Meski 1 Grup dengan Timnas Indonesia, Kapten Jepang yang Bela Liverpool Anggap Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Tidak Mudah

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 06 Jul 2024, 14:30 WIB
Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 1-3 pada laga pamungkas Grup D Piala Asia 2024 yang berlangsung di Al-Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB. Ketiga gol Jepang dicetak lewat brace Ayase Ueda pada menit ke-6 melalui eksekusi penalti dan menit ke-52 serta gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-88. Sementara satu-satunya gol Timnas Garuda dicetak oleh Sandy Walsh pada menit ke-90+1. Dengan hasil ini, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar lewat jalur 4 peringkat tiga terbaik akan ditentukan oleh hasil dari laga lain yang melibatkan Bahrain di Grup E dan Oman di Grup F. (AFP/Giuseppe Cacace)

Bola.com, Tokyo - Kapten Timnas Jepang, Wataru Endo, menilai persaingan di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tidak akan mudah. Mengapa demikian?

Padahal, Jepang langganan menjadi wakil Asia di Piala Dunia. Tim berjulukan Samurai Biru itu tidak pernah absen sejak 1998 atau dalam tujuh edisi terakhir.

Advertisement

Jepang tergabung dalam Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Timnas Australia, Timnas Arab Saudi, Timnas Bahrain, Timnas China, dan Timnas Indonesi.

Di atas kertas, Jepang adalah yang terkuat di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, disusul Australia, Arab Saudi, Bahrain, China, dan terakhir Timnas Indonesia.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Wataru Endo

Wataru Endo baru saja didatangkan Liverpool dari VfB Stuttgart pada awal musim 2023/2024. Bersama Timnas Jepang ia kini menjabat sebagai kapten utama sejak Juni 2023 menggantikan Maya Yoshida. (Instagram/endowataru)

"Tentu saja, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tidak akan mudah," ujar Wataru Endo dinukil dari media Jepang, Gekisaka.

"Tetapi yang terpenting adalah apakah kami bisa mendapatkan hasil di Piala Dunia 2026. Jadi saya berpikir kami akan menghadapi kualifikasi sebagai langkah menuju tujuan tersebut," jelas Wataru Endo.

Wataru Endo juga membahas terkait kegagalan Jepang di Piala Asia 2023. Laju Samurai Biru terhenti di perempat final setelah kalah 1-2 dari Timnas Iran.

3 dari 4 halaman

Peluang Jepang

"Kekalahan di Piala Asia 2023 menunjukkan bahwa level sepak bola Asia sedang naik. Mungkin orang akan berkata 'apakah kami bisa memenangkan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026'," imbuh Wataru Endo.

"Untuk mengembalikan anggapan tersebut, kami membutuhkan hasil. Tidak ada perubahan dalam tujuan Jepang untuk memenangkan Piala Dunia. Jadi, saya pikir itu saja yang penting," ucapnya.

Masing-masing juara dan runner-up Grup A-C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sumber: Gekisaka

4 dari 4 halaman

Berita Terkait