Finis Posisi 3 Grup D, Belanda Berpeluang Hadapi Spanyol, Inggris, atau Belgia pada 16 Besar Piala Eropa 2024

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 26 Jun 2024, 01:27 WIB
Kapten Belanda, Virgil van Dijk, memberikan semangat kepada Cody Gakpo setelah sang striker mencetak gol ke gawang Austria pada matchday 3 fase grup Piala Eropa 2024 atau Euro 2024, Selasa (25/6/2024). (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Bola.com, Jakarta - Kekalahan 'Timnas Pusat' alias Belanda dari Austria pada matchday 3 fase grup Euro 2024 membuat Virgil van Dijk cs berpeluang menghadapi lawan berat di babak 16 besar Piala Eropa 2024.

Belanda takluk 2-3 saat Austria di luar dugaan mampu meladeni permainan taktis tim Oranje. Apalagi mereka sanggup memimpin cepat pada menit 6' setelah Donyell Malen mencetak gol bunuh diri.

Advertisement

Belanda sebenarnya sudah dipastikan lolos ke fase 16 besar berbekal empat poin. Namun, mereka tentu tak ingin mengakhiri fase grup di posisi ketiga, sebab lawan-lawan berat sudah menanti jika hal itu terjadi.

Benar saja, Belanda menelan kekalahan 2-3, sementara Prancis yang meladeni Polandia di Dortmund bermain imbang 1-1. Padahal, jika Timnas Pusat menang atau imbang, maka posisi dua akan digenggam.

 

2 dari 3 halaman

Harus Bersiap Hadapi Lawan Berat pada 16 Besar

Reaksi bintang Timnas Belanda, Memphis Depay, saat laga kontra Austria pada Grup Euro 2024, di Olympiastadion, Berlin, Selasa (25/6/2024). (AFP/Gabriel Bouys)

Kondisi tersebut mengharuskan Belanda berjumpa lawan berat. Finis di posisi tiga membuat mereka berpeluang menghadapi finalis Piala Eropa edisi sebelumnya, Inggris.

Hingga berita ini turun, Inggris baru akan menghadapi Slovenia. Declan Rice dkk. masih berstatus pemimpin Grup C, dan jika tak berubah, Belanda bisa saja menghadapi The Three Lions.

Tak kalah berat, Spanyol yang menyapu bersih seluruh pertandingan fase grup dengan kemenangan juga bisa jadi lawan Belanda pada 16 besar.

Kemudian ada Rumania, Belgia, Slovakia, dan Ukraina yang berpeluang jadi kesebelasan yang harus mereka hadapi nanti.

 

3 dari 3 halaman

Skenario

  • Spanyol Vs Posisi 3 Grup D/E/F
  • Juara Grup E Vs Posisi 3 Grup D/E/F
  • Juara Grup C Vs Posisi 3 Grup D/E/F

*Belanda berstatus posisi 3 Grup D

Berita Terkait