Last Dance Toni Kroos di Timnas Jerman Ditandai Kegagalan pada Euro 2024: Hasil yang Sulit Diterima

oleh Rizki Hidayat diperbarui 06 Jul 2024, 11:15 WIB
Pertandingan melawan Spanyol menjadi laga terakhir Toni Kroos dalam kariernya sebagai pesepakbola. (Fabrice COFFRINI/AFP)

Bola.com, Stuttgart - Last dance Toni Kroos bersama Timnas Jerman berakhir pahit. Kroos gagal membawa Jerman meraih titel juara Euro 2024, setelah takluk dari Timnas Spanyol pada perempat final.

Toni Kroos sempat menyatakan pensiun dari Timnas Jerman pada 29 Juni 2021. Namun, dia memutuskan kembali menerima panggilan memperkuat Die Mannschaft pada Februari 2024.

Advertisement

Namanya pun masuk daftar pemain Timnas Jerman di Euro 2024. Bagi Toni Kroos, ini adalah turnamen terakhir dalam kariernya dalam sepak bola, karena memutuskan pensiun selepas Euro tahun ini, baik level klub ataupun timnas.

Kroos pun diharapkan bisa membawa Timnas Jerman keluar sebagai kampiun pada Euro 2024. Titel juara bersama Jerman bakal melengkapi last dance Toni Kroos, setelah musim lalu sukses membawa Real Madrid menjuarai La Liga dan Liga Champions.

 

2 dari 5 halaman

Persembahan Terakhir yang Gagal

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Toni Kroos pernah menyatakan akan gantung sepatu sebagai pemain setelah kiprahnya selesai di Euro 2024. (Tobias SCHWARZ/AFP)

Toni Kroos selalu menjadi andalan di lini tengah Timnas Jerman di Euro 2024. Dalam empat laga awal turnamen, Kroos selalu tampil sebagai starter dan berhasil membawa Jerman meraih tiga kemenangan dan sekali imbang.

Hasil itu membuat Die Mannschaft lolos ke perempat final dan bersua Timnas Spanyol di Stuttgart Arena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024) malam WIB. Berstatus tuan rumah dan mendapat dukungan penuh dari publik sendiri, Timnas Jerman dibuat tak berkutik serta menyerah 1-2 dari Spanyol.

Sepasang gol Timnas Spanyol dicetak Dani Olmo pada menit ke-51 dan Mikel Merino menit ke-119. Sementara itu, gol Jerman disarangkan Florian Wirtz menit ke-89.

Kekalahan tersebut membuat Die Mannschaft gagal lolos ke semifinal sekaligus mengubur ambisi meraih titel juara Euro 2024. Toni Kroos pun akhirnya gagal memberikan mempersembahkan terakhir indah untuk Timnas Jerman.

 

3 dari 5 halaman

Sulit Diterima

Langkah tuan rumah Jerman di Euro 2024 terhenti di babak perempat final setelah ditumbangkan Tim Matador dengan skor 2-1. (AP Photo/Ariel Schalit)

Toni Kroos masih tak percaya Timnas Jerman tersingkir dari Euro 2024. Bagi eks gelandang Bayern Munchen tersebut, hasil minor kontra Timnas Spanyol sulit diterima.

"Saat ini, saya hanya berpikir tentang tersingkirnya kami dari kompetisi ini. Kami semua mempunyai tujuan besar yang ingin kami capai," kata Toni Kroos.

"Impian kami telah pupus, sampai taraf tertentu. Kami pada akhirnya akan menyadari kami menjalani turnamen yang bagus, namun sangat sulit untuk menerimanya saat ini," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Perempat Final Euro 2024:

Piala Eropa 2024 - Daftar Lengkap Skuad Euro 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumat 5 Juli 2024

  • 23.00 WIB - Spanyol Vs Jerman (2-1)

Sabtu 6 Juli 2024

  • 02.00 WIB - Portugal Vs Prancis (0-0; 3-5 pen)
  • 23.00 WIB - Inggris Vs Swiss

Minggu 7 Juli 2024

  • 02.00 WIB - Belanda Vs Turki

Sumber: UEFA

5 dari 5 halaman

Berita Terkait