Rapor Pemain Timnas Indonesia U-16 saat Menggasak Filipina di Piala AFF U-16 2024: Konsistensi 4 Pilar Kunci yang Tak Terganti

oleh Radifa Arsa diperbarui 25 Jun 2024, 10:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 menyapa para suporter Timnas Indonesia yang hadir di Stadion Manahan, Solo, saat laga kontra Filipina, Senin (24/6/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia U-16 masih belum terbendung saat menghadapi Timnas Filipina U-16 pada pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-16 2024. Sejumlah pemain mencatatkan rapor yang oke pada laga ini.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) malam WIB itu, pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menurunkan komposisi pemain yang sangat berbeda dari laga perdana.

Advertisement

Setidaknya, hanya empat pemain yang dipertahankan sebagai starter. Para pemain inilah yang menjadi tulang punggung skuad Garuda Muda di masing-masing lini. Selain itu, para pemain lain juga tampil oke saat mendapatkan kesempatan.

Bahkan, pemain yang baru diturunkan pada babak kedua juga tak ingin ketinggalan untuk mengambil peran. Ada striker andalan Timnas Indonesia U-16 yang sukses mengukir brace untuk membawa timnya menang 3-0.

Berikut Bola.com menyajikan rapornya:

 
2 dari 5 halaman

Barisan Pertahanan

Pemain bertahan Timnas Indonesia U-16, Andi Faith Jamaludin Rachman, berduel udara dengan pemain Filipina dalam laga Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024) malam WIB. (Bola.com/Radifa Arsa)

Perubahan yang tersaji di sektor pertahanan memang belum begitu mendapatkan ujian. Dari dua pertandingan awal ini, area pertahanan Timnas Indonesia U-16 memang cenderung minim ancaman dari lawan.

Untuk laga ini, Nova Arianto menurunkan duet I Putu Panji dan Putu Cahya. Dua pemain asal Bali United ini cukup disiplin dalam mengantisipasi serangan balik cepat yang dilancarkan oleh Filipina.

Kredit khusus layak diberikan kepada I Putu Panji. Pemain yang juga mengemban tugas sebagai kapten Timnas Indonesia U-16 ini memiliki ketenangan, baik saat menguasai bola maupun memasang mode defensif.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Gelandang Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024, Evandra Florasta. (Bola.com/Radifa Arsa)

Komposisi lini tengah Timnas Indonesia U-16 mengalami perubahan pada laga ini. Namun, satu-satunya pemain yang tetap dipertahankan untuk tampil pada duel melawan Filipina U-16 ialah Evandra Florasta.

Pemain bernomor punggung enam ini menjadi nyawa di balik permainan skuad Garuda Muda. Kali ini, Evandra berduet dengan gelandang diaspora asal Amerika Serikat, Lucas Raphael Lee. Namun, yang tampil mencolok tetap Evandra.

Pergerakannya sangat fleksibel dalam mengisi berbagai ruang. Pemain asal klub Bhayangkara FC U-16 ini sukses menyumbang satu gol untuk menambah pundi-pundi golnya di Piala AFF U-16 2024.

4 dari 5 halaman

Ujung Tombak

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Muhammad Mierza Firjatullah, melepaskan tembakan di depan kiper Filipina dalam laga Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024).

Lini depan Timnas Indonesia U-16 sempat mengalami kebuntuan pada babak pertama. Saat mengurung penuh pertahanan Filipina U-16 yang menerapkan low-block defense, Garuda Muda kesulitan memecah kebuntuan

Baru pada babak kedua, gol demi gol skuad Garuda Muda mengalir. Salah satu pemain yang paling mencuri perhatian pada babak kedua ialah Muhammad Mierza Firjatullah. Dia sukses mencetak dua gol saat turun dari bangku cadangan.

Selain Mierza, pemain depan lainnya yang tampil oke ialah Fadly Alberto Hengga. Salah satu gol Mierza pada laga ini lahir lewat umpan terobosan Alberto yang cermat melihat pergerakan tanpa bola rekannya tersebut.

5 dari 5 halaman

Pemain Mencuri Perhatian

Pemain Timnas Indonesia U-16, Fandi Ahmad, berusaha lepas dari pengawalan pemain Filipina U-16 pada Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Ada sejumlah pemain yang layak mendapatkan apresiasi khusus pada pertandingan ini. Salah satunya yakni Fandi Ahmad, gelandang serang asal Persija Jakarta U-16 yang turun sebagai starter pada duel melawan Filipina.

Fandi tampil sangat oke dalam mengalirkan bola ke area final third. Pemain bernomor punggung 21 ini tak hanya dibekali kemampuan olah bola yang oke, tetapi juga umpan-umpan akurat.

Selain itu, pemain lain yang kembali mencatatkan statistik oke ialah Nur Ichsan. Penjaga gawang berusia 16 tahun ini sukses mengukir clean sheet keduanya di ajang Piala AFF U-16 2024.

Berita Terkait