Euro 2024: Julian Nagelsmann Puas Jerman Dapat Sebiji Poin dari Swiss, Puji Niclas Fullkrug sebagai Supersub!

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 24 Jun 2024, 09:30 WIB
Pelatih Jerman Julian Nagelsmann. (AP)

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman meraih hasil imbang 1-1 saat menghadapi Swiss dalam laga terakhir Grup A Euro 2024, Senin (24/6/2024) dini hari WIB. Pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, menyebut satu poin sudah cukup memuaskan bagi Jerman dan memuji kontribusi nyata Niclas Fullkrug sebagai seorang supersub.

Timnas Jerman sempat tertinggal lebih dulu dari Swiss lewat gol yang dicetak Dan Ndoye pada menit ke-28. Penyerang sayap Swiss itu memotong bola umpan Remo Fleuler yang sudah akan disambut oleh kiper Jerman, Manuel Neuer.

Advertisement

Jerman sendiri baru berhasil menyamakan kedudukan pada masa injury time. Tandukan Niclas Fullkrug, memaksimalkan umpan David Raum, berhasil memaksa Yann Sommer mengambil bola dari dalam gawang Swiss dan membuat kedudukan jadi imbang 1-1.

Pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, menegaskan bahwa satu poin yang diraih oleh Jerman dalam laga kontra Swiss memang layak, di mana tim asuhannya berjuang hingga menit akhir untuk bisa mendapatkannya.

"Pada akhirnya ini adalah poin yang sangat layak. Tentu saja Anda mengambil risiko dan bisa kebobolan. Kami tampil baik untuk bangkit, kami pantas menyamakan kedudukan," ujar Julian Nagelsmann seperti dilansir dari UEFA.

"Swiss adalah lawan yang hebat, dan ini adalah pertandingan yang menghibur. Kami tampil baik secara taktikal," lanjut pelatih Timnas Jerman itu.

 

 

 
2 dari 3 halaman

Pujian untuk Fullkrug

Penyerang Jerman Niclas Fuellkrug berselebrasi setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Swiss pada matchday terakhir Grup A Euro 2024 di Frankfurt Arena pada Senin (24/6/2024) dinihari WIB. (AP Photo/Frank Augstein)

Julian Nagelsmann kemudian memberikan pujian kepada Niclas Fullkrug yang berhasil menjebol gawang Swiss untuk bisa mebantu Jerman terhindar dari kekalahan.

Ini merupakan gol kedua Fullkrug di Euro 2024. Artinya sudah dua kali Fullkrug masuk sebagai supersub dan memberikan gol untuk Die Mannschaft.

"Ia mencetak gol lagi, sebuah gol yang bagus. Ia pemain penting bagi kami. Tentu kami senang bisa memiliki pemain seperti ini, yang bisa kami mainkan dari bangku cadangan," ujar Nagelsmann.

"Penting memiliki pemain yang bisa mencetak gol penentu saat masuk sebagai pemain pengganti. Kami menganalisis lawan untuk memilih starting lineup dan kemudian Anda bisa membawa pemain yang berbeda dari bangku cadangan," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Jerman Menunggu Lawan di 16 Besar

Pemain Jerman merayakan gol yang dicetak Niclas Fullkrug dalam menit akhir pertandingan melawan Swiss di Grup A Euro 2024 yang digelar di Frankfurt Arena, Senin (24/6/2024) dini hari WIB. Jeman dan Swiss bermain imbang 1-1 dan sama-sama lolos ke 16 besar Euro 2024. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Timnas Jerman lolos ke 16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup A. Dengan begitu, Jerman akan bermain di BVB Stadium, Dortmund, pada Minggu (30/6/2024) dini hari WIB.

Lawan yang akan dihadapi oleh Jerman adalah runner-up Grup C. Potensi empat tim di Grup C untuk menjadi lawan Jerman selanjutnya masih terbuka.

Persaingan antara Inggris, Denmark, Slovenia, dan Serbia masih sangat ketat, di mana keempat tim masih punya peluang lolos dan juga masih punya peluang tersingkir.

Sumber: UEFA