Fakta Unik Romelu Lukaku di Euro 2024: Statistiknya Bagus, tapi Kurang Beruntung

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 23 Jun 2024, 07:39 WIB
Selebrasi striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku setelah mencetak gol ke gawang Timnas Slovakia yang akhirnya dianulir wasit akibat lebih dahulu terperangkap offside setelah memeriksa rekaman VAR pada laga Grup E Euro 2024 di Waldstadion, Frankfurt, Jerman, Senin (17/6/2024). (AP Photo/Michael Probst)

Bola.com, Jakarta - Dua pertandingan sudah dijalani Timnas Belgia di Euro 2024. Namun, hingga kini belum satu pun gol diciptakan oleh sang bomber, Romelu Lukaku. Setidaknya, belum ada gol yang disahkan oleh wasit.

Timnas Belgia harus mengawali kiprah di Euro 2024 dengan kekalahan 0-1 dari Slovakia. Namun, The Red Devils mampu bangkit dan meraih kemenangan 2-0 atas Rumania pada pertandingan keduanya, Minggu (23/6/2024) dini hari WIB.

Advertisement

Dalam dua pertandingan tersebut, bomber utama Belgia, Romelu Lukaku, belum berhasil mencetak gol. Sejauh ini baru satu assist yang dicatatnya ketika memberikan umpan untuk gol cepat Youri Tielemans ke gawang Rumania.

Meski belum berhasil mencetak gol, faktanya Romelu Lukaku memiliki catatan statistik yang cukup baik di Euro 2024. Berikut catatannya:

2 dari 6 halaman

Paling Banyak Tembakan Akurat ke Gawang

Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku mencetak gol ke gawang Timnas Slovakia yang akhirnya kembali dianulir wasit akibat telah terjadi handball terlebih dahulu setelah memeriksa rekaman VAR pada laga Grup E Euro 2024 di Waldstadion, Frankfurt, Jerman, Senin (17/6/2024). (AP Photo/Michael Probst)

Dalam dua pertandingan Euro 2024, Romelu Lukaku berhasil menjadi pemain yang paling banyak melakukan tendangan akurat ke gawang lawan.

Tercatat, Romelu Lukaku membuat lima tembakan ke arah gawang dalam dua pertandingan. Catatan itu menjadi yang paling baik di antara pemain-pemain lain di Euro 2024.

Romelu Lukaku unggul satu angka ketimbang lima bintang Euro 2024 lainnya, seperti Kai Havertz, Patrik Schick, Alvaro Morata, Pierre-Emile Hojbjerg, dan Cristiano Ronaldo.

3 dari 6 halaman

Catatan Positif Lukaku

4 dari 6 halaman

Sial karena 3 Gol Dianulir

Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku mencetak gol ke gawang Timnas Slovakia yang akhirnya dianulir wasit akibat lebih dahulu terperangkap offside setelah memeriksa rekaman VAR pada laga Grup E Euro 2024 di Waldstadion, Frankfurt, Jerman, Senin (17/6/2024). (AP Photo/Themba Hadebe)

Namun, lewat dua pertandingan pertama Belgia itu pula, Romelu Lukaku menjadi pemain dengan catatan terbanyak dalam urusan gol dianulir.

Ya, striker Timnas Belgia itu tercatat sudah tiga kali mencetak gol ke gawang lawan di Euro 2024, tetapi semuanya dianulir oleh wasit.

Dua gol yang pertama terjadi ketika Belgia kalah 0-1 dari Slovakia. Dalam pertandingan itu, dua gol Romelu Lukaku untuk Belgia dianulir dengan alasan lebih dulu berada di posisi offside dan ada handball Belgia yang dilakukan pemain sebelum gol tercipta.

Sementara satu gol lain tercipta pada laga kontra Rumania. Dalam laga di mana Lukaku berhasil mencatatkan assist itu, ia juga sempat mencetak gol yang kemudian dianulir melalui VAR karena posisinya sudah lebih dulu offside.

 

 
5 dari 6 halaman

Catatan Buruk Lukaku

6 dari 6 halaman

Pujian dari Kevin de Bruyne

Performa Romelu Lukaku memang boleh dibilang cukup baik. Bahkan pujian pun dialamatkan oleh Kevin De Bruyne untuk bomber timnya tersebut.

"Romelu tampil hebat pada pertandingan ini. Dia sangat tidak egois, seperti yang Anda lihat ketika dia memberikan umpan kepada Youri," ujar Kevin de Bruyne mengenai Romelu Lukaku seperti dilansir dari situs UEFA.

"Bagi saya, dia menjalani turnamen yang hebat," lanjut kapten Timnas Belgia itu.

Sumber: Squawka

Berita Terkait