Kecewa Jerman Tersingkir dari Euro 2024, Penggemar Langsung Pulang dan Suasana Dortmund Sepi

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 06 Jul 2024, 06:10 WIB
Penggemar Jerman meninggalkan Fan Zone Friedenplatz, Dortmund, setelah tim kesayangan mereka kalah 1-2 dari Spanyol dalam laga perempat final Euro 2024 di Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024) petang waktu setempat. Mereka langsung pergi padahal masih ada laga antara Portugal kontra Prancis yang juga tidak kalah seru. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Bola.com, Dortmund - Kota Dortmund yang terkenal gila sepak bola mendadak sepi. Hal itu tak terlepas dari tersingkirnya Jerman dari Euro 2024 setelah kalah 1-2 dari Spanyol di Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024) waktu setempat.

Saat Bola.com kembali ke fan zone di Friedenplatz, Dortmund, para penggemar Jerman tetap ramai hadir di sana. Maklum, Jerman bermain cukup jauh dari Dortmund.

Advertisement

Dukungan untuk Jerman di fan zone ini sempat meredup ketika Spanyol berhasil membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Dani Olmo pada menit ke-51.

Namun, pada menit akhir pertandingan, mereka semua bersorak setelah Florian Wirtz mampu memaksa pertandingan berlanjut dengan extra time.

Sayangnya, Jerman justru kebobolan oleh tandukan Mikel Merino satu menit sebelum babak tambahan itu berakhir. Asa Jerman membawa pertandingan ke drama adu penalti pupus karena gol tersebut.

Begitu peluit panjang ditiupkan oleh wasit, hampir sebagian besar penggemar Jerman langsung angkat kaki dari fan zone Euro 2024 itu.

Arena yang tadinya sangat ramai tiba-tiba jadi lengang. Fans Portugal dan Prancis yang bertanding pada pukul 21.00 pun terbilang sedikit.

 
2 dari 4 halaman

Sepi Beneran!

Suasana di salah satu area Dortmund yang terkenal ramai menjadi sepi setelah Timnas Jerman kalah 1-2 dari Spanyol di perempat final Euro 2024, Jumat (5/7/2024). (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Begitu laga antara Portugal kontra Prancis dimulai, di mana fan zone Euro 2024 itu menjadi tampak sepi, Bola.com pun penasaran dengan seperti apa suasana Dortmund, terutama di depan stadion sentral yang biasa menjadi pintu masuk bagi suporter yang ingin datang ke stadion atau pun fan zone.

Begitu tiba di sana, suasananya sangat sepi. Hanya ada segelintir penggemar Jerman yang masih ada, hanya berbincang sembari menunggu waktu pulang menggunakan transportasi masing-masing.

 
3 dari 4 halaman

Memang Kecewa, Euro 2024 Tak Lagi Sama

Suasana di salah satu area Dortmund yang terkenal ramai menjadi sepi setelah Timnas Jerman kalah 1-2 dari Spanyol di perempat final Euro 2024, Jumat (5/7/2024). (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Para penggemar yang masih terlihat ada di dekat stasiun memang tampak kecewa. Bahkan ada kesan bahwa Euro 2024 tak akan ramai lagi di Dortmund setelah Jerman tersingkir.

Seorang penggemar Jerman yang kecewa dan dalam kondisi mabuk sampai sulit mengendalikan diri. Beberapa kali dirinya seperti mengungkapkan rasa kecewa dengan berteriak-teriak, termasuk saat masuk stasiun untuk perjalanan pulang.

Dortmund masih akan menggelar pertandingan lagi pada laga semifinal. BVB Stadion masih akan menjadi arena pertemuan antara pemenang laga Inggris dan Swiss melawan pemenang laga antara Belanda kontra Turki, di mana laga semifinal itu akan digelar pada 10 Juli 2024.

4 dari 4 halaman

Berita Terkait