Piala Eropa 2024: Waduh! Spanyol Terancam Denda Rp500 Miliar karena Nekat Memainkan Lamine Yamal

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 23 Jun 2024, 05:30 WIB
Ekspresi pemain Spanyol, Lamine Yamal, saat membuang kesempatan saat menghadapi Kroasia pada laga perdana Grup B Piala Eropa 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu (15/5/2024). (Sebastian Christoph Gollnow/dpa via AP)

Bola.com, Jakarta - Keputusan Spanyol memainkan Lamine Yamal pada matchday 1 Piala Eropa 2024 bisa berimbas buruk. Peraturan di Jerman membuat La Furia Roja terancam sanksi berupa denda mencapai 30ribu euro atau setara Rp500 miliar lebih.

Di usianya yang baru menginjak 16 tahun dan 338 hari, Lamine Yamal mengukir sejarah dalam kemenangan Spanyol 3-0 atas Kroasia. Ia menjadi pemain termuda dalam sejarah yang tampil di Piala Eropa.

Advertisement

Yamal telah menjadi pemain inti di setiap pertandingan grup Spanyol sejauh ini, melawan Kroasia dan Italia, tetapi undang-undang Jerman membuat Spanyol berisiko didenda €30.000 karena keterlibatannya dalam pertandingan melawan Italia.

Sebabnya, ada German Youth Protection Act atau Undang-Undang Perlindungan Pemuda Jerman yang melarang anak di bawah 18 tahun bekerja melebihi waktu tertentu, biasanya pukul 8 malam.

 

2 dari 3 halaman

Ada Pengecualian?

Lamine Yamal (kanan) bersama pelatih Spanyol, Luis de la Fuente. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Pertandingan pertama Spanyol di babak penyisihan grup Piala Eropa 2024 dimulai pukul 6 sore waktu setempat, tetapi pertandingan melawan Italia dimulai pukul 9 malam.

Meskipun ada aturan dalam hukum Jerman yang mengizinkan atlet untuk bekerja hingga pukul 11 ​​malam, pertandingan tetap berakhir mendekati waktu tersebut, belum ditambah mandi dan wawancara pascapertandingan juga dianggap sebagai bagian dari pekerjaan, yang berarti Spanyol mungkin telah memenuhi persyaratan untuk dikenakan denda.

Mengingat situasinya, mengingat Piala Eropa adalah salah satu acara terbesar dalam olahraga dan turnamen sepak bola terbesar yang diselenggarakan Jerman sejak Piala Dunia 2006, Spanyol tampaknya tidak mungkin dikenakan denda.

 

3 dari 3 halaman

Sensasional

Winger Spanyol Lamine Yamal menyumbang satu assist untuk gol Dani Carvajal ke gawang Kroasia (AP Photo/Sunday Alamba)

Yamal muncul sebagai salah satu pemain muda terbaik yang tampil di Euro 2024, dengan kecepatan, kelincahan, dan kedewasaannya yang melampaui usianya membuat banyak orang percaya bahwa dia pemain hebat, dan dengan didikan yang diterimanya selama di akademi La Masia yang terkenal di Barcelona, ​​dia diperkirakan akan berkembang pesat di masa depan.

Sejauh ini, ia telah menjadi starter di kedua pertandingan Spanyol di Euro 2024 karena La Roja tampak seperti salah satu tim yang menonjol di awal turnamen. Dalam kedua kemenangan tersebut, melawan Kroasia dan Italia, Yamal memainkan peran penting, tetapi ia bisa saja diturunkan sebagai pemain cadangan di pertandingan terakhir grup melawan Albania, dengan Luis de la Fuente kemungkinan besar ingin mengistirahatkan pemain kunci setelah memenangkan grup dengan satu pertandingan tersisa.

Meskipun demikian, seiring Spanyol melaju melalui turnamen utama musim panas ini, Yamal diprediksi akan terus menanjak popularitasnya. Mengikuti jejak pemain hebat Barcelona lainnya, nilainya bagi klub dan negara sudah jauh melampaui nilai yang bisa diterima Spanyol jika mereka terus memainkannya dalam pertandingan malam.

Berita Terkait