Cerita Ragnar Oratmangoen Ketika Golnya buat Timnas Indonesia Dicuri Jay Idzes

oleh Choki Sihotang diperbarui 26 Jun 2024, 05:00 WIB
Ekspresi pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen saat melawan Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Ragnar Oratmangoen mengenang debutnya bersama Timnas Indonesia dalam kemenangan telak atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, pada 26 Maret lalu.

Dalam laga Grup F putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu, Timnas Indonesia tampil impresif dengan kemenangan tiga gol tanpa balas.

Advertisement

Pada laga tersebut, trigol Indonesia masing-masing dicetak oleh Jay Idzes pada menit kesembilan, Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23, dan Ramadhan Sananta pada menit ke-90+8.

Ternyata, menurut Ragnar Oratmangoen, ia seharusnya mencetak dua gol. Soalnya, bola yang disundul Jay Idzes, yang memaksimalkan sepak pojok Thom Haye, sempat menyentuh kakinya.

"Hanya satu gol yang dicatat dengan nama saya, tapi sebenarnya saya mencetak dua gol," kata Ragnar Oratmangoen via kanal YouTube Sport77 Official.

"Bola dari Jay saya teruskan, kamu lihat kan? Tapi tercatat hanya satu gol. Tak apa-apa," imbuh Ragnar Oratmangoen sambil tersenyum.

Kamu menyentuhnya? Tanya Riphan Pradipta, host Sport77 Official. "Ya," jawab pemain naturalisasi berdarah Maluku itu.

"Tidak ada yang lihat. Tapi ketika selebrasi, saya menghampiri Jay dan dan bilang kepadanya,'saya menyentuhnya dan kamu tahu'. Dia bilang,'tidak ada yang lihat'," ungkap winger 26 tahun itu, kembali tertawa.

"Setelah itu saya mencetak gol dan saya sangat senang gol itu milik Jay Idzes," imbuh pemain kepunyaan Groningen.

 

2 dari 3 halaman

Bahagia Lakoni Debut bersama Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh Stadium, Vietnam, Selasa (26/03/2024). (AFP)

Ragnar Oratmangoen senang dan bangga bisa melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia dengan gemilang. Itu bukti kalau PSSI tak sia-sia menjadikannya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 18 Maret 2024.

"Itu gol yang sangat baik, saya sangat senang," kata Ragnar Oratmangoen, mengomentari sebiji golnya ke gawang Vietnam.

Ragnar Oratmangoen dan Jay Idzes sudah berteman lama. Keduanya pernah berada dalam klub yang sama, Go Ahead Eagles. Ragnar Oratmangoen bermain di sana dari 2021 hingga 2022, sedangkan Jay Idzes dari 2020 sampai 2023.

Jay Idzes pulalah salah satu orang yang meyakinkan Ragnar Oratmangoen di balik keinginan rekannya itu untuk dinaturalisasi PSSI.

"Saya beberapa kali ditelepon oleh Pak Hamdan, tapi pada akhirnya Fardy (Bachdim) dan Jay Idzes yang memberitahukan kepada saya ke federasi dan mereka datang kepada saya," kata Ragnar Oratmangoen.

 

3 dari 3 halaman

Lebih Dekat Menuju Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh Stadium, Vietnam, Selasa (26/03/2024). (AFP)

Adapun Indonesia kini tengah bersiap melakoni laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jika tak ada aral melintang, putaran ketiga akan dimulai pada 5 September mendatang.

Indonesia, bersama 17 negara lainnya, akan saling tikam demi menjaga kans ke fase selanjutnya. Bagi Indonesia, Ragnar Oratmangoen dan Jay Idzes merupakan dua pemain andalan yang kontribusinya sangat diharapkan.

Semoga, kedua pemain ini bisa membawa Tim Garuda terbang lebih tinggi dan akhirnya menorehkan sejarah dengan cara mengamankan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2026. Amin!

Berita Terkait