Unik di Euro 2024, Belanda Melaju ke Semifinal, Frasa Timnas Pusat Malah Populer : Kok Bisa Ya, Ada Apa Ini

oleh Nurfahmi Budi diperbarui 07 Jul 2024, 10:26 WIB
Selebrasi para pemain Timnas Belanda, Cody Gakpo dkk merayakan gol kedua ke gawang Timnas Turki hasil bunuh diri Mert Muldur pada laga perempatfinal Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu (6/7/2024). (AP Photo/Ariel Schalit)

Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda melanjutkan perjalanan di panggung Euro 2024. Hal itu terjadi setelah Tim Oranye menaklukkan Turki di Olympiastadion, Berlin, dini hari tadi WIB, dengan skor 2-1.

Pasukan Ronald Koeman tertinggal lebih dulu pada menit ke-35 setelah Samet Akaydin menaklukkan Bart Verbruggen. Belanda bangkit pada babak kedua. Mereka berhasil mendapatkan dua gol via sundulan Stefan de Vrij pada menit ke-70, dan bunuh diri Mert Müldür, enam menit berselang.

Advertisement

Kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk mengakui tak mudah menaklukkan Turki. Beberapa kesalahan membuat mereka tertekan, dan beruntung bisa mengembangkan permainan di saat yang tepat.

 

2 dari 3 halaman

Ada yang Enggak Biasa

Enam menit kemudian, De Oranje unggul 2-1 setalah Mert Muldur mencetak gol bunuh diri. (JOHN MACDOUGALL/AFP)

"Kami banyak mengambil resiko. Sekarang, kami sudah ada di semifinal, dan itulah yang terpenting. Saya sangat bangga dengan perjuangan rekan-rekanku," tegas Virgil van Dijk.

Satu yang unik, di lini masa media sosial, justru frasa 'Timnas Pusat' menggema. Seperti diketahui, 'Timnas Pusat' adalah sebutan khusus dari warganet Tanah Air, merujuk kepada para pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang sebagian besar dari Belanda.

Kemenangan Timnas Belanda atas Turki ikut menaikkan frasa kata 'Timnas Pusat' Di lini masa 'X' dan Instagram, frasa tersebut seolah menjadi pengganti permanen bagi Timnas Belanda.

Pada babak semifinal Euro 2024, Timnas Belanda akan bersua Inggris di Westfalenstadion, Dortmund, Rabu (10/7/2024). Inggris melangkah ke semifinal setelah menumbangkan Swiss melalui adu penalti.

 

3 dari 3 halaman

Kata Warganet

Timnas Belanda mengamankan satu tiket terakhir ke babak semifinal Euro 2024 usai mengalahkan Turki 2-1 pada laga perempatfinal di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB. Tim Oranye yang sempat tertinggal sejak menit ke-35 melalui gol Samet Akaydin berhasil combeack dengan mencetak dua gol dalam rentang 6 menit di babak kedua melalui Stefan de Vrij (70') dan gol bunuh diri Mert Muldur (76'). Cody Gakpo dkk akan menghadapi Inggris di babak semifinal (10/7/2024). (AP Photo/Ariel Schalit)

Sekarang, yuk simak beberapa komentar menarik terkait frasa 'Timnas Pusat' yang diunggah para netizen Indonesia di media sosial :

- chae @scopbird : Sedih banget enggak bisa nonton Timnas Pusat lawan Turki tadi malam. Alarm bodong malah enggak dengar, tapi senang karena menang.

- Pidaa⁷🍉 @pidarohmoon : Wow tebakanku benar, Timnas Pusat dan timnas Inggris menang. Padahal aku gak tahu jagoan mana sebenarnya. Tak sabar menunggu semifinal.

- N @Naufalfarizi_ : Letsgooo Timnas Pusat, kalian pasti oke di Euro 2024.

- Putra Martvianda @mrtvian : Wow, gol pertama Belanda adalah Jay Idzez versi Timnas Pusat

- YOO @ohyoosin : Final ideal Euro 2024 adalah Timnas Pusat bertemu Spanyol.

- apatuh? @windahopp : Rematch nih seperti Piala Dunia 2010, Timnas Pusat menghadapi Spanyol.

Sumber : X, SkySports

Berita Terkait