3 Fakta Kemenangan Belanda atas Turki di Perempat Final Euro 2024: De Oranje ke Semifinal Lagi setelah 20 Tahun

oleh Hery Kurniawan diperbarui 07 Jul 2024, 12:30 WIB
Selebrasi para pemain Timnas Belanda, Cody Gakpo dkk merayakan gol kedua ke gawang Timnas Turki hasil bunuh diri Mert Muldur pada laga perempatfinal Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu (6/7/2024). (AP Photo/Ariel Schalit)

Bola.com, Berlin - Timnas Belanda melaju ke semifinal Euro 2024. Tim yang dijuluki De Oranje tersebut menang 2-1 atas Timnas Turki dalam laga perempat final yang digelar di Olympiastadion Berlin, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.

Timnas Turki sebenarnya mampu unggul lebih dulu pada menit ke-35 lewat aksi Samet Akaydin. Eksekusi sepak pojok Arda Guler mampu dikonversikan Akaydin menjadi gol dengan sundulan. 

Advertisement

Namun pada babak kedua, Timnas Belanda mampu bangkit dan mengukir dua gol. Sepasang gol tim asuhan Ronald Koeman itu dicetak Stefan de Vrij pada menit ke-70 dan gol bunuh diri Mert Muldur menit ke-76.

Hasil itu membawa Timnas Belanda ke semifinal Euro 2024 dan akan berhadapan dengan Timnas Inggris. Pertandingan kedua tim akan di gelar di Dortmund pada Kamis (11/7/2024).

Ada tiga fakta menarik yang berhasil dihimpun Bola.com dari pertandingan kedua tim. Simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Tembus Semifinal Lagi

Ekspresi pemain timnas Turki, Baris Alper Yilmaz saat menyaksikan para pemain Belanda merayakan kemenangan laga perempat final Euro 2024 di Olympiastadion Berlin pada 6 Juli 2024 atau Minggu 7 Juli 2024 dini hari WIB. (Ronny HARTMANN/AFP)

Timnas Belanda dikenal sebagai tim yang cukup konsisten. Mereka juga memiliki reputasi besar di sepak bola Eropa dan dunia.

Namun, rupanya Timnas Belanda sudah lama tidak melaju ke semifinal Euro. Sebelum edisi 2024, terakhir kali De Oranje melaju ke empat besar adalah pada edisi 2004, atau 20 tahun silam. Saat itu Timnas Belanda kalah 1-2 dari sang tuan rumah, Timnas Portugal di semifinal Euro 2004.

3 dari 5 halaman

Gol Kedua De Vrij

Selebrasi para pemain Timnas Belanda merayakan gol pertama ke gawang Timnas Turki yang dicetak oleh Stefan de Vrij (kanan) pada laga perempatfinal Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu (6/7/2024). (AP Photo/Matthias Schrader)

Salah satu gol yang dicetak Timnas Belanda ke gawang Timnas Turki melalui upaya Stefan De Vrij. Bek Inter Milan ini sebenarnya tidak terlalu sering mencetak gol.

Bahkan, ini hanyalah gol kedua Stefan De Vrij untuk Timnas Belanda di turnamen besar. Gol pertamanya hadir ke gawang Timnas Spanyol di fase grup Piala Dunia 2014. Saat itu De Oranje menang besar 5-1.

4 dari 5 halaman

Rekor Calhanoglu

Penyerang Polandia Krzysztof Piatek berebut bola dengan gelandang Turki Hakan Calhanoglu dalam laga uji coba internasional terakhir jelang Euro 2024 di National stadium, Warsaw, Selasa (11/6/2024). (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Timnas Turki memang gagal melaju ke semifinal Euro 2024. Namun, gelandang andalan mereka, Hakan Calhanoglu tetap mencatatkan rekor spesial.

Calhanoglu sudah tampil dalam sembilan pertandingan di Piala Eropa. Calhanoglu pun menyamai Rustu Recber, sebagai pemain Timnas Turki dengan penampilan terbanyak di turnamen itu.

 

5 dari 5 halaman