PLN Mobile Proliga 2024: Electric PLN Menang, Pertamina Enduro Kehabisan Bensin

oleh Aditya Wany diperbarui 06 Jul 2024, 21:20 WIB
Tim voli putri Jakarta Pertamina Enduro kalah 1-3 (23-25, 25-11, 21-25, 21-25) dari Jakarta Electric PLN di GOR Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (6/7/2024) malam. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Tim voli putri Jakarta Pertamina Enduro gagal mendulang kemenangan lagi di seri pertama final four PLN Mobile Proliga 2024. Mereka kalah 1-3 (23-25, 25-11, 21-25, 21-25) dari Jakarta Electric PLN di GOR Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (6/7/2024) malam.

Secara permainan Electric cukup mendominasi. Hanya saja, mereka sempat tampil mengendur di set kedua. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh Pertamina untuk membuat skor jadi sama kuat.

Advertisement

Sayangnya, Pertamina kehilangan kekuatan utamanya, yakni Ivana Vanjak yang cedera. Dengan hanya mengandalkan Polina Shemanova, Pertamina masih terus ketinggalan hingga akhirnya kalah.

"Kami hari ini kehilangan bensin, ada peman yang cedera. Sebenarnya tidak jadi masalah, kami awalnya siap. Tapi begitu Ivana keluar, pemain lain agak drop. Teman-temannya merasa ada kekurangan," kata Eko Waluyo, pelatih Pertamina.

2 dari 3 halaman

Menurun Tanpa Ivana Vanjak

Selebrasi para pemain Jakarta Pertamina Enduro, Ivana Vanjak (tengah) dkk setelah mencetak angka saat menghadapi Jakarta Livin Mandiri pada laga seri ketiga putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Ken Arok, Malang, Minggu (16/6/2024). Jakarta Pertamina Enduro menang 3-0 (25-19, 25-20, 25-18). (Dok. PBVSI)

Polina Shemanova mengakui bahwa timnya mengalami penurunan tanpa kehadiran Ivana Vanjak. Sebab, rekannya itu biasanya jadi mesin utama dalam mendulang poin.

"Secara umum, kami tetap berusaha melakukan yang terbaik yang kami bisa. Cedera itu hal yang umum. Karena sebelumbya sudah disiapkan, keluarnya Ivana ada sedikit pengaruh pada kami," ujar Shemanova.

Sedangkan Electric PLN bermain cukup efektif memanfaatkan kelemahan lawannya. Mereka terlihat tidak memaksakan diri untuk memenangkan laga tiga set langsung.

"Saya berterima kasih pada Pertamjna karena mereka menunjukkan semangat juang. Tapi saya sangat bangga pada pemain lokal kami yang main bagus. Saya senang tim ini jadi satu kesatuan dan bermain kompak," ucap Chamnan Dokmai, pelatih Electric PLN.

3 dari 3 halaman

Electric PLN Maksimalkan Marina Markova

Pemain Jakarta Electric PLN, Marina Markova melompat untuk melepaskan spike saat menghadapi Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia pada laga seri keempat putaran kedua PLN Mobile Proliga 2024 di GOR Terpadu A. Yani, Pontianak, Sabtu (22/6/2024). Jakarta Electric PLN menang 3-0 (25-23, 25-18, 25-22). (Dok. PBVSI)

Salah satu kunci keberhasilan Electric PLN adalah memanfaatkan kemampuan Marina Markova. Dia banyak menyumbang poin baik lewat jump serve keras maupum spike yang sulit dibendung tim lawan.

"Saya tidak mengerti bagaimana Ivana cedera. Mungkin itu berpengaruh buat Pertamina, tapi bukan bagi kami. Mungkin juga ini jadi keuntungan, tapi kami tetap memiliki energi memenangkan pertandingan," tutur Marina Markova.

Hasil ini membuat Electric punya peluang lebih tinggal untuk lolos ke final. Mereka sudah mencatatkan dua kemenangan di seri pertama final four. Sedangkan Pertamina cuma menang sekali.

Seri pertama final four kini menyisakan satu pertandingan saja. Jakarta BIN akan menghadapi Jakarta Popsivo Polwan, Minggu (7/7/2024).