Rumor Shin Tae-yong Jadi Calon Pelatih Korea Selatan, PSSI: KFA Belum Resmi Bilang Tertarik

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 25 Jun 2024, 15:45 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan gestur 'finger hearth' ke arah para penonton setelah laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/03/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, buka suara terkait rumor pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjadi kandidat nakhoda Timnas Korea Selatan.

Arya belum mendengar ketertarikan dari Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) yang sedang mencari pelatih tetap, kepada Shin Tae-yong.

Advertisement

Korea Selatan belum mempunyai nakhoda permanen setelah memecat Jurgen Klinsmann pada Februari 2024. Son Heung-min dkk. masih ditangani Kim Do-hoon selaku caretaker.

Kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan berakhir pada 30 Juni 2024. Arsitek berusia 53 tahun itu tidak kunjung memperpanjang kontraknya.

 
2 dari 4 halaman

Jawaban PSSI

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga,dalam Diskusi Refleksi 94 Tahun PSSI di GBK Arena, Jakarta, Sabtu (11/5/2024) (Bola.com/Syahkist Afi Daib)

"Tolong tidak usah banyak ini itu," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga dalam diskusi APPI dengan PSSI Pers di GBK Arena, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

"Dari KFA juga belum ada resmi mengatakan kalau mereka tertarik dengan Shin Tae-yong, belum ada. Ini terlalu banyak isu. Shin Tae-yong lagi sakit," ungkapnya.

Saat ini, Shin Tae-yong sedang berada di kampung halamannya, Korea Selatan, sejak 14 Juni 2024. PSSI mengabarkan arsitek asal Korea Selatan itu tengah sakit.

3 dari 4 halaman

Panaskan Rumor

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan arahan kepada anak asuhnya saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelumnya, media Korea Selatan, Best Eleven, memanaskan rumor Shin Tae-yong dapat menjadi calon pelatih Timnas Korea Selatan setelah tidak kunjung menandatangani kontrak baru bersama Timnas Indonesia.

Best Eleven menurunkan artikel berjudul "Tajuk Sepak Bola Kim Tae-sok, Nama yang Jarang Disebut untuk Calon Pelatih Tim Nasional Berikutnya, Siapa pun yang Dipilih Akan Mendapat Perhatian Besar" pada Kamis (20/6/2024).

Kolom yang dibuat oleh Kim Tae-sok selaku jurnalis Best Eleven itu membahas tentang garis besar pelatih Korea Selatan selanjutnya setelah KFA memecat Jurgen Klinsmann pada Februari 2024.

4 dari 4 halaman

Ulasan Media Korea Selatan

Reaksi kecewa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Pada Mei 2024, seorang pelatih Liga Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya juga mengungkapkan pendapat pribadi bahwa jika sulit untuk memilih pelatih asing dan pelatih Korea Selatan di K-League tidak bisa dipilih, pilihan yang paling masuk akal adalah pelatih Shin Tae-yong," imbuh Kim Tae-sok.

"Meskipun dia menambahkan bahwa ada isu perpanjangan kontrak dengan Timnas Indonesia, di dunia sepak bola, semua kemungkinan tetap terbuka hingga kontrak ditandatangani, sehingga pandangannya cukup masuk akal."

"Jika perpanjangan kontrak tidak terjadi, kontrak pelatih Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia akan berakhir bulan ini, memberikan lebih banyak pilihan bagi pelatih Shin," tutur Kim Tae-sok.

Berita Terkait