Gelandang Timnas Indonesia U-16 Incar Satu Tempat di Posisi Utama, demi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

oleh Radifa Arsa diperbarui 26 Jun 2024, 16:45 WIB
Gelandang Timnas Indonesia U-16, Fandi Ahmad, bertekad untuk mengamankan satu tempat di skuad utama agar bisa menjadi bagian menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Solo - Gelandang Timnas Indonesia U-16, Fandi Ahmad Muzaki, bertekad untuk mengamankan satu posisi penting di timnya pada Piala AFF U-16 2024. Sebab, ajang ini jadi momen seleksi untuk menghadapi kejuaraan yang lebih besar.

Yang terbaru, pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memberikan kesempatan Fandi Ahmad untuk tampil sebagai starter ketika menghadapi Filipina pada pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-16 2024.

Advertisement

Ini menjadi penampilan kedua Fandi bersama Timnas U-16 setelah pada laga sebelumnya tampil sebagai pengganti. Pemain asal Sragen itu pun merasa senang dengan kesempatan ini. Menurutnya, ini berkat doa dan dukungan kedua orang tuanya.

“Alhamdulillah, setelah kemarin pada laga pertama saya dimainkan pada menit ke-65, kali ini bisa bermain menjadi starter. Alhamdulillah, ini berkat dukungan kedua orang tua,” kata Fandi Ahmad.

2 dari 4 halaman

Tetap Membumi

Pemain Timnas Indonesia U-16, Fandi Ahmad (kanan) menguasai bola dibayangi seorang pemain SKO Ragunan pada laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Rabu (12/6/2024) menjelang keikutsertaan Timnas Indonesia U-16 pada ajang Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Gelandang serang kelahiran 1 Januari 2008 itu mengakui, rekan-rekannya masih memiliki satu pekerjaan rumah yang harus diperbaiki, yakni menghilangkan sikap meremehkan tim lawan. Hal itu sempat terlihat pada duel melawan Filipina.

Fandi mengakui, Timnas Indonesia U-16 yang tampil dominan pada babak pertama sempat kesulitan membongkar pertahanan lawan. Namun, mereka mendapat masukan dari tim pelatih agar bisa tampil lebih baik.

“Jangan tinggi hati, besok masih ada pertandingan. Pada babak pertama kemarin, teman-teman sempat meremehkan Filipina. Pada saat masuk babak kedua, kami diberi masukan oleh Coach Nova. Setelah itu, para pemain bisa langsung semangat semua,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Amankan Posisi Inti

Pemain yang pernah menimba ilmu bersama Persis Solo Youth itu kini memiliki ambisi pribadi di Piala AFF U-16 2024. Fandi bertekad untuk mengamankan satu posisi utama di skuad Timnas Indonesia U-16.

Pasalnya, kejuaraan ini menjadi ajang seleksi bagi para pemain untuk meyakinkan Nova Arianto. Sebab, Timnas U-16 tengah dipersiapkan Nova untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

“Untuk target, saya berharap bisa menembus tim inti Timnas Indonesia U-16 agar bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025,” ujar pemain yang kini memperkuat Persija Jakarta Youth tersebut.

4 dari 4 halaman

Kualifikasi Piala Asia U-17

Timnas Indonesia U-16 asuhan pelatih Nova Arianto sukses mengawali langkahnya di Grup A Piala AFF U-16 2024 dengan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Singapura di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) malam WIB. Ketiga gol Timnas Indonesia U-16 dicetak oleh Muhammad Mierza (39'), Evandra Florasta (pen. 59') dan Fadly Alberto (87'). Hasil ini membuat Timnas Indonesia memimpin Grup A bersama Laos yang juga memetik kemenangan 3-0 atas Filipina. (Bola.com/Radifa Arsa)

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, bakal mewaspadai sejumlah peserta yang tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Di grup ini, Garuda Muda bakal bersaing dengan Australia, Kepulauan Mariana Utara, dan Kuwait.

Nova Arianto mengatakan, Australia dan Kuwait menjadi peserta yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-16. Pasalnya, kedua negara ini punya sejarah yang mentereng di sepak bola Asia.

Berita Terkait