Hasil Copa America 2024: Singkirkan Venezuela Lewat Adu Penalti, Kanada Tantang Argentina di Semifinal

oleh Aryo Atmaja diperbarui 06 Jul 2024, 10:22 WIB
Wajah gembira para pemain Kanada menyambut kemenangan atas Venezuela via adu penalti dalam perempat final Copa America 2024, Sabtu (6/7/2024). (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Bola.com, Texas - Kanada sukses menggenggam tiket semifinal Copa America 2024. Mereka mengalahkan Venezuela lewat drama adu penalti 4-3 (1-1) dalam laga perempat final di Cowboys Stadium, Texas, Sabtu (6/7/2024) pagi WIB.

Timnas Kanada langsung menggebrak di awal permainan. Hasilnya langsung didapat Kanada saat laga baru berjalan 13 menit. Jacob Shaffelburg mencetak gol usai menyambut assist Jonathan David.

Advertisement

Venezuela mencoba merespons dengan peluang berbahaya Salomon Rondon yang masih melenceng dari sasaran. Disusul peluang dari tandukan Herrera yang mengakibatkan sepak pojok.

Venezuela terus menggempur pertahanan Timnas Kanada untuk bisa segera menyamakan kedudukan. Tapi Kanada sesekali punya serangan balik cepat dan nyaris kembali berbuah gol. Keunggulan Kanada 1-0 masih bertahan di 45 menit pertama.

2 dari 4 halaman

Samakan Kedudukan

Duel sengit antara Venezuela kontra Kanada di perempat final Copa America 2024, Sabtu (6/7/2024). (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Gol yang ditunggu Venezuela akhirnya datang pada menit ke-64, Salomon Rondon mencetak gol dari jarak jauh setelah memanfaatkan umpan jauh dari serangan balik. Bola lambung sepakannya meluncur deras ke gawang Kanada saat kiper Crepeau meninggalkan sarangnya.

Tersengat gol Venzuela, Millar nyaris membawa Kanada kembali unggul, namun bola sepakannya masih mengenai kiper Venezuela dan menyebabkan tendangan penjuru.

Permainan alot ditunjukkan kedua tim yang mempertahankan skor 1-1 sampai waktu normal berakhir. Pemenang pun harus ditentukan melalui adu penalti.

3 dari 4 halaman

Tantang Argentina

Kemenangan ini membuat Argentina berada di puncak klasemen Grup A Copa America 2024 dengan tiga poin. (AP Photo/Mike Stewart)

Kanada keluar sebagai pemenangnya dalam drama adu penalti ini dengan skor 4-3. Tiga penendang Venezuela gagal menjalankan tugasnya dengan baik yaitu Herrera, Savarino, dan Wilker Angel.

Sementara hanya dua pemain Kanada yang gagal yaitu Liam Millar dan Eustaquio. Dengan demikian, Kanada akan bertemu Argentina di semifinal. Adapun babak semifinal akan dimainkan di MetLife Stadium, New Jersey, Rabu (10/7/2024) pagi WIB.

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

Ilustrasi - Logo Copa America 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Venezuela (4-1-4-1): Romo; Aramburu, Ferraresi, Osorio, Navarro; Casseres; Bello, Martinez, Herrera, Soteledo; Salomon Rondon

Pelatih: Fernando Batista

Kanada (4-2-3-1): Crepeau; Johnston, Bombolito, Cornelius, Davies; Osorio, Eustaquio; Laryea, Jonathan David, Shaffelburg; Larin

Pelatih: Jesse Marsch