Panjat Tebing Diharapkan Bisa Meraih 2 Medali Emas di Olimpiade 2024 Paris, Realistis?

oleh Hery Kurniawan diperbarui 05 Jul 2024, 10:00 WIB
Reaksi atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma setelah dikalahkan atlet panjat tebing Polandia, Miroslaw Aleksandra pada final nomor speed putri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC 2023 seri Jakarta melawan atlet panjat tebing China, Xinshang Wang di Lot 6, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia, Minggu (07/05/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Harapan medali emas Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris semakin bertambah. Kali ini harapan medali itu tak hanya datang dari bulutangkis.

Namun, beberapa cabang olahraga lain pun memiliki potensi untuk meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris. Satu di antaranya datang dari cabang olahraga panjat tebing.

Advertisement

Ketua umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid memiliki harapan tinggi terhadap atlet-atletnya di Olimpiade 2024 Paris. Yenny berharap ada dua medali emas yang bisa diraih dari ibu kota Prancis.

"Minimal dua medali emas. Doakan semoga dapat dua," ujar dia saat ditemui di sela acara peluncuran jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris di The Dharmawangsa Jakarta, Kamis (4/7/2024).

2 dari 4 halaman

4 Atlet

Pelantikan FPTI Papua Barat Daya oleh Yenny Wahid

Cabang olahraga panjat tebing mengirimkan empat atlet di Olimpiade 2024 Paris. Mereka adalah Rahmad Adi Mulyono, Veddriq Leonardo, Desak Made Rita Kusumadewi dan Rajjah Sallsabillah.

Yenny Wahid berbicara mengenai persiapan empat atlet tersebut. Menurut putri mantan presiden Gus Dur itu, Desak dan kawan-kawan menjalani persiapan fisik dan mental.

"Persiapan fisik dan persiapan mental karena atlet kita kan sudah kategori atlet elit dunia, persiapan fisik saja tidak cukup, harus persiapan mental," katanya.

3 dari 4 halaman

Terbiasa di Level Atas

Atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono berpose di depan fotografer saat pelatihan nasional (Pelatnas) panjat tebing untuk Olimpiade 2024 di area parkir Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah, Kota Bekasi, Selasa (05/03/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Panjat tebing Indonesia memiliki reputasi yang tinggi di level dunia. Banyak atlet Tanah Air dari cabang olahraga tersebut yang sudah meraih prestasi baik di level Asia dan dunia.

Yenny Wahid pun yakin, empat atlet yang akan tampil di Olimpiade 2024 memiliki mentalitas yang kuat. Mereka sudah sangat terbiasa tampil di level atas.  

"Kalau yang saya lihat, dari empat atlet yang lolos ini cukup stabil secara mental dan sudah merajai podium internasional. Jadi tidak kagetan. Saya rasa mereka sudah siap untuk menjadi juara dunia di Olimpiade," tandas Yenny. 

4 dari 4 halaman

Berita Terkait