Prediksi Starting XI Swiss Vs Italia di 16 Besar Euro 2024: Lini Belakang Gli Azzurri Rawan Longsor

oleh Aryo Atmaja diperbarui 29 Jun 2024, 14:30 WIB
Euro 2024 - Swiss Vs Italia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Berlin - Babak 16 besar Euro 2024 akan dimulai hari ini, Sabtu (29/6/2024) malam WIB. Ditandai dengan laga Italia menghadapi Swiss di Stadion Olimpiade Berlin, Sabtu (29/6/2024) malam mulai pukul 23.00 WIB.

Italia melaju ke 16 besar Euro 2024 setelah menjadi runner-up Grup B di bawah Spanyol. Sedangkan Swiss juga menjadi runner-up Grup A di bawah Jerman. Tidak ada salahnya memprediksi susunan pemain yang akan diturunkan kedua tim

Advertisement

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti mengonfirmasi Federico Dimarco absen melawan Swiss dan Nicolò Fagioli bisa menjadi starter. Ia kemungkinan memainkan skema empat bek dari tiga bek yang biasanya dipakai.

Ada kekhawatiran mengenai kebugaran beberapa pemainnya. Alessandro Bastoni menderita gejala flu, sementara Dimarco masih berjuang dengan cedera betis yang dideritanya saat melawan Spanyol. Belum lagi dengan bakal absennya Riccardo Calafiori yang terkena skorsing.

2 dari 6 halaman

Perubahan di Lini Pertahanan

Bek Timnas Italia, Riccardo Calafiori menjadi pemain kelima yang mencetak gol bunuh diri di ajang Euro 2024. Pada matchday kedua Grup B saat Italia menghadapi Spanyol (20/6/2024), gol bunuh dirinya menjadi satu-satunya gol yang tercipta hingga Italia kalah 0-1. Pantulan bola hasil umpan Nico Williams yang gagal dipotong kiper Gianluigi Donnarumma pada menit ke-55 mengenai lutut kirinya dan meluncur mulus ke dalam gawang. (AP Photo/Manu Fernandez)

Krisis lini belakang menjadi titik fokus Italia. Luciano Spalletti sudah mengonfirmasi dalam konferensi persnya bahwa Gianluca Mancini akan masuk ke lini pertahanan tengah.

Dia juga mengatakan satu-satunya keraguan dalam pikirannya adalah antara Scamacca dan Retegui di lini depan, tetapi itu tidak berarti para reporter yakin siapa pemain lain yang akan masuk XI.

Matteo Darmian dan Andrea Cambiaso bersaing memperebutkan posisi bek kiri, dengan pemain Inter ini lebih bertahan dan pemain Juventus lebih cenderung menyerang.

3 dari 6 halaman

Lini Tengah dan Depan

Pemain Italia, Mattia Zaccagni, mencetak gol ke gawang Kroasia dalam duel matchday terakhir Grup B Euro 2024 di Leipzig Stadium, Selasa (25/6/2024). Hasil imbang 1-1 ini menguntungkan Italia yang dipastikan lolos ke babak 16 besar setelah finis sebagai runner-up Grup B dengan 4 poin. (AFP/John Macdougall)

Di lini tengah, Spalletti memberikan isyarat bahwa Nicolò Fagioli akan menjadi starter, yang kemungkinan berarti Bryan Cristante akan mendampinginya, dan menempatkan Jorginho di bangku cadangan.

Sedangkan di lini depan, Federico Chiesa tidak dimasukkan dalam starting line-up melawan Kroasia, tetapi harus kembali ke sini.

Stephan El Shaarawy dan Mattia Zaccagni sama-sama diuji dalam latihan di sayap kiri, menyerang area di mana pertahanan Swiss sangat rentan.

Zaccagni masuk dari bangku cadangan untuk mencetak gol penyeimbang yang menentukan melawan Kroasia, namun El Shaarawy lebih disiplin secara taktik, menunjukkan bersama Roma bahwa ia senang untuk kembali berlatih dan bekerja keras untuk rekan satu timnya.

4 dari 6 halaman

Skema dari Swiss

Para pemain Timnas Swiss merayakan gol yang dicetak Granit Xhaka ke gawang Israel pada laga Grup I Kualifikasi Euro 2024 di Stade de Geneve, Geneva, Swiss (28/3/2023). Swiss total mengoleksi 8 gol tanpa kebobolan di Grup I. Renato Steffen dkk mampu menang 5-0 atas Belarusia dan 3-0 atas Israel. (Keystone via AP Photo/Salvatore Di Nolfi)

Sedangkan untuk Swiss, mantan pemain Udinese Silvan Widmer diskors di sisi kanan dan Leonidas Stergiou diperkirakan akan masuk menggantikannya.

Murat Yakin mempertahankan formasi 3-4-2-1 yang konsisten sepanjang turnamen ini. Breel Embolo bisa kembali menjadi senjata setelah jarang bermain musim ini karena cedera ligamen anterior di lututnya.

Kemudian ada Ndoye dari Bologna harus menjadi starter, dengan dukungan Ruben Vargas atau Fabian Rieder. Ada beberapa pemain Serie A yang ikut serta, termasuk kiper Inter Yann Sommer, bek Torino Ricardo Rodriguez, Remo Freuler dari Bologna, dan Michel Aebischer.

5 dari 6 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Pemain Italia merayakan gol yang dicetak oleh Mattia Zaccagni ke gawang Kroasia yang memastikan mereka berhasil lolos ke 16 besar Euro 2024. Bermain di Leipzig Stadium, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB, Italia dan Kroasia bermain imbang 1-1 dan memastikan diri lolos ke 16 besar. (GABRIEL BOUYS / AFP)
  • Swiss (3-4-2-1): Yann Sommer; Schär, Akanji, Rodriguez; Stergiou, Freuler, Xhaka, Aebischer; Ndoye, Vargas; Embolo
  • Pelatih: Murat Yakin
  • Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Mancini, Bastoni, Darmian; Cristante, Fagioli, Barella; Chiesa, Scamacca, El Shaarawy
  • Pelatih: Luciano Spalletti

 

Sumber: Football Italia

6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif Euro 2024 Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Berita Terkait