5 Bintang Timnas Indonesia yang Layak Bermain di Oxford United dan Como: Siapa Paling Berpeluang?

oleh Choki Sihotang diperbarui 06 Jul 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi - Pemain Timnas Indonesia yang layak main di Como dan Oxford United (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bintang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, harus berburu klub baru setelah terdepak dari KMSK Deinze. Klub kasta kedua Belgia itu memilih tak memperpanjang kontrak Marselino seiring dengan berakhirnya musim 2023/2024.

Selama setengah musim di sana, Marselino lebih banyak duduk di bangku cadangan. Total, penyerang berusia 19 tahun itu hanya tampil dalam tujuh laga. Marselino justru lebih sering tampil bareng Timnas Indonesia. Posisinya sebagai starter nyaris tak tergantikan sejauh ini.

Advertisement

Meski begitu, Marselino mengaku akan tetap bermain di Eropa musim depan. Ke mana? "Masih rahasia," katanya.

Walau masih menjadikannya rahasia, santer diwartakan destinasi Marselino selanjutnya adalah klub milik Ketum PSSI, Erick Thohir, Oxford United, yang juga klub kasta kedua di Negara Raja Charles III.

Kalau pun pada akhirnya Marselino merapat ke Oxford United, itu merupakan keputusan yang tepat. Sebagai pemain masa depan Timnas Indonesia, Marselino butuh jam terbang serta pengalaman bermain di Eropa.

 

2 dari 6 halaman

Terbuka untuk Talenta Berbakat

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan saat acara Meet and Greet PSSI di Rumah Indofood Jakarta Fair 2024, Kemayoran, Jakarta, Kamis (4/7/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bagi PSSI, terlebih bagi sang ketum, Oxford United pastinya sangat terbuka untuk talenta-talenta berbakat seperti Marselino. Misi dan visi Erick Thohir yang ingin membangun Timnas Indonesia agar bisa bersaing di pentas Internasional membuat Marselino bisa terus meningkatkan performa.

Bersama timnas, Marselino sejauh ini layak diacungi jempol. Mantan tukang gedor Persebaya Surabaya itu ikut berjasa di balik kesuksesan Timnas Indonesia U-23 merangsek ke semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar beberapa waktu lalu.

Kesuksesan Timnas Indonesia melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia juga tak lepas dari kontribusi pengagum Bambang Pamungkas tersebut.

 

 

3 dari 6 halaman

Tampil Apik

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner, saat duel melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/5/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Tak hanya Marselino, pemain Timnas Indonesia lainnya seperti Justin Hubner, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott juga layak mendapat tempat di Oxford United.

Seperti Marselino, Justin Hubner, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott merupakan bagian dari kebangkitan Timnas Indonesia dalam dua tahun terakhir kepemimpinan Erick Thohir sebagai orang No.1 di PSSI.

Justin Hubner dan Pratama Arhan ikut berjibaku di Piala Asia U-23 2024. Keduanya tampil sangar di lini belakang dan menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong.

Saat STY menyusun daftar pemain jelang bergulirnya putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, keduanya masuk daftar dan di putaran ketiga nanti juga berpotensi untuk kembali tampil.

 

 

4 dari 6 halaman

Asnawi Juga Bisa

Selebrasi bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (tengah) setelah menjebol gawang Vietnam melalui eksekusi penalti pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). (AP Photo/Hussein Sayed)

Saat ini, Justin Hubner masih menjalani peminjaman di klub papan atas Jepang, Cerezo Osaka. Sejak dipinjam dari Wolverhampton Wanderers pada Maret tahun ini, bek berusia 20 tahun itu sudah tampil dalam lima laga termasuk di J1 League 2024.

Berbeda dengan Justin Hubner, Pratama Arhan masih masuk daftar antre untuk kembali beraksi bersama klubnya di Korea Selatan, Suwon FC.

Asnawi Mangkualam masuk daftar pemain muda Indonesia yang berkarier di luar negeri, tepatnya di Liga 1 Thailand, Port FC. Sebelumnya, jebolan Akademi PSM Makassar memperkuat Jeonnam Dragons, Korea Selatan pada 2023.

Asnawi Mangkualam merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong. Sejak ditunjuk jadi pelatih pada 2021, Shin Tae-yong tak hanya sering memasukkan nama Asnawi Mangkualam di starting XI tapi juga mempercayainya sebagai kapten tim.

 

 

 

5 dari 6 halaman

Asa ke Como

Selebrasi bek Timnas Indonesia, Sandy Walsh (kanan) bersama Elkan Baggott setelah mencetak gol ke gawang Jepang pada laga ketiga Grup D Piala Asia 2024 di Al-Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB. (AFP/Hector Retamal)

Tak kalah membanggakan, pemain muda Indonesia lainnya, Elkan Baggott. Dari Inggris berhembus kabar menggembirakan kalau bek jangkung 21 tahun itu masih tercatat sebagai pemain Ipswich Town dan tak menutup kemungkinan akan tampil di Premier League 2024/2025. Meski bukan sebagai pemain utama, eksistensi Elkan Baggott di kasta tertinggi Inggris setidaknya ikut melambungkan nama Indonesia.

Oh ya, selain Oxford United, Marselino dkk. juga bisa meneruskan karier ke Como 1907. Tim yang baru promosi ke Liga Italia 2024/2025 merupakan milik pengusaha asal Indonesia, Hartono Bersaudara, yaitu Michael Bambang dan Robert Budi Hartono.

Untuk menjadi andalan di skuad utama memang belum saatnya, mengingat Serie A sangat kompetitif dengan tekanan yang sangat tinggi. Akan tetapi, jika memang diizinkan, Marselino and kolega bisa jadi pelapis atau masuk tim muda level kedua Como 1907.

6 dari 6 halaman

Berita Terkait