Euro 2024: Bukan Mandek Regenerasi, Portugal Memang Masih Butuh Sosok Cristiano Ronaldo

oleh Hery Kurniawan diperbarui 24 Jun 2024, 07:15 WIB
Timnas Portugal memastikan langkahnya melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah mencatat kemenangan keduanya di Grup F dengan membungkam Turki 3-0 di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman, Sabtu (22/6/2024) malam WIB. Ketiga gol jawara Euro 2016 tersebut di cetak lewat Bernardo Silva (21'), bunuh diri Samet Akaydin (26') dan Bruno Fernandes (56'). Meski tak mencetak gol, sang megabintang Cristiano Ronaldo kembali mencetak assist untuk gol Bruno Fernandes dalam laga tersebut. Hingga rampungnya matchday kedua, Portugal menjadi kontestan ketiga yang memastikan melaju ke babak 16 besar setelah Jerman dan Spanyol. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Bola.com, Jakarta - Bersama Lionel Messi, Cristiano Ronaldo menguasai sepak bola dunia dalam 15 hingga 20 tahun terakhir. Keduanya kerap berbagi panggung di level tertinggi.

Dalam kesempatan kali ini, Bola.com ingin membahas satu di antara mereka. Kita akan membahas sedikit mengenai Cristiano Ronaldo.

Advertisement

Cristiano Ronaldo membuktikan sebagai pemain yang luar biasa. Pada usia yang lebih dari 39 tahun, CR7 masih menjadi andalan di lini depan Timnas Portugal.

Bahkan, saat ini Cristiano Ronaldo masih diharapkan menjadi juru gedor utama Timnas Portugal di Euro 2024. Penampilan Selecao das Aquinas pun apik sejauh ini.

Timnas Portugal mampu mendapatkan tempat di babak 16 besar Euro 2024. Jalan untuk menuju gelar kedua di ajang Euro setelah gelar pertama yang mereka raih di Paris pada 2016.

 

2 dari 5 halaman

Masih Dibutuhkan

Beberapa penonton merangsek masuk lapangan untuk berfoto bersama pemain Portugal, Cristiano Ronaldo. (INA FASSBENDER/AFP)

Meski sudah mendekati kepala empat, sosok Cristiano Ronaldo masih sangat dibutuhkan Timnas Portugal. Meski harus diakui banyak hal dari permainan Ronaldo sudah menurun.

Terutama kecepatan dan instingnya. Namun, ada satu hal yang masih sangat terlihat dari sosok Cristiano Ronaldo.

Jiwa kepemimpinan Cristiano Ronaldo masih sangat bagus. Ronaldo bisa memotivasi para pemain muda yang saat ini dimiliki oleh Timnas Portugal.

3 dari 5 halaman

Api Masih Membara

Cristiano Ronaldo semakin mengukuhkan status legendarisnya di sepak bola Eropa. Striker 39 tahun itu mengukir rekor sebagai pemain pertama yang tampil di enam edisi Euro atau Kejuaraan Eropa. (AFP/John Macdougal)

Cristiano Ronaldo sudah meraih semua gelar baik individu maupun tim di level klub. Bisa dikatakan, seharusnya sebagai pemain dia sudah sangat khatam.

Namun, bara semangat Cristiano Ronaldo masih sangat membara. Eks pemain Real Madrid, Sporting Lisbon, Manchester United, dan Juventus itu masih sangat bersemangat di lapangan.

Beberapa waktu lalu ada sebuah foto viral yang memperlihatkan semangat Ronaldo itu. Pemain Al Nassr itu tampak sudah bersiap berlari kencang meski kick-off pertandingan Timnas Portugal belum dilakukan.

4 dari 5 halaman

Belum Muncul

Pemain Portugal, Cristiano Ronaldo, bersama Pepe merayakan kemenangan atas Republik Ceko dalam duel matchday 1 Grup F Euro 2024, Rabu (19/6/2024). (AFP/Gabriel Bouys)

Ada satu alasan lain yang membuat Cristiano Ronaldo masih sangat dibutuhkan di Timnas Portugal. Selecao das Aquinas masih belum memiliki sosok striker top lain.

Goncalo Ramos, Joao Felix, atau Francisco Conceicao memang menjalankan. Namun, level mereka masih jauh di bawah Cristiano Ronaldo.

Bahkan, ketiga penyerang itu masih harus bekerja sangat keras untuk mendekati level legenda Portugal lain seperti Pedro Pauleta.

5 dari 5 halaman

Bergelimang Rekor

Cristiano Ronaldo saat mencoba untuk mencetak gol ke gawang Turki di pertandingan kedua grup F Euro 2024 di stadion Signal Iduna Park (AP)

Cristiano Ronaldo memiliki catatan hebat di ajang Euro. Striker yang kini bermain untuk Al Nassr itu sudah meraih satu gelar juara di ajang itu.

Selain itu, Cristiano Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang enam kali bermain di putaran final Euro. Ronaldo juga menjadi pencatat penampilan terbanyak dengan 27 kali bermain.

Dengan torehan 14 gol, Cristiano Ronaldo juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Euro. Tak hanya itu, CR7 juga menjadi pemberi assist terbanyak dengan tujuh assist. 

 

Berita Terkait