3 Pemain Ganas yang Mendadak Mati Kutu di Euro 2024: Termasuk Cristiano Ronaldo!

oleh Choki Sihotang diperbarui 23 Jun 2024, 21:45 WIB
Timnas Portugal memastikan langkahnya melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah mencatat kemenangan keduanya di Grup F dengan membungkam Turki 3-0 di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman, Sabtu (22/6/2024) malam WIB. Ketiga gol jawara Euro 2016 tersebut di cetak lewat Bernardo Silva (21'), bunuh diri Samet Akaydin (26') dan Bruno Fernandes (56'). Meski tak mencetak gol, sang megabintang Cristiano Ronaldo kembali mencetak assist untuk gol Bruno Fernandes dalam laga tersebut. Hingga rampungnya matchday kedua, Portugal menjadi kontestan ketiga yang memastikan melaju ke babak 16 besar setelah Jerman dan Spanyol. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Bola.com, Jakarta - Portugal boleh bangga karena sudah memastikan diri lolos babak 16 besar Euro 2024. Kepastian tersebut mereka kantongi setelah pada laga kedua Grup F kembali meraup kemenangan 3-0 atas Turki di BVB Stadion Dortmund, Sabtu (22/6).

Sebelumnya, pada laga pertama Grup F Euro 2024 Selecao das Quinas juga tampil ganas dengan mengalahkan Ceko 2-1. Dua kemenangan dengan torehan enam poin ini sudah cukup bagi tim besutan Roberto Martínez untuk melangkah ke fase selanjutnya.

Advertisement

Portugal akan melakoni laga terakhir Grup F pada Rabu (26/6), dimana mereka akan ditantang Georgia penghuni dasar klasemen.

Sayangnya, kedigdayaan Portugal tidak dibarengi penampilan kapten sekaligus pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo. Dalam dua laga tersebut, pemilik lima Ballon d'Or itu sama sekali belum mencetak gol.

Dari lima gol yang berhasil disarangkan Portugal, tak satu pun lahir dari veteran yang kini berusia 39 tahun itu.

Nirgol di pentas bergengsi tentu saja menjadi "aib" tersendiri bagi seorang superstar sekelas Ronaldo. Meski begitu, Ronaldo masih layak diacungi jempol.

Assist manisnya ke Bruno Fernandes dalam kemenangan 3-0 atas Turki membuat eks mesin gol Manchester United dan Juventus itu menjadi pemain yang paling banyak memberikan assist dalam sejarah Euro dengan tujuh assist.

Selain Cristiano Ronaldo, siapa lagi pemain beken yang mati kutu tanpa sebiji gol pun di pentas Euro 2024?

2 dari 3 halaman

Toni Kroos (Jerman)

Pemain Jerman, Toni Kroos, saat melawan Prancis pada laga persahabatan di Stadion Groupama, Minggu (24/3/2024). jerman menang dengan skor 2-0. (AP Photo/Laurent Cipriani)

Jerman merupakan tim yang paling produktif mendulang gol. Hanya dalam dua laga Grup A Euro 2024, tuan rumah sudah mengepak tujuh gol. Pertama mereka menggasak Skotlandia 5-1 dan kemudian menggebuk Hungaria dua gol tanpa balas.

Gol-gol Jerman masing-masing dicetak oleh Jamal Musiala (2), Emre Can (1), Kai Havertz (1), Niclas Füllkrug (1), Florian Wirtz (1), dan lkay Gündoğan (1). Sedangkan sebiji gol lagi merupakan gol bunuh diri pemain lawan.

Dari daftar nama, tak ada nama Toni Kroos. Fans berharap, gelandang 34 tahun ini bisa menyudahi puasa golnya setidaknya kala bentrok kontra Swiss pada laga pamungkas Grup A, Senin (25/6) dini hari WIB.

Kroos sudah tampil dalam 109 laga bareng Timnas Jerman. Sebanyak itu, ia sukses mengantongi 17 gol. Akan tetapi, di ajang Euro, bintang Real Madrid ini belum pernah mencatatkan namanya di papan skor.

Jadi, sangat disayangkan jika di momen terakhirnya di Euro 2024, Toni Kroos tak jua mencetak gol.

3 dari 3 halaman

Memphis Depay (Belanda)

Pemain Timnas Belanda, Memphis Depay melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Timnas Gibraltar pada laga Grup B Kualifikasi Euro 2024 di Feyenoord Stadium, Rotterdam, Belanda, Selasa (28/03/2023) WIB. De Oranje menang dengan skor 3-0. (AFP/John Thys)

Nama besar lain yang masih mati kutu di jantung pertahanan lawan adalah striker Belanda, Memphis Depay. Dalam dua laga di Grup D, Memphis Depay belum juga pecah telur.

Gol yang diharapkan pelatih Ronald Koeman dari tombak berusia 30 tahun itu belum jua tersaji. Padahal, penempatannya sebagai mesin gol utama di starting XI Belanda, Memphis Depay tentu sudah lewat pertimbangan matang.

Pengalaman panjang bersama klub-klub tenar, macam Manchester United, Barcelona, dan Atletico Madrid membuktikan kalau Memphis Depay masih striker terhebat di Belanda.

Saat mengalahkan Polandia 2-1, dua gol De Oranje dicetak oleh Cody Gakpo dan Wout Weghorst. Pun begitu ketika Belanda ditahan imbang 0-0 oleh Prancis, Memphis Depay tak bisa berkutik. Semoga, di laga selanjutnya, Memphis Depay mencetak gol.

Berita Terkait