Manggung di Semifinal Euro 2024, Pelatih Spanyol Bertitah: Saya Rela Mati demi Pemain

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 07 Jul 2024, 08:15 WIB
Timnas Spanyol - Ilustrasi Dani Olmo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente memuji para pemainnya setelah lolos ke semifinal Euro 2024.

De le Fuente mengakui mereka tidak keluar dari pertandingan tanpa cedera. Jagoan Barcelona, Pedri kini berakhir karena cedera lutut.

Advertisement

"Hal pertama adalah menikmati kemenangan. Ada larangan dan kita akan melihat bagaimana mereka berkembang secara fisik. Kami ingin optimis. Mereka telah melakukan tekel berbahaya terhadap Pedri, yang belum diberi sanksi. Saya Saya sangat tenang dengan semua pemain," katanya.

"Inilah sepak bola dan itulah gunanya wasit. Tanpa melampaui batas, Anda harus mengeluarkan energi yang cukup. Saya menghargai apa yang telah kami lakukan, seperti bermain dengan cara berbeda selama pertandingan. Saya ingin menyorotinya," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Meledak

Pemain Spanyol, Dani Olmo, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Jerman pada perempat final Piala Eropa 2024, Jumat (5/7/2024). (AP Photo/Manu Fernandez)

Spanyol berhasil melaju ke semifinal Euro 2024. Tim yang dijuluki La Furia Roja tersebut membungkam Timnas Jerman dengan skor 2-1 pada perempat final.

Duel kedua tim tersaji di Stuttgart Arena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024) malam WIB. Gol Spanyol dicetak Dani Olmo pada menit ke-52 dan Mikel Merino (120'). Adapun gol tunggal Jerman dilesakkan Florian Wirtz (89').

"Mereka tidak pernah lelah berkompetisi. Suatu kebanggaan melatih para pemain ini. Beberapa telah memenangkan segalanya di klub mereka dan yang lainnya berada di kategori yang lebih rendah. Tim ini akan selalu berjuang untuk sesuatu. Anda tidak dapat mempertanyakan bentuk, kebanggaan, kualitas dan seberapa baik mereka." Mereka semua fokus dan mereka yang bermain pada hari Selasa akan memberikan segalanya. Mereka adalah contoh bagi negara dan masyarakat," kata sang pelatih.

3 dari 4 halaman

Rela Mati demi Pemain

Ekspresi kecewa pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente saat menghadapi Timnas Siprus pada laga Grup A Kualifikasi Euro 2024 di Granada, Spanyol, Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Fermin Rodriguez)

Spanyol mendapat perlawanan sengit dari Die Mannschaft. Tim Matador mencatatkan 48,5 persen penguasaan bola, berbanding 51,5 persen milik Timnas Jerman.

Spanyol juga cuma melepaskan 18 tembakan dengan enam di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, Tim Panser tercatat melancarkan 23 tembakan. Dari jumlah tersebut, lima yang tepat sasaran.

"Saya akan khawatir jika para pemain tidak mendukung saya. Saya akan mati demi mereka, seperti mereka, demi aku.

"Kami sedang mengalami tonggak bersejarah. Lima kemenangan pertama dalam sebuah kejuaraan, mengalahkan tuan rumah. Kami berada dalam posisi untuk membuat sejarah, tapi yang terpenting adalah contoh yang mereka berikan."

4 dari 4 halaman

Berita Terkait