Pemain Diaspora Timnas Indonesia U-16 Kaget dengan Atmosfer Suporter: Enggak Seperti di Amerika!

oleh Radifa Arsa diperbarui 26 Jun 2024, 17:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16, Lucas Raphael Lee dalam lanjutan Grup A Piala AFF u-16 2024, Selasa (24/6/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Solo - Gelandang diaspora Timnas Indonesia U-16, Lucas Raphael Lee, merasa sangat senang dengan atmosfer suporter yang memberikan dukungan kepada timnya saat menghadapi Piala AFF U-16 2024.

Lucas Raphael Lee mengaku sangat senang dengan meriahnya dukungan suporter Timnas Indonesia U-16. Sebetulnya, ketika sudah fokus di atas lapangan, keriuhan tersebut tak begitu kentara.

Advertisement

Namun, ketika fokusnya mulai teralihkan saat bola keluar lapangan, dia baru mendengarkan dengan jelas nyanyian suporter yang memadati stadion. Hal ini sangat berbeda jauh dengan pengalamannya selama ini di Amerika Serikat.

“Ya saya sangat menyukai atmosfer di sini. Saat bermain, saya sebetulnya memang tidak begitu merasakannya karena harus menjaga fokus di lapangan,” kata pemain bernomor punggung 11 tersebut.

“Namun, ketika bola keluar lapangan, saya langsung mendengar nyanyian dari suporter. Saya pikir rasanya luar biasa. Di Amerika atmosfernya berbeda. Menurut saya, di sini suporternya jauh lebih baik,” lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Dukungan Suporter

Kreativitas Ultras Garuda kembali memeriahkan laga Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Senin (24/6/2024). (Bola.com/Ana Dewi)

Timnas Indonesia U-16 memang selalu mendapatkan dukungan yang masif selama Piala AFF U-16 2024. Pada pertandingan pertama melawan Singapura, misalnya, ada sekitar 8.781 penonton yang hadir di Stadion Manahan.

Jumlah ini mengalami peningkatan pada pertandingan kedua melawan Filipina. Skuad asuhan Nova Arianto kala itu mendapatkan dukungan dari 9.446 orang. Jumlah ini diprediksi semakin meningkat seiring moncernya performa Timnas U-16.

Lucas berharap, suporter akan terus memberikan dukungannya kepada skuad Garuda Muda. Dia memastikan rekan-rekannya tidak akan mengecewakan suporter yang telah memberikan sokongan penuh.

“Untuk suporter Timnas Indonesia U-16, tetap dukung kami pada pertandingan-pertandingan berikutnya. Kami tidak akan mengecewakan kalian. Terima kasih,” ujar pemain asal klub De Anza Force tersebut.

3 dari 3 halaman

Akhirnya Ukir Debut

Pemain Timnas Indonesia U-16, Lucas Raphael Lee saat dibayangi pemain Filipina dalam lanjutan Grup A Piala AFF u-16 2024, Selasa (24/6/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Setelah sempat menjadi penghangat bangku cadangan pada pertandingan pertama, pemain kelahiran Amerika Serikat itu akhirnya mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai starter pada laga melawan Filipina.

Gelandang berusia 16 tahun itu dipasang bersama Evandra Florasta di lini tengah Timnas U-16. Setelah mencatatkan penampilan selama babak pertama, dia akhirnya ditarik keluar saat digantikan Nazriel Alfaro.

“Saya baru berada di sini selama beberapa pekan, jadi pada awalnya ketika bergabung dengan Timnas Indonesia U-16, saya sedikit menghadapi kesulitan untuk beradaptasi,” kata Lucas.

“Namun, sekarang saya sudah bisa melebur dengan ritme permainan tim, termasuk membangun chemistry dengan pemain lainnya. Ya, prosesnya berjalan menyenangkan,” tambahnya.

Berita Terkait