Reaksi Suporter Belanda saat Dikasih Tahu Timnya Dijuluki Timnas Pusat Oleh Netizen Indonesia: Bagus!

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 06 Jul 2024, 09:30 WIB
Timnas Belanda - Frenkie de Jong, Tijjani Reijnders, Cody Gakpo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Munchen - Timnas Belanda memiliki tempat tersendiri di hati penggemar sepak bola Indonesia. Selain keterikatan sejarah, Belanda kini secara tak langsung ikut berkontribusi terhadap Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong, sangat gencar menaturalisasi pemain dan hampir semuanya berdarah Belanda. Dari Sandy Walsh, Jay Idzes, Ivar Jenner, Justin Huber, Nathan Tjoe A-On, Ragnar Oratmangoen, hingga pemain muda Jens Raven.

Advertisement

Bahkan, jika dibuat starting XI, Timnas Indonesia sudah memiliki skuad full blasteran ditambah pemain Belanda full blood yang kakek neneknya berstatus Blijvers (orang Belanda yang lahir dan menetap di Indonesia).

Gencarnya program naturalisasi ini membuat pencinta Timnas Indonesia memberikan julukan baru kepada Oranje, Timnas Pusat.

2 dari 4 halaman

Timnas Pusat

Suporter Timnas Belanda menunjukkan tulisan meminta jersey Tijjani Reijnders dan Terima kasih saat melawan Polandia pada laga Grup D Euro 2024 di Volksparkstadion, Minggu (16/06/2024). (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Saat meliput Euro 2024, Bola.com bertemu dengan Branco, seorang warga negara Belanda yang dalam beberapa tahun terakhir tinggal di Munchen.

Ketika ditanya mengenai Ragnar Oratmangoen dkk, seperti halnya beberapa fans Belanda yang lain, Branco mengaku tidak mengetahui siapa saja pemain-pemain yang ditunjukkan Bola.com.

Namun, ketika melihat jersey yang digunakan Bola.com, Branco tahu bahwa pemain yang ditanyakan adalah mereka yang bermain untuk Indonesia.

"Mereka dari Indonesia dan main di Belanda? Makanya kamu tanyakan mereka kepada saya?" tanya Branco.

Bola.com pun memperkenalkan istilah Timnas Pusat yang viral di Indonesia kepada Branco, sambil menjelaskan maksudnya.

"Oh begitu, ya bagus untuk tim kamu," katanya.

3 dari 4 halaman

Belanda Punya Cabang di Indonesia, Wajar

Bola.com ketika bertemu dengan Branco, seorang warga negara Belanda yang tinggal di Munchen selama beberapa tahun terakhir. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Branco kemudian mengatakan sangat wajar jika para pemain tersebut lahir dan berkarier di Belanda, karena memang banyak orang Indonesia di Belanda, bukan hanya sekadar yang keturunan.

"Orang Indonesia yang asli itu banyak di Belanda. Mereka bahkan punya komunitas yang cukup besar di Den Haag," kisah Branco kepada.

"Negara kita punya sejarah yang panjang, memang bukan sejarah yang bagus. Namun, Anda tahu maksud saya, kita semua sudah baik-baik saja, banyak juga orang Indonesia bahagia tinggal di Belanda," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Berita Terkait