3 Pemain yang Kariernya Oke di Timnas Indonesia dan Menunggu Bersinar di Klub: Ayo Anak Muda, Kamu Bisa!

oleh Hery Kurniawan diperbarui 26 Jun 2024, 15:08 WIB
Ilustrasi - Di Timnas Ok di Klub Memble: Rafael Struick, Pratama Arhan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia secara umum mampu mengalami peningkatan performa yang apik. Tim Garuda terus merangkak naik di peringkat FIFA.

Terbaru, Timnas Indonesia pun mampu melaju ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim asuhan Shin Tae-yong itu semakin dekat berlaga di pentas Dunia.

Advertisement

Selain itu Timnas Indonesia juga mampu melaju ke putaran final Piala Asia 2027. Ajang itu akan digelar di Arab Saudi.

Performa pemain Timnas Indonesia pun menjadi perhatian. Mereka kerap tampil maksimal saat membela Tim Garuda.

Namun, beberapa dari mereka justru memiliki performa yang biasa saja di level klub. Siapa saja pemain itu?

2 dari 4 halaman

Rafael Struick

Pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick (kanan) berduel udara dengan seorang pemain Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rafael Struick bisa dikatakan sebagai penyerang utama Timnas Indonesia saat ini. Pemain berusia 21 tahun itu bahkan sudah mencetak 12 caps.

Namun, di level klub, Rafael Struick kesulitan mendapatkan menit bermain di Ado Den Haag. Di sepanjang 2023/2024, Struick hanya bermain 11 kali dengan total 600 menit untuk Den Haag.

 

3 dari 4 halaman

Pratama Arhan

Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan melakukan selebrasi setelah berhasil mencetak gol penentu kemenangan pada babak adu penalti dalam laga perempat final Piala Asia U-23 2024 melawan Korea Selatan U-23 di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat (26/04/2024) WIB. (Dok. PSSI)

Pratama Arhan konsisten menjadi sosok penting di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Arhan pun memiliki kemampuan spesial dalam hal lemparan ke dalam.

Namun, di level klub, Pratama Arhan masih memble. Pemain berusia 22 tahun itu sangat sulit mendapatkan kesempatan bermain di Tokyo Verdy.

Setelah pindah ke Suwon FC, Pratama Arhan pun masih belum mendapatkan menit bermain yang layak.

4 dari 4 halaman

Ivar Jenner

Pemain Timnas Indonesia U-23, Ivar Jenner (tengah) melepaskan tendangan di antara dua pemain Irak U-23 yang menghasilkan gol ke gawang Irak pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Ivar Jenner sampai saat ini masih menjadi bagian dari Jong FC Utrecht. Namun, Jenner tak melulu menjadi pilihan utama di tim tersebut.

Jong Utrecht berlaga di Keuken Kampioen Divisie alias liga level kedua di Belanda. Ivar Jenner bermain 11 kali di  klub itu.

Namun, menit bermainnya hanya ada di kisaran 800 menit. Pemain berusia 20 tahun itu juga hanya mampu mencatatkan satu assist.

Berita Terkait