Euro 2024: Inggris Gagal Menang Kontra Slovenia, Ini Pembelaan Diri Harry Kane dan John Stones

oleh Ana Dewi diperbarui 26 Jun 2024, 11:02 WIB
Timnas Inggris hanya menambah 1 poin usai imbang 0-0 lawan Slovenia. (AP Photo/Andreea Alexandru)

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris melangkah ke fase knockout atau 16 besar Euro 2024 sebagai juara grup. Kepastian itu didapat setelah The Three Lions main imbang tanpa gol melawan Slovenia dalam duel matchday terakhir Grup C di Cologne Stadium, Rabu (26/6/2024).

Ini menjadi hasil imbang kedua bagi pasukan asuhan Gareth Southgate di Euro 2024. Sebelumnya, dalam laga kedua penyisihan grup, Inggris ditahan imbang 1-1 oleh Denmark (20/6/2024).

Advertisement

Satu-satunya kemenangan diraih ketika membekuk Serbia pada partai pembuka. Namun, Timnas Inggris hanya mampu mencetak satu gol (17/6/2024).

Meski kembali gagal menang, kapten tim Harry Kane dan bek John Stones kompak memberikan pembelaan kepada skuad The Three Lions. Mereka menilai Inggris bermain jauh lebih baik ketimbang dua pertandingan awal Euro 2024.

 

2 dari 4 halaman

Tujuan Tim Telah Tercapai

Striker Inggris harry Kane saat beraksi melawan Slovenia di laga terakhir grup C Euro 2024 di stadion Fusball Arena (AP)

Harry Kane dan John Stones memilih untuk fokus kepada tim yang telah mencapai tujuan utama mereka, yakni lolos ke fase berikutnya. Mereka menegaskan Inggris berada di pihak yang tepat menjelang fase gugur Euro 2024.

'Itu adalah tujuan sebelum dimulainya turnamen untuk menjadi yang teratas di grup dan mengendalikan nasib kami sendiri.' kata Kane kepada ITV.

“Malam ini adalah pertandingan yang sulit, kami bermain jauh lebih baik dibandingkan dua pertandingan sebelumnya. Kami bermain dengan banyak energi, lebih baik dalam penguasaan bola, tetapi tidak dapat menemukan bola atau penyelesaian akhir," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Menatap 16 Besar

Meski baru mengoleksi satu trofi turnamen mayor antar-negara, yaitu juara Piala Dunia 1966, Timnas Inggris nyatanya memiliki beberapa pemain tajam saat tampil dalam ajang turnamen mayor antar-negara, Piala Dunia dan Piala Eropa atau Euro. Seperti 3 pemain berikut yang menjadi pemain tertajam Three Lions saat tampil dalam ajang Piala Dunia dan Euro. (AP Photo/Themba Hadebe)

Satu hal yang pasti, Harry Kane senang karena Inggris keluar sebagai juara grup. Pada fase knockout, mantan pemain Tottenham Hotspurs itu berharap The Three Lions dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik. Memenangkan pertandingan, siapa pun lawan yang akan dihadapi.

'Kami recovery dengan baik, kami menikmati bahwa kami telah menjadi pemuncak grup dan kemudian menantikan fase berikutnya. Kami pernah mencapai fase knockout dan meningkatkannya di turnamen-turnamen sebelumnya," ujar Harry Kane.

'Mudah-mudahan kami bisa melakukan hal yang sama. Siapa pun lawan kami selanjutnya akan menjadi pertandingan yang sulit. Mungkin diperlukan perpanjangan waktu atau adu penalti, tapi itulah kenyataan di turnamen ini."

“Ini akan menjadi tugas yang sulit, tapi kami punya cukup kemampuan di tim untuk terus berusaha. Sekarang kami hanya menantikan putaran berikutnya," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Fokus

Pemain timnas Inggris, John Stones (kiri) berebut bola dengan pemain timnas Amerika Serikat, Christian Pulisic dalam pertandingan grup B Piala Dunia 2022 melawan Amerika Serikat yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Sabtu (25/11/2022). (AP Photo/Luca Bruno)

Hal senada disampaikan John Stones. Bek Manchester City itu menuturkan bahwa timnya saat ini akan fokus kepada diri sendiri. Tanpa memikirkan pertandingan yang sudah berlalu. Meski diakui laga kontra Slovenia bukan hasil yang diinginkan.

“Kami fokus pada diri kami sendiri dan apa yang bisa kami kendalikan dan itu sangat merugikan diri kami sendiri selama beberapa hari ke depan, terkait pertandingan ini dan apa yang seharusnya bisa kami lakukan dengan lebih baik,” ucap John Stones seusai pertandingan.

“Tapi saya merasa kami mengambil langkah ke arah yang benar, bukan hasil yang kami inginkan tapi saya sangat senang kami memuncaki grup," pungkas bek berusia 30 tahun itu.

Inggris akan mengetahui lawan di babak 16 besar pada Rabu (26/6/2024) yaitu antara Belanda atau salah satu dari empat tim di Grup E, termasuk Rumania, Belgia, Slovakia dan Ukraina.

Laga Inggris berikutnya akan berlangsung di Gelsenkirchen, di mana mereka memulai kampanye dengan kemenangan 1-0 atas Serbia pada pekan lalu.

Sumber: Daily Mail

Berita Terkait