Kabar Liga 1: Arema FC Agendakan TC Sekaligus Terjun di Piala Presiden 2024

oleh Iwan Setiawan diperbarui 06 Jul 2024, 12:15 WIB
Skuad Arema FC bersiap mengarungi BRI Liga 1 2024/2025. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Malang - Piala Presiden 2024 dikabarkan digelar pada 20 Juli nanti. Meski belum ada pernyataan resmi dari penyelenggara, namun beberapa klub mempersiapkan tim untuk terjun di ajang itu.

Termasuk Arema FC, tim berjulukan Singo Edan berstatus sebagai juara bertahan Piala Presiden. Pihak Arema sudah memulai persiapan dengan berlatih dalam beberapa hari terakhir.

Advertisement

“Ya, kami mendengar kabar tentang turnamen itu. Kami akan mempersiapkan tim lebih maksimal sebelum ke sana,” kata pelatih Arema, Joel Cornelli.

Perlu diketahui, Arema merupakan kolektor trofi terbanyak di Piala Presiden. Mereka sudah tiga kali memenangi turnamen pra musim itu.

Yakni edisi 2017, 2019 dan 2022. Sekalipun di Liga 1 2023/2024 mereka ada di papan bawah, tapi kali ini Arema FC ingin membuktikan jika mereka bisa bangkit.

2 dari 5 halaman

Susun Skuad

Pemain Arema FC, Syaeful Anwar, berselebrasi bersama Mohamed Amghar dalam sesi latihan di lapangan ARG. (Bola.com/Iwan Setiawan.

Dari segi persiapan, Arema sudah memiliki 33 pemain. Itupun masih bertambah karena masih ada 2 pemain asing yang akan bergabung.

“Dari materi pemain, kami akan lihat nanti untuk lokal apakah ditambah atau cukup. Untuk asing, kami sepakat dengan manajemen untuk maksimalkan kuota sesuai regulasi 8 pemain,” terangnya.

3 dari 5 halaman

Rancang Uji Coba

Joel Cornelli, pelatih baru Arema FC. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Kemungkinan skuad Arema sudah komplit ketika Piala Presiden digelar. Sehingga mereka sekaligus menggelar pemusatan latihan di kota venue pertandingan.

Kabarnya, tidak semua tim tampil di Piala Presiden. Sehingga ada dua grup dan dua venue yang akan digunakan. Yakni Bandung dan Bali.

Jika ditempatkan di Bali, Arema sekaligus membuat pemusatan latihan di sana. Sehingga mereka berangkat sebelum Piala Presiden diputar. “Mungkin sekitar tanggal 12 Juli kami akan berangkat jika memang ke Bali,” lanjut pelatih asal Brasil itu.

4 dari 5 halaman

Rancang Uji Coba

Liga 1 - Ilustrasi Logo Arema FC BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Saat ini, Arema sudah menggelar latihan selama dua pekan. Rencananya, sebelum bermain di Piala Presiden, mereka ingin menggelar ujicoba lebih dulu sebagai pemanasan. Mereka juga ingin melihat sejauh mana hasil dari persiapan yang dilakukan. “Kami butuh 2 uji coba sebelum Piala Presiden,” kata Joel.

Uji coba pertama akan digelar melawan tim Liga 3, NZR Sumbersari di Stadion Gajayana Malang, Sabtu (6/7/2024). Sedangkan uji coba kedua masih belum ditentukan. Ada kemungkinan ujicoba kedua dilangsungkan saat pemusatan latihan di Bali. Tapi jika tidak mendapat lawan tanding, Singo Edan akan menjalani internal game.

Dalam sesi latihan Arema, saat ini Joel mulai memberikan taktik dan strategi. Dia juga membuat mini game untuk melihat kemampuan pemainnya. “Baru kemarin kami buat game. Untuk melihat sejauh mana pemain memahami karakater yang ingin saya buat di sini,” tegasnya.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait