4 Catatan Spesial Timnas Prancis Setelah Melenggang ke Semifinal Euro 2024

oleh Rizki Hidayat diperbarui 06 Jul 2024, 10:45 WIB
Para pemain Prancis meluapkan kebahagiaan setelah berhasil mengalahkan Portugal dan sekaligus mengunci tiket semifinal Euro 2024. (AP Photo/Frank Augstein)

Bola.com, Hamburg - Timnas Prancis berhasil melenggang ke semifinal Euro 2024, setelah sukses membungkam Portugal. Sejumlah catatan menarik diukir Les Blues selepas pertandingan tersebut.

Timnas Prancis meladeni A Selecao das Quinas di Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. Melakoni duel tersebut, Tim Ayam Jantan mendapat perlawanan sengit dari Timnas Portugal

Advertisement

Prancis mencatatkan 40,1 persen penguasaan bola, berbanding 59,9 persen yang ditorehkan Portugal. Meski kalah dalam ball possession, Les Blues mampu melepaskan 20 tembakan yang lima di antaranya mengarah ke gawang.

Adapun Timnas Portugal memperoleh empat peluang bagus dari 15 kesempatan. Sayangnya, tak ada satu pun peluang yang didapat kedua tim berbuah menjadi gol.

Skor 0-0 bertahan hingga duel berjalan 120 menit. Penentuan pemenang Timnas Prancis versus Timnas Portugal dilakukan lewat adu penalti.

 

2 dari 7 halaman

Singkirkan Portugal

Les Blues menang 5-3 atas A Selecao das Quinas lewat babak tos-tosan, setelah skor imbang 0-0 bertahan hingga 120 menit. (AP Photo/Martin Meissner)

Pada babak tos-tosan, Prancis berhasil membungkam Portugal dengan skor 5-3. Kelima algojo penalti Les Blues, yakni Ousmane Dembele, Youssouf Fofana, Jules Kounde, Bradley Barcola, dan Theo Hernandez menjalankan tugasnya dengan baik.

Adapun dari empat penendang penalti Timnas Portugal, hanya Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, Nuno Mendes yang sukses mencetak gol. Sementara itu, bola hasil sepakan 12 pas Jaoa Felix menerpa mistar gawang.

Berkat kemenangan tersebut, Timnas Prancis melenggang ke semifinal Euro 2024 dan akan bersua Timnas Spanyol di Allianz Arena, 10 Juli mendatang. Sejumlah catatan spesial diukir Prancis selepas pertandingan tersebut. Berikut ini ulasannya.

 

3 dari 7 halaman

Belum Pernah Cetak Gol

Laga perempat final Euro 2024 antara Portugal dan Prancis berlangsung ketat. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Timnas Prancis berhasil melenggang ke semifinal Euro 2024 dengan status tak pernah mencetak gol dari situasi open play. Sejak fase grup hingga perempat final, Les Blues telah mendulang tiga gol dari lima pertandingan.

Namun uniknya, ketiga gol tersebut tercipta dari dua gol bunuh diri dan satu eksekusi penalti. Tidak ada tim yang bertahan lebih lama tanpa gol seperti itu dalam sejarah Piala Eropa, dengan Les Bleus melakukan 86 tembakan non-penalti.

 

4 dari 7 halaman

Semifinal Keenam

Pemain timnas Prancis melakukan selebrasi usai memenangi laga perempat final Euro 2024 melawan Portugal di Volksparkstadion, Hamburg, Jumat 5 Juli 2024 atau Sabtu 6 Juli 2024 dini hari WIB. (FRANCK FIFE/AFP)

Bagi Timnas Prancis, ini adalah untuk keenam kalinya lolos ke semifinal Piala Eropa. Dari lima semifinal sebelumnya, Les Blues berhasil tiga kali melenggang sampai ke final dan meraih dua titel juara.

Enam kali menembus semifinal Piala Eropa, Timnas Prancis hanya kalah dari Timnas Jerman yang tercatat sudah delapan kali lolos ke delapan besar.

 

5 dari 7 halaman

Selalu Lolos ke Semifinal

Bermain di Volksparkstadion, Les Bleus menyingkirkan Portugal lewat drama adu penalti 0-0 (3-5). (FRANCK FIFE/AFP)

Saat ini, Timnas Prancis setidaknya mencapai semifinal di empat dari lima turnamen besar terakhir (Piala Dunia/Euro). Mereka hanya gagal pada Euro 2020, yakni kandas pada 16 besar.

Jumlah semifinal ini setidaknya dua kali lebih banyak dibandingkan negara Eropa lainnya sejak Euro 2016 (Kroasia, Inggris, Spanyol ke-2).

 

6 dari 7 halaman

Ukir 4 Clean Sheet

Pemain Prancis, Theo Hernandez dan Mike Maignan melakukan selebrasi setelah menaklukkan Portugal dalam laga 8 besar yang digelar di Volksparkstadion, Hamburg pada Sabtu (6/7/2024). (Jens Büttner/dpa via AP)

Les Bleus mencatatkan empat clean sheet dalam lima pertandingan di Euro 2024, dan hanya kebobolan satu gol dalam tujuh pertandingan internasional terakhir.

Selain itu, tidak termasuk adu penalti, Timnas Prancis hanya kalah sekali dari 16 pertandingan Euro terakhirnya (9 menang; 6 imbang).

Sumber: Sky Sports, UEFA

7 dari 7 halaman

Berita Terkait