Sejak menjuarai Premier League pada tahun 2004, mereka telah memenangkan Piala FA yang tak terhitung jumlahnya, namun belum pernah meraih gelar liga atau trofi Eropa.

Itu adalah apa yang selalu mereka impikan sejak saat itu – dan diharapkan kepindahan mereka ke Stadion Emirates akan menjadi landasan untuk mewujudkannya.

Butuh waktu lebih dari satu dekade, jauh lebih lama dari yang direncanakan, namun mereka akhirnya dianggap sebagai salah satu tim terbaik di Eropa karena alasan yang sangat kuat.

Mereka mungkin hanya kalah tipis dari Man City pada tahun 2024, namun fakta bahwa mereka mampu menyamai tim asuhan Guardiola dalam jangka waktu yang lama akan memberi mereka harapan.

Diharapkan The Gunners akan mencari striker baru selama musim panas untuk mengatasi kekhawatiran serangan.

Tentu saja, setiap tim harus bermain melawan klub masing-masing dua kali, namun jadwal pertandingan dapat memainkan faktor utama dalam perjalanan sebuah tim. Momentumnya sangat penting.

Pertandingan pertama Arsenal melawan tim 'Enam Besar' terjadi melawan rival London Utara Tottenham Hotspur pada awal September.

Ini pertama kalinya Spurs menjadi tuan rumah pertandingan pertama antara kedua belah pihak sejak tahun 2020.

Seminggu kemudian, mereka bertandang ke Man City dalam pertandingan yang sudah bisa dianggap sebagai penentu gelar.

Di akhir musim, Arsenal bertandang ke markas Southampton. Namun, mereka bermain melawan Liverpool dan Newcastle pada dua minggu sebelumnya.

Ini kemungkinan akan menjadi minggu-minggu yang menentukan musim bagi The Gunners saat mereka mencari gelar pertama mereka sejak 2004.

4 dari 4 halaman

Liverpool (Pertandingan: 38, Sisa Pertandingan melawan 'Enam Besar': 10)

Selebrasi para pemain Liverpool merayakan gol bunuh diri kiper West Ham United, Alphonse Areola hasil tendangan Cody Gakpo (tengah) pada laga pekan ke-35 Premier League 2023/2024 di London Stadium, London, Sabtu (27/4/2024). (AP Photo/Kin Cheung)

Melewati era baru selalu penuh tantangan. Baik itu dalam sepak bola atau bidang kehidupan lainnya, ada rasa takut, ekspektasi, dan kegelisahan yang semuanya digabungkan menjadi satu.

Beberapa klub mengelolanya lebih baik dibandingkan yang lain; Tottenham memulai dengan cepat di bawah asuhan Ange Postecoglou, tetapi Man United masih belum pulih dari kepergian Sir Alex Ferguson 11 tahun lalu.

Dengan Arne Slot sebagai pelatih anyar, Liverpool berharap tidak mengalami penurunan yang signifikan.

Mereka masih memiliki Alisson, Virgil van Dijk dan Mohamed Salah, semuanya merupakan pemain terbaik di dunia, sementara perpaduan pemain muda dan pengalaman mereka akan memberikan percikan kehidupan yang sangat dibutuhkan di Anfield.

Slot datang dari Feyenoord, tempat ia memenangkan gelar pada tahun 2023. Pemain berusia 45 tahun itu memiliki pengalaman dalam momen-momen tekanan tinggi, yang hanya akan membantunya cepat beradaptasi dengan kehidupan di Liga Premier.

Liverpool bukanlah favorit untuk memenangkan gelar, dengan City dan Arsenal sama-sama berharap untuk menjadi lebih kuat, namun The Reds punya banyak alasan untuk bermimpi.

Musim Liverpool akan dimulai di Ipswich yang baru dipromosikan sebelum pertandingan besar pertama mereka bertandang ke Man United pada akhir Agustus.

Mereka menghadapi rival lokalnya, Everton, pada bulan November dan April, yang juga akan ditandai dalam kalender oleh para penggemar di seluruh dunia.

Pertandingan melawan Arsenal dan Man City pada bulan Oktober dan November akan menjadi pertandingan yang sangat penting, sementara pertandingan keduanya dapat menimbulkan kekhawatiran.

Mereka harus menghadapi Tottenham, Chelsea dan Arsenal dalam beberapa minggu berturut-turut.

Dua dari pertandingan tersebut diadakan di Anfield, tempat yang terkenal sulit dikalahkan, namun hal itu akan menambah tekanan pada punggung Slot — terutama jika mereka masih berlaga di Liga Champions.

Sumber: Givemesport

Berita Terkait