Piala Eropa 2024: 13 Alasan Kenapa Kita Tidak Bisa Membenci N'Golo Kante

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 23 Jun 2024, 09:45 WIB
Berita Infografis - Manchester City Vs Chelsea Man Of The Match N'Golo Kante (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - N'Golo Kante belum habis. Piala Eropa 2024 jadi bukti betapa sang gelandang yang sulit memiliki haters ini masih bisa bersinar buat negaranya, Prancis.

Peran N'Golo Kante sebagai metronom permainan Timnas Prancis di lini tengah sulit tergantikan. Kante mampu menjadi penyeimbang di sektor tengah ketika Les Blues bentrok dengan Timnas Belanda pada laga kedua Grup D Euro 2024.

Advertisement

Bahkan pada matchday 1, N'Golo Kante didapuk UEFA sebagai man of the match ketika Timnas Prancis mengalahkan Austria dengan skor 1-0 pada laga pembuka Les Blues pada ajang Euro 2024 hari Selasa (18/06/2024) dini hari WIB.

N'Golo Kante dikenal sebagai pemain yang rendah hati dan tidak suka pamer. Ia adalah sosok yang dihormati tidak cuma oleh kawan, tetapi juga lawan.

Berikut ini Bola.com mengulas 13 alasan kenapa N'Golo Kante sulit untuk dibenci.

 

2 dari 14 halaman

1. Si Kecil

Pemain Prancis, N'Golo Kante berpose di depan fotografer saat mendapatkan penghargaan Man of The Match setelah laga Grup D Euro 2024 melawan Austria di Duesseldorf Arena, Duesseldorf, Jerman, Selasa (18/06/2024) WIB. (AFP/Kenzo Tribouillard)

Cerita dimulai di pinggiran kota Paris, di mana seorang remaja Kante membintangi tim yunior klub lokal JS Suresnes.

Saat itu tubuhnya sangat mungil, dan dalam sebuah foto yang beredar, Kante berukuran setengah dari rekan setimnya yang lain.

Dalam foto tersebut, timnya meraih juara. Kante jadi pemain terbaik pada turnamen itu.

 

3 dari 14 halaman

2. Latihan Naik Scooter

N'Golo Kante tampil impresif ketika Timnas Prancis bersua Timnas Belanda pada laga kedua Grup D Euro 2024 di Leipzig Stadium, Leipzig, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB. Sayangnya, Kante gagal membawa Prancis meraih kemenangan dan harus puas bermain imbang 0-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Setelah ditolak oleh serangkaian klub Ligue 1, ia menandatangani kontrak amatir dengan Boulogne.

Dia muncul untuk tim divisi 3 saat bepergian untuk berlatih dengan skuter anak-anak.

Selain sepak bola, ia mengambil kelas malam dan memenuhi syarat sebagai akuntan.

 

4 dari 14 halaman

3. Berteman dengan Tukang Cukur

Pemain Prancis, N'Golo Kante (tengah) bersama Antoine Griezmann merayakan kemenangan timnya atas Austria pada laga Grup D Euro 2024 di Duesseldorf Arena, Duesseldorf, Jerman, Selasa (18/06/2024) WIB. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Dia berteman dengan seorang tukang cukur yang kebetulan suporter Leicester di masjid setempat, dan secara teratur mengunjungi salonnya yang bernama Suez Canal Hairstylz.

Jika pemain lain rela menghamburkan uang banyak untuk sekali cukur, Kante hanya merogoh kocek £10.

 

5 dari 14 halaman

4. Mini Cooper

Pemain Prancis, N'Golo Kante (kanan) berebut bola dengan pemain Austria, Michael Gregoritsch pada laga Grup D Euro 2024 di Duesseldorf Arena, Duesseldorf, Jerman, Selasa (18/06/2024) WIB. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Setelah bergabung dengan Leicester pada tahun 2015, rekan satu tim Kante harus membujuknya untuk tidak berlari beberapa mil ke tempat latihan setiap hari.

Setelah setuju untuk tidak berangkat kerja, Kante memutuskan untuk berinvestasi pada kendaraan baru.

Saat rekan satu timnya memilih Bentley dan Range Rovers, Kante memilih Mini Cooper berwarna krem.

Dia bahkan terus memakainya untuk bertanding. Bahkan, ia tetap menggunakannya meski mobil yang ia kendarai ringsek setelah menyerempet bus.

 

6 dari 14 halaman

5. Teman yang Baik

Ketika pemain muda akademi Leicester, Cedric Kipre, diusir dari apartemennya, Kante mengizinkan pemain Prancis itu dan saudaranya datang dan tinggal bersamanya selama sebulan.

"Dia sungguh baik," Kipre menjelaskan, "Tidak ada orang yang lebih rendah hati daripada N'Golo."

 

7 dari 14 halaman

6. Transfer ke Rekening Biasa Saja

Gelandang Chelsea, N'Golo Kante mengangkat trofi Liga Champions saat merayakan juara usai mengalahkan Manchester City pada babak final Liga Champions di Stadion Dragao di Porto, Portugal, Minggu (30/5/2021). Chelsea menang tipis atas City dengan skor 1-0. (AP Photo/Manu Fernandez, Pool)

Setelah menandatangani kontrak dengan Chelsea, klub menawarkan untuk membayar gaji Kante ke rekening luar negeri.

Namun dia bersikeras untuk menerimanya di bank regulernya sehingga dia dapat membayar pajaknya secara penuh.

 

8 dari 14 halaman

7. Belanja Murah, Belanja Hemat

N'Golo Kante. Gelandang bertahan Prancis berusia 31 tahun yang didatangkan dari Leicester City pada awal musim 2016/2017 ini akan berakhir kontraknya bersama Chelsea pada Juni 2023. Sering dilanda cedera, musim ini ia hanya tampil dalam 2 laga di Liga Inggris. Meski masih ada lampu hijau untuk negosiasi dengan The Blues, Barcelona bersama Al Nassr dikabarkan amat tertarik untuk mendatangkannya pada bursa transfer musim dingin 2022/2023 ini. (AFP/Glyn Kirk)

Meskipun digaji £290,000 seminggu, Kante tetap berbelanja mingguan di Asda, sebuah supermarket biasa. Ia pernah ketahuan menyusuri lorong di tempat belanja tersebut dan saat ditanya, Kante menjawab, "Saya lagi cari diskon beli 2 gratis 1."

Kante juga tidak berminat menghabiskan uangnya untuk membeli steak tomahawk daun emas. Alih-alih, dia lebih memilih kue dan Sloppy Giuseppe di Pizza Express.

 

9 dari 14 halaman

8. Datang ke Pernikahan Warga Biasa

N'Golo Kante didatangkan Al Ittihad dari Chelsea dengan status bebas transfer setelah membela The Blues selama 7 musim sejak 2016/2017. Ia dikontrak Al Ittihad selama 3 tahun hingga 30 Juni 2026 dengan bayaran total hampir 100 juta euro atau setara Rp1,7 triliun. (twitter.com/ittihad)

Suatu hari Kante mendatangi sebuah restoran, dan pemiliknya kaget mengetahui sang gelandang mengunjungi restorannya. Ia kemudian mengundang Kante untuk datang pada acara pernikahan anaknya.

Benar saja, Kante memenuhi undangan tersebut dengan balutan cardigan terbaiknya, menghabiskan malam tersebut dengan meladeni perminataan foto serta mengobrol dengan tamu undangan lainnya.

 

10 dari 14 halaman

9. Main PS dengan Fans Arsenal

Gelandang Chelsea, N'Golo Kante mengontrol bola saat menghadapi Atletico Madrid pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 di Stamford Bridge, London (17/3/2021). N'Golo Kante menjadi gelandang andalan terbaru yang dilepas Chelsea secara gratis menjelang musim 2023/2024 bergulir. Al Ittihad akan menjadi klub terbarunya setelah membela The Blues selama 7 musim sejak didatangkan dari Leicester City pada 2016/2017 dengan nilai transfer 35,8 juta euro. Ia total bermain dalam 269 laga di semua ajang dengan torehan 13 gol dan 16 assist. (AFP/Ben Stansall)

Setelah ketinggalan bus ke Paris, Kante menemukan sebuah masjid di dekat Kings Cross untuk salat magrib.

Dia bertemu dengan seorang penggemar Arsenal, yang mengundangnya untuk makan malam.

Kante pulang bersama pria itu dan mereka memesan kari, bermain FIFA, dan menonton dirinya sendiri di program Match Of The Day.

 

11 dari 14 halaman

10. Ya Maaf

Pemain Arsenal Eddie Nketiah (kedua kanan) menendang dan mencetak gol di bawah tekanan pemain Chelsea N'Golo Kante pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Inggris, 20 April 2022. Arsenal menang 4-2. (AP Photo/Frank Augstein)

Secara tidak sengaja, Kante bertemu dengan pendukung Arsenal beberapa jam setelah Chelsea menang 3-2 melawan The Gunners.

Saat sang penggemar menjelaskan kekecewaannya, Kante meminta maaf kepadanya atas hasil tersebut.

 

12 dari 14 halaman

11. Kante Ketahuan Bermain Curang

Gelandang Prancis, N'Golo Kante, menggiring bola saat melawan Rusia pada laga persahabatan di Stadion St Petersburg, Rusia, Selasa (27/3/2018). Rusia kalah 1-3 dari Prancis. (AP/Dmitri Lovetsky)

Kante masih memiliki sifat licik juga, lho. Jadi saat bersama Timnas Prancis, Kylian Mbappe memergokinya berbuat curang di Uno.

Kante kemudian mengakui bahwa dia menggunakan "beberapa strategi kecil" untuk menang.

 

13 dari 14 halaman

12. Kalah, Bubar

Pemain Chelsea, N'Golo Kante berusaha mengontrol bola dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris 2021/2022 melawan West Ham United yang berlangsung di Stamford Bridge, Minggu (24/4/2022). NGolo Kante juga bakal berstatus penggangguran pada 1 Juli 2023. Gemuknya lini tengah Chelsea dengan gempuran pemain baru memungkin dirinya tidak akan diperpanjang kontraknya oleh Chelsea dan akan berstatus bebas transfer pada akhir musim ini. (AFP/Justin Tallis)

Sifat jenaka Kante selain curang saat main uno adalah ketika ia kalah saat bermain video game dengan Callum Hudson-Odoi.

Jadi, Kante kesal karena ia dibantai 0-4 oleh Hudson-Odoi. Dengan senyum khasnya, ia berjalan menuju konsol gim dan mematikannya.

Aduuhhh, ada-ada aja nih Kante!

14 dari 14 halaman

Si Paling Pemalu

Kante sejatinya masih diandalkan Timnas Prancis. Jika dalam kondisi bugar, ia diyakini akan dibawa ke Qatar. Di sisi lain, Kante cukup sering cedera pada musim 2021/2022 lalu melewatkan banyak laga bersama Chelsea. (AFP/Franck Fife)

Saat Prancis mengangkat Piala Dunia 2018, para pemainnya yang gembira bergiliran memamerkan trofi di sekitar lapangan.

Namun Kante terlalu malu untuk meminta giliran.

Jadi Steven N'Zonzi mengambil trofi tersebut dan menyodorkannya ke pelukan sang gelandang.

Berita Terkait