Rahasia di Balik Performa Ciamik Evandra Florasta: Bermain Tanpa Posisi, Jadi Mesin Gol Timnas Indonesia U-16

oleh Radifa Arsa diperbarui 26 Jun 2024, 18:15 WIB
Gelandang Timnas Indonesia U-16, Evandra Florasta, saat melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timnas Filipina U-16 di Stadion Manahan, Solo, Senin (24/6/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Solo - Gelandang Timnas Indonesia U-16, Evandra Florasta, menjadi salah satu pemain yang tampil mengesankan di Piala AFF U-16 2024. Performanya terhitung konsisten pada dua pertandingan awal Grup A.

Evandra Florasta juga menjadi salah satu pemain yang selalu diturunkan pelatih Nova Arianto untuk menjadi starter. Namanya tak pernah absen dalam daftar sebelas pemain pertama Timnas Indonesia U-16.

Advertisement

Pada laga perdana melawan Singapura, misalnya, Evandra berduet dengan Nazriel Alfaro di lini tengah. Adapun pada pertandingan kedua, ia menemani gelandang diaspora asal Amerika Serikat, Lucas Raphael Lee.

Tak berlebihan jika menyebut Evandra sebagai pemain kunci Timnas U-16. Sebab, dia selalu tampil penuh tak tergantikan selama 2x45 menit. Dari setiap laga, dia juga selalu menyumbangkan gol untuk Garuda Muda.

2 dari 4 halaman

Gol Bukan Ambisi

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia U-16, Evandra Florasta setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Singapura melalui eksekusi penalti pada laga matchday pertama Grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Bagi pemain berusia 16 tahun itu, mencetak gol pada dua laga Grup A hanya sebatas bonus saja. Sebab, menurut Evandra, yang terpenting ialah bisa menjalankan tugas dengan baik di atas lapangan.

Evandra juga mengakui bahwa dua gol tersebut bisa dicetak berkat bantuan rekan-rekannya. Menurutnya, membantu tim meraih kemenangan adalah target utama yang lebih penting ketimbang pencapaian individu.

“Alhamdulillah saya bisa kembali mencetak gol. Namun, di sisi lain, saya tetap mementingkan tim. Saya bekerja untuk tim. Saya tidak bisa mencetak gol kalau tidak ada teman-teman yang lain. Saya tetap mengutamakan tim,” kata Evandra.

3 dari 4 halaman

Tak Punya Posisi Pasti

Gelandang Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024, Evandra Florasta. (Bola.com/Radifa Arsa)

Sebagai pemain yang beroperasi di lini tengah, Evandra termasuk punya kesadaran yang tinggi untuk mengisi ruang kosong. Dia cukup fleksibel dalam melakukan pergerakan di titik-titik yang perlu dieksploitasi.

Dalam satu momen, dia bisa muncul di area sayap, lalu dalam momen berikutnya tiba-tiba berada di depan gawang untuk menyambar bola ke gawang lawan. Menurutnya, ini merupakan instruksi Nova Arianto yang menginginkan pemain bisa tampil tanpa posisi spesifik.

“Kalau soal posisi itu, sebetulnya sudah diasah di sesi latihan. Coach Nova menginginkan pemain untuk bisa bermain tanpa posisi. Jadi, harus bisa rolling untuk mengisi ruang kosong,” ujar pemain Bhayangkara FC U-16 itu.

4 dari 4 halaman

Latihan Set Piece

Pemain Timnas Indonesia U-16 Evandra Florasta. (Dok PSSI)

Pemain kelahiran 17 Juni 2008 itu juga menyinggung soal skema-skema set-piece yang dipersiapkan Timnas U-16. Dalam setiap latihan, tim pelatih selalu memberikan materi tersebut agar bisa dijalankan dengan baik saat pertandingan.

“Untuk mengasah set-piece tersebut, kami selalu mengasahnya pada setiap H-1 pertandingan. Tak hanya itu, setiap sesi latihan kami juga selalu berlatih mematangkan skema set-piece,” katanya.

Berita Terkait