Laporan dari Jerman : Dulu Cuma Bisa 3 Warna, Fussball Arena Sekarang Bisa Tampilkan Bendera Tim Euro 2024, Apa Rahasianya?

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 07 Jul 2024, 09:52 WIB
Ilustrasi Fussball Arena Munchen atau yang memiliki nama lain Allianz Arena. (EPA/Sven Hoppe)

Bola.com, Munchen - Saat Jerman menghadapi Skotlandia dalam laga pembuka Euro 2024, Fussball Arena Munchen, atau yang dikenal dengan nama Allianz Arena, menampilkan bendera Jerman dan Skotlandia di bagian luar stadion berkat lampu yang luar biasa dari stadion yang dulunya hanya memiliki tiga warna itu.

Ya, saat dibuka pada 30 Mei 2005, stadion markas Bayern Munchen ini hanya memiliki tiga warna. Merah, biru, dan putih menjadi warna yang bisa muncul dari lampu yang menyelimuti stadion yang megah tersebut.

Advertisement

"Ketiga warna itu merupakan simbol untuk tim yang bermain di sini. Pertama ada merah untuk Bayern Munchen, kemudian biru untuk TSV 1860 Munchen, dan putih untuk Timnas Jerman," ujar Niko seorang guide di Fussball Arena Munchen dalam stadium tour yang diikuti Bola.com di Munchen.

Namun, kini Allianz Arena sudah berbeda. Bahkan di Euro 2024 ini, stadion yang kembali menggunakan nama aslinya, yaitu Fussball Arena Munchen, tersebut mampu menampilkan bendera tim peserta, termasuk merah, kuning, dan hitam khas Jerman pada saat tim itu bertanding di sana.

2 dari 4 halaman

Contoh Fussball Arena saat Ini

3 dari 4 halaman

Rahasia Perubahan Warna

Lalu bagaimana sebuah stadion yang awalnya hanya bisa menampilkan warna merah, biru, dan putih itu kini menjadi stadion yang mampu menampilkan begitu banyak warna berbeda. Apa rahasia Fussball Arena Munchen?

Dalam kesempatan yang sama, Niko menjelaskan bahwa kini Allianz Arena telah menggunakan teknologi LED dengan jumlah 16 juta warna dengan luas mencapai 25.500 meter persegi.

"Dengan jumlah 16 juta warna, itu makanya kemarin saat Jerman bertanding stadion ini bisa membentuk warna bendera Jerman. Begitu pun dengan pertandingan yang dijalani tim lain, seperti Belanda dan Rumania kemarin," ujar Niko.

 
4 dari 4 halaman

Berita Terkait