Piala AFF U-16 2024: Timnas Indonesia U-16 Wajib Waspada, Nova Arianto Ungkap Potensi Motivasi Tinggi dan Kebangkitan Filipina

oleh Radifa Arsa diperbarui 23 Jun 2024, 22:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, saat mendampingi latihan para pemainnya di Stadion UNS, Solo, Minggu (23/6/2024), jelang laga kontra Filipina pada lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memastikan bahwa timnya tidak akan memandang remeh Timnas Filipina U-16 saat berjumpa pada pertandingan lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2024.

Menurut jadwal, bentrok antara Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 pada laga kedua Grup A ini bakal terselenggara di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) pukul 19.30 malam WIB.

Advertisement

Sebelum duel ini, The Young Azkals memang harus menjelang kekalahan yang menyakitkan dari Laos pada laga perdana. Tim asuhan Yuki Matsuda itu dihajar tiga gol tanpa balas pada laga pembuka Grup A.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-16 yang menghadapi Singapura U-16 pada laga pertama sukses unggul 3-0. Kemenangan ini membuat Indonesia dan Laos bersaing ketat di klasemen Grup A.

 

2 dari 4 halaman

Harus Berhati-hati

Para pemain Timnas Indonesia U-16 melangsungkan sesi latihan terakhir di Stadion UNS, Solo, Minggu (23/6/2024) malam WIB, sebelum laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2024 melawan Filipina. (Bola.com/Radifa Arsa)

Nova Arianto menegaskan, anak asuhnya harus tetap mengantisipasi kebangkitan Filipina U-16 pada pertemuan nanti.

Sebab, meski kalah pada laga perdana, The Young Azkals juga masih ingin memperjuangkan nasibnya di kejuaraan ini.

Oleh karena itu, skuad Garuda Muda harus tetap waspada. Sebab, menurut Nova, Timnas Indonesia U-16 berpotensi menghadapi kesulitan saat menghadapi Filipina yang ingin mengukir kebangkitan.

“Filipina pasti setelah kalah dari Laos pada pertandingan pertama, mereka pastinya punya motivasi yang lebih besar ya,” kata Nova Arianto saat ditemui di Stadion UNS, Solo, Minggu (23/6/2024).

“Karena, setelah kalah, mereka pasti juga ingin lolos dari fase grup ini. Saya pikir kami harus tetap mengantisipasi kebangkitan dari Filipina yang bisa menyulitkan kami nantinya,” tambahnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kantongi Kekuatan Lawan

Juru taktik berusia 44 tahun itu menjelaskan, timnya sudah berusaha memperbaiki catatan evaluasi pada laga melawan Singapura. Dari laga itu, ada beberapa kekurangan yang mesti diperbaiki.

Menurut Nova, timnya sudah berusaha memetakan kekuatan The Young Azkals. Apalagi, pihaknya sudah menganalisis performa Filipina saat mereka dihajar Laos tiga gol tanpa balas.

“Untuk persiapan pastinya kami melakukan evaluasi apa yang menjadi kekurangan dari penampilan kami ketika menghadapi Singapura pada pertandingan perdana,” ujar Nova Arianto.

“Kedua, kami juga mengantisipasi apa yang akan dilakukan Filipina. Karena, kami melihat pertandingan mereka melawan Laos. Jadi, setidaknya kami mengetahui apa yang akan dilakukan Filipina,” lanjutnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Persaingan Grup A

Meraih poin penuh saat menghadapi Filipina U-16 jelas menjadi misi harga mati bagi Timnas Indonesia U-16. Sebab, hasil maksimal diperlukan untuk menjaga posisinya tetap aman dalam bersaing di Grup A.

Skuad Garuda Muda harus mampu mengamankan tiga poin pada laga kedua ini. Pasalnya, ini menjadi modal berharga sebelum Muhammad Mierza dan kawan-kawan menghadapi Laos pada laga penentuan.

Berita Terkait