BRI Liga 1: Pelatih Baru PSS Asal Brasil Takjub dengan Kedisiplinan dan Antusiasme Para Pemain pada Sesi Latihan

oleh Ana Dewi diperbarui 06 Jul 2024, 20:15 WIB
Pelatih anyar PSS Sleman, Wagner Lopes saat memimpin latihan tim di Lapangan Pakembinangun, Sleman. (Bola.com/Ana Dewi)

Bola.com, Sleman - Pelatih PSS Sleman, Wagner Lopes sudah bertugas memimpin sesi latihan tim sejak Senin (1/7/2024) di Lapangan Pakembinangun, Sleman. Arsitek berkebangsaan Jepang-Brasil itu menjelaskan kondisi terkini penggawa Super Elang Jawa.

Wagner Lopes cukup puas dengan program latihan yang dijalankan PSS Sleman. Juru taktik berusia 55 tahun itu mengapresiasi kedisiplinan para pemain yang menjalankan semua instruksi dari tim pelatih.

Advertisement

“Mereka memiliki kedisiplinan bagus dalam menjalankan instruksi dan taktik yang disampaikan pelatih. Secara komunikasi, koneksi antar pemain sudah terlihat bagus dan saling memahami satu dengan yang lain,” ujar Wagner Lopes.

“Saya masih terus melakukan pengamatan dan evaluasi secara menyeluruh dari program dan materi latihan. Kemudian, laporan per individu seluruh pemain di tim ini,.

"Kemudian saya menunggu laporan dari tim analis secara lengkap untuk satu minggu ini, jadi tahu apa yang dibutuhkan mengenai posisi pemain di dalam tim,” sambungnya.

 

2 dari 4 halaman

Bicara Soal Uji Coba

PSS Sleman Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Disinggung perihal rencana uji coba melawan tim selevel, Wagner Lopes mengaku belum tahu pasti. Sebab, saat ini pihaknya masih melanjutkan program yang sudah disusun jajaran tim pelatih.

Skuad Laskar Sembada kini fokus memperbanyak internal game di akhir sesi latihan. Hal ini dilakukan untuk merekatkan chemistry antarpemain yang mayoritas dihuni wajah baru.

“Secara program taktikal, tim pelaih menggelar latihan yang menjadi bagian dari situasi pertandingan," jelas Wagner Lopes.

"Contohnya seperti dua lawan dua, tiga lawan tiga dan dua lawan tiga. Dari situ, kita bisa melihat apa yang perlu diperbaiki,” lanjut mantan pemain Timnas Jepang tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Menu Latihan

Penjaga gawang PSS Sleman asal Brasil, Alan Bernardon. (dok. PSS Sleman)

Lebih jauh, Wagner Lopes menjelaskan, materi dalam sepekan ini masih berfokus pada latihan kebugaran atau fitnes dan taktikal. Di antaranya berupa sirkulasi bola, penguasaan bola, menekan, dan internal game di lapangan kecil.

“Materi latihan sore hari ini ada kelanjutan latihan kebugaran pada pagi tadi di gym. Ini bertujuan agar kondisi para pemain tetap terjaga di lapangan,” terang kolega Hidetoshi Nakata di Timnas Jepang pada Piala Dunia 1998 itu.

“Dari materi latihan tersebut, kami tim pelatih juga menekankan komunikasi kerjasama. Tujuannya untuk memudahkan pergerakan para pemain ketika menghentikan serangan dari lawan dengan menutup jalur umpan,” pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Rekrut 8 Pemain Anyar

Penjaga gawang PSS Sleman asal Brasil, Alan Bernardon. (dok. PSS Sleman)

PSS Sleman kini sudah mendatangkan delapan pemain jelang bergulirnya Liga 1. Mereka adalah Alan Bernardon, Gilang Oktavana, Paulo Sitanggang, Fachruddin Aryanto, Moon Chang-jin, Betinho, Ega Rizky, dan Gustavo Tocantins.

Sementara beberapa wajah lama yang dipertahankan antara lain Irkham Zahrul Mila, Kim Jeffrey Kurniawan, Wahyudi Hamisi, Hokky Caraka, Abduh Lestaluhu, hingga Kevin Gomes.

Skuad PSS Sleman diharapkan sudah lengkap sebelum 9 Juli. Atau tepat sebulan jelang kick-off Liga 1 2024/2025 yang rencananya bergulir 9 Agustus 2024.

Berita Terkait