Bek Persib Tanggapi Positif Persaingan di Fullback Kiri Timnas Indonesia dengan Pemain Keturunan: Bagus dan Bisa Banyak Belajar

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 05 Jul 2024, 15:00 WIB
Dua pemain Timnas Indonesia, Edo Febriansyah (kiri) dan Marselino Ferdinan saat acara Meet and Greet PSSI di Rumah Indofood Jakarta Fair 2024, Kemayoran, Jakarta, Kamis (4/7/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Bek Persib Bandung, Edo Febriansyah, menganggapi dengan positif perihal persaingan dengan pemain keturunan yang menumpuk di Timnas Indonesia. Apa katanya?

Edo Febriansyah, yang notabene sempat langganan Timnas Indonesia, tidak dipanggil untuk putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Juni 2024.

Advertisement

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lebih memilih dua pemain keturunan, Calvin Verdonk dan Shayne Pattynama, selain Pratama Arhan, untuk fullback kiri.

Ketika dipercaya ke Timnas Indonesia, Edo Febriansyah sebenarnya juga bukan pilihan utama. Pesepak bola berusia 26 tahun itu kalah bersaing dengan Pratama Arhan.

2 dari 4 halaman

Komentar Edo Febriansyah

Selebrasi pemain Persib Bandung, Edo Febriansyah setelah mencetak gol ketiga timnya ke gawang Bali United pada laga leg kedua semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Sejak debut bersama Timnas Indonesia pada November 2021, Edo Febriansyah 34 kali masuk skuad, namun hanya diberikan 14 kali kesempatan bermain dengan perolehan dua assist dalam 516 menit.

"Ya itu justru bagus untuk persaingan saya. Saya juga belajar. Tidak mau kalah untuk bersaing dan optimistis," ujar Edo Febriansyah.

"Yakin saya mempunyai kemampuan juga. Yang penting saya memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia," imbuh eks pemain Persia Tangerang tersebut.

3 dari 4 halaman

Comeback ke Timnas Indonesia

Bek Timnas Indonesia, Edo Febriansyah, bermain pada matchday kedua Grup A Piala AFF 2022 Brunei Darussalam di KLFA Stadium, Kuala Lumpur, Senin (26/12/2022). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Edo Febriansyah juga berambisi comeback ke Timnas Indonesia. Peluang itu bisa didapatkannya dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai September 2024.

Masalahnya, bersama Persib pada musim lalu, Edo Febriansyah kehilangan tempat utama sebagai fullback kiri karena direbut Rezaldi Hehanussa. Dia malah kerap dipasang menjadi winger, tapi bermain di babak kedua.

"Yang pasti, siapa pemain yang tidak mau bermain di Timnas Indonesia. Tapi, walaupun tantangan dan persaingan lebih berat, tapi saya tetap optimistis," ucap Edo Febriansyah.

4 dari 4 halaman

Berita Terkait