Georgia Dihujani Rp176 Miliar Setelah Tembus 16 Besar Euro 2024, Bisa Dapat Bonus Tambahan Lagi

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 28 Jun 2024, 17:36 WIB
Pemain Georgia merayakan gol yang mereka cetak ke gawang Portugal dalam laga terakhir Grup F Euro 2024 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. (

Bola.com, Jakarta - Skuad Timnas Georgia dapat guyuran bonus fantastis setelah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Bonus itu bukan berasal dari pemerintah Georgia, tetapi dari pengusaha kaya raya asal negara tersebut, Alex Brotherton. 

Timnas Georgia menyuguhkan salah satu kejutan terbesar dalam sejarah sepak bola dengan mengalahkan Portugal 2-0 di Gelsenkirchen, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. 

Advertisement

Tim peringkat 74 dunia tersebut harus mengalahkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk lolos ke babak 16 besar di turnamen besar pertama mereka.

Itulah yang mereka lakukan. Bintang Napoli, Khvicha Kvaratskhelia, membawa Georgia unggul pada menit kedua. Striker Georges Mikautadze mengkonversi gol dari titik penalti setelah jeda untuk membawa Georgia mengunci kemenangan. 

Para pemain dan suporter langsung berselebrasi dengan liar setelah peluit panjang berbunyi di Arena AufSchalke. Perayaan serupa juga terjadi di jalan-jalan ibu kota Georgia, Tbilisi.

 

2 dari 3 halaman

Janji Miliader Georgia

Penyerang Georgia Georges Mikautadze merayakan gol yang dicetaknya melalui tendangan penalti ke gawang Portugal pada laga terakhir grup F yang berlangsung di Stadion Arena Aufschalke, Kamis (27/7/2024). (AP Photo/Martin Meissner)

Laju Georgia itu menjadi hiburan segar bagi masyarakat setelah mengalami kekacauan politik dalam beberapa tahun terakhir. Pemain juga kecipratan rezeki nomplok. 

Miliarder Georgia, Bidzina Ivanishvili, telah menjanjikan bonus £8,4 juta (Rp173,6 miliar) kepada para pemain dan staf tim nasional jika mencapai babak sistem gugur.

Ivanishvili, yang mendirikan partai politik Georgian Dream yang berkuasa dan sempat menjadi perdana menteri negara itu pada 2012, diperkirakan memiliki kekayaan sebesar £3,87 miliar (Rp78,6 triliun), menjadikannya orang terkaya ke-633 di dunia.

 

 

3 dari 3 halaman

Kemenangan Bersejarah

Laga berlangsung intens, Portugal tampil dominan, tapi justru Georgia yang berhasil mencuri kemenangan. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)

Pria berusia 68 tahun itu menggambarkan kemenangan Georgia melawan Portugal sebagai kemenangan bersejarah dan impian yang menjadi nyara. Ia berjanji memberikan tambahan dana sebesar £8,4 juta (Rp173,6 miliar) kepada para pemain dan staf jika bisa mengalahkan Spanyol di babak 16 besar.

Ivanishvili memperoleh kekayaannya di Rusia pada 1990-an setelah pecahnya Uni Soviet melalui investasi di bidang perbankan, komputer, dan logam.

Sang oligarki hanya menjabat selama 12 bulan sebagai perdana menteri Georgia sebelum mengundurkan diri. Namun ia tetap mempertahankan pengaruhnya di partai yang berkuasa di negara itu sebagai ketua dan sekarang ketua kehormatan.

Sumber: Sportbible 

 

Berita Terkait