5 Gol Sekedipan Mata di Euro 2024: Gawang Lawan Terkoyak Sebelum Laga Genap Berumur 10 Menit

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 23 Jun 2024, 10:30 WIB
Gelandang Timnas Belgia, Youri Tielemans, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Rumania dalam laga Grup E Euro 2024 di Cologne Stadium, Minggu (23/6/2024) dini hari WIB. Belgia menang 2-0 atas Rumania dalam pertandingan ini. (Alberto PIZZOLI / AFP)

Bola.com, Jakarta - Matchday kedua Euro 2024 rampung digelar pada Minggu (23/6/2024) dini hari WIB. Artinya, sudah ada 24 laga yang digelar sejak kemenangan telak Jerman atas Skotlandia di laga pembuka. Menariknya cukup banyak gol tercipta begitu cepat, bahkan sebelum pertandingan genap berjalan 15 menit.

Bahkan pada laga pembuka Euro 2024, di mana Jerman menang 5-1 atas Skotlandia, gol pembuka kemenangan tim tuan rumah Piala Eropa itu tercipta saat laga baru berjalan 10 menit lewat Florian Wirtz.

Advertisement

Sementara yang terkini, Youri Tielemans mencetak gol pembuka kemenangan Belgia, yang menyikat Rumania dengan skor 2-0, ketika laga baru berjalan dua menit.

Sejauh ini, dari dua matchday pertama yang dijalani semua tim di Euro 2024, ada 61 gol tercipta dalam 24 pertandingan yang sudah berjalan.

Dalam hitungan Bola.com, dari 28 gol yang tercipta pada babak pertama pertandingan Euro 2024, ada 10 gol tercipta sebelum pertandingan genap berjalan 15 menit. Dari 10 gol tersebut, bahkan setengah di antaranya tercipta saat laga belum genap berusia 10 menit.

Kali ini Bola.com mengumpulkan gol-gol cepat yang sudah tercipta di Euro 2024 dengan parameter tercipta sebelum laga berjalan 10 menit.

 
2 dari 6 halaman

Nedim Bajrami (Albania)

Sejarah kembali tercipta di Euro 2024. Pemain Albania, Nedim Bajrami menorehkan tinta emas dengan mencetak gol tercepat dalam sejarah perhelatan Piala Eropa saat membobol gawang Italia. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Timnas Italia memulai kiprah di Euro 2024 dengan kemenangan 2-1 atas Albania. Menariknya, Gli Azzurri menang setelah lebih dulu dikejutkan oleh gol cepat Albania.

Adalah Nedim Bajrami, pencetak gol tercepat di Euro 2024 hingga sejauh ini. Ia mencetak gol pada menit pertama untuk Albania, tepatnya saat laga baru berjalan 23 detik.

Gol ini pun kini menjadi gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa.

3 dari 6 halaman

Youri Tielemans (Belgia)

Gelandang Belgia Youri Tielemans saat mencetak gol ke gawang Rumania pada laga kedua grup E di stadion Rhein Energie (AP)

Kemudian ada gol pembuka kemenangan Belgia atas Rumania di pertandingan matchday kedua Grup E Euro 2024, Minggu (23/6/2024) dini hari WIB. Youri Tielemans adalah pencetak gol yang tercipta saat laga belum genap berjalan dua menit.

Mendapatkan umpan dinding dari Romelu Lukaku, pemain Aston Villa itu melepas tembakan dari luar kotak penalti yang meluncur masuk ke gawang Rumania.

4 dari 6 halaman

Ivan Schranz (Slovakia)

Selebrasi para pemain Timnas Slovakia merayakan gol ke gawang Timnas Belgia yang dicetak Ivan Schranz (kanan) pada laga Grup E Euro 2024 di Waldstadion, Frankfurt, Jerman, Senin (17/6/2024). (AP Photo/Darko Vojinovic)

Sebelum Belgia menang 2-0 atas Rumania, tim berjulukan The Red Devils itu lebih dulu kalah 0-1 dari Slovakia pada laga pertamanya di Euro 2024.

Dalam pertandingan tersebut, juga tercipta gol cepat. Ya, satu-satunya gol Slovakia dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Ivan Schranz saat laga baru berjalan tujuh menit.

Ivan Schranz saat ini sudah mencetak gol, di mana ia mencetak gol keduanya juga cukup cepat, yaitu pada menit ketujuh pertandingan melawan Ukraina, di mana Slovakia kalah 1-2.

5 dari 6 halaman

Gernot Trauner (Austria)

Bek Timnas Austria, Gernot Trauner, saat mencetak gol pembuka kemenangan atas Polandia dalam laga Grup D Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, 21 Juni 2024. (JOHN MACDOUGALL / AFP)

Gol cepat berikutnya datang dari bek Timnas Austria, Gernot Trauner, yang mencetak gol pembuka kemenangan 3-1 atas Polandia dalam laga matchday kedua Grup D Euro 2024.

Gol tandukan kepala yang dicetak bek tengah Austria itu tercipta saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Gol ini menjadi pembuka kemenangan pertama Austria di turnamen Piala Eropa yang sedang digelar di Jerman itu.

6 dari 6 halaman

Florian Wirtz

Bintang Timnas Jerman, Florian Wirtz. (Bola.com/Dok.Fabrice COFFRINI / AFP).

Gol yang lahir dalam laga pembuka Euro 2024 ini juga masuk dalam daftar gol cepat di Euro 2024. Florian Wirtz menjebol gawang Skotlandia untuk membuka keunggulan tim tuan rumah pada matchday pertama.

Jerman pada akhirnya menang telak 5-1 atas Skotlandia.

Berita Terkait